Kalibrasi Instrumentasi: Pentingnya Melakukan Kalibrasi

kalibrasi instrumentasi

Kalibrasi, mungkin ini adalah salah satu yang sangat tidak asing bagi perusahaan atau sebuah instansi. Tapi, di untuk orang yang masih awam dengan hal ini, pasti akan bingung sebenarnya apa yang dimaksudkan dengan kalibrasi.

Sebagai awalan, instrumen apapun itu untuk mengatur, mengukur, atau menimbang akan membuat instrumen tersebut memiliki kesalahan presisi. Jadi, adanya kalibrasi instrumen ini akan sangat penting dan sangat bagus untuk keuntungan dan juga keamanan bagi perusahaan atau instansi. Jika ingin mengkalibrasi instrumen, mari kita cari lebih banyak lagi informasi mengenai hal ini sebelum Anda melakukannya.

Pengertian Kalibrasi Instrumentasi

Kalibrasi instrumentasi mengacu pada penyesuaian instrumen sehingga keluarannya secara akurat sesuai dengan masukannya di seluruh rentang yang ditentukan.

Satu-satunya cara kita dapat mengetahui bahwa output instrumen secara akurat sesuai dengan inputnya pada rentang kontinu adalah dengan memasukkan instrumen tersebut ke nilai input yang diketahui sambil mengukur nilai sinyal output yang sesuai. Ini berarti kita harus menggunakan standar terpercaya untuk menetapkan kondisi masukan yang diketahui dan untuk mengukur sinyal keluaran.

Sudah saatnya Anda lebih terbiasa lagi dengan kalibrasi instrumentasi yang Anda miliki karena ini sangat penting bagi instansi atau perusahaan yang Anda miliki kedepannya.

Seberapa Penting Melakukan Kalibrasi?

Kita tahu jika instrumen tidak memiliki presisi, maka yang terjadi adalah kerugian yang akan Anda alami. Keakuratan semua alat pengukur menurun seiring waktu. Ini biasanya disebabkan oleh keausan normal. Namun, perubahan akurasi juga dapat disebabkan oleh sengatan listrik atau mekanis atau lingkungan produksi yang berbahaya (misalnya oli, serpihan logam, dll.). 

Tergantung pada jenis instrumen dan lingkungan tempat instrumen digunakan, instrumen dapat menurun dengan sangat cepat atau dalam jangka waktu yang lama. Intinya adalah, kalibrasi meningkatkan keakuratan alat pengukur. Alat pengukur yang akurat meningkatkan kualitas produk.

Syarat Kalibrasi Instrumentasi Alat Ukur

Melakukan kalibrasi instrumen tidak bisa dilakukan secara mandiri. Harus ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan seksama agar Anda bisa mendapatkan hasil yang akurat dan juga sesuai dengan standar Nasional dan juga Internasional. Selain itu, kalibrasi dan instrumentasi saling berkaitan. Detailnya bisa langsung saja kalian simak di kalibrasi dan instrumentasi.

Pihak yang berhak untuk melakukan kalibrasi adalah laboratorium kalibrasi yang sudah tersertifikasi oleh ISO dan juga terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN.

Semua permasalahan yang berkaitan dengan metode juga harus diatur sesuai dengan aturan yang sudah ada. Jadi, kalibrasi ini tidak bisa dilakukan oleh orang sembarangan dan harus secara resmi agar aman dan juga mendapatkan sertifikat dari hasil kalibrasi instrumen tersebut.

Apa Saja Yang Perlu Dikalibrasi?

Akan ada banyak sekali instrumen yang harus dilakukan kalibrasi secara rutin. Namun, pada hal yang lebih umum, alat-alat kesehatan adalah instrumen yang sangat penting untuk dilakukan kalibrasi secara rutin.

Berikut ini adalah beberapa alat yang harus dilakukan kalibrasi secara rutin dan juga concern sekali karena berkaitan sekali dengan keselamatan kerja:

  • Timbangan Analitik
  • Mikropipet
  • Laboratorium Oven
  • Sentrifugal
  • Spektrofotometer¬†¬†

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Kalibrasi instrumentasi sangat penting untuk dilakukan. Melakukan kalibrasi secara rutin akan mengakibatkan berbagai instrumen bisa berjalan dengan lancar yang berimbas kepada keselamatan kerja dan juga berkaitan erat dengan keuntungan dalam pekerjaan.

Bukan berarti ini akan membuat Anda menjadi mengeluarkan banyak uang untuk melakukan kalibrasi, tapi justru jika instrumen dikalibrasi dengan rutin, maka akan mendapatkan keuntungan yang lebih.