Kalibrasi Watt Meter : Tujuan dan Manfaat yang Perlu Diketahui

kalibrasi watt meter

Sebelum membahas tentang tujuan dan manfaat kalibrasi watt meter alangkah baiknya kita membahas tentang apa itu watt meter terlebih dahulu. 

Watt Meter adalah alat ukur listrik yang digunakan untuk mengukur daya listrik atau penggunaan energi listrik pada sistem listrik. Wattmeter mengukur daya dalam satuan watt yang dikonsumsi oleh beban listrik yang biasanya digunakan pada sistem listrik AC. Wattmeter terdiri dari rangkaian kumparan yang terhubung dengan beban listrik dan juga rangkaian pengukuran yang menggunakan efek magnetis dan elektromagnetik untuk mengukur daya listrik. 

Serta rangkaian pengukuran yang menggunakan efek magnetis dan elektromagnetik untuk mengukur daya listrik. Wattmeter digunakan di berbagai aplikasi, termasuk dalam pengukuran daya listrik rumah tangga, sistem industri, dan dalam uji coba peralatan listrik.

Kalibrasi watt meter adalah proses mengatur kembali pengukuran wattmeter sehingga hasil pengukuran menjadi akurat dan sesuai dengan standar yang ditetapkan. Berikut ini adalah beberapa pembahasan seputar kalibrasi watt meter.

Tujuan Kalibrasi Watt Meter

Tujuan kalibrasi watt meter adalah untuk memastikan hasil pengukuran wattmeter sesuai dengan standar yang ditetapkan dan memiliki akurasi yang tinggi dalam mengukur daya listrik atau penggunaan energi listrik dalam suatu sistem listrik. Beberapa tujuan lain dari kalibrasi wattmeter adalah:

  • Menjamin konsistensi hasil pengukuran wattmeter.
  • Menjamin keamanan sistem listrik.
  • Membantu dalam mendiagnosis masalah pada suatu sistem listrik.
  • Memenuhi standar dan regulasi industri.

Manfaat Kalibrasi Watt Meter?

Berikut ini adalah manfaat kalibrasi watt meter yang perlu Anda ketahui:

  • Menjamin akurasi pengukuran daya listrik atau penggunaan energi listrik dalam suatu sistem listrik.
  • Dapat memperpanjang masa pakai watt meter.
  • Menghindari dari biaya tambahan dari perbaikan watt meter yang mengalami kerusakan akibat tidak pernah dikalibrasi.
  • Dapat menjamin keamanan sistem listrik dan terhindar dari masalah keamanan.

Cara Kalibrasi Watt Meter

  1. Menyediakan Peralatan Kalibrasi
    Persiapan beberapa yang harus ada yakni Wattmeter yang akan dikalibrasi dan juga bahan acuan yang sudah diketahui nilai standarnya.
  2. Menyiapkan petugas kalibrasi
    Petugas kalibrasi adalah orang yang berwenang dan bertanggung jawab untuk melakukan kalibrasi pada alat ukur terutama wattmeter yang akan dikalibrasi. Petugas kalibrasi ini haruslah memiliki pengetahuan tentang kalibrasi dan juga mengetahui prosedur yang harus diikuti dalam kalibrasi.
  3. Cek situasi dan kondisi lingkungan
    Dalam melakukan kalibrasi hendaknya mengecek situasi dan kondisi lingkungan yang mengacu pada proses evaluasi yang dapat mempengaruhi hasil kalibrasi peralatan. Kondisi lingkungan, seperti suhu kelembaban, tekanan atmosfer, dan medan magnetik, dapat mempengaruhi akurasi pengukuran alat ukur.
  4. Menyiapkan langkah – langkah metode kalibrasi dan rentang ukur
    Adapun beberapa jenis metode kalibrasi yang digunakan kalibrasi watt meter yakni AC wattmeter dan DC Wattmeter. Untuk metode kalibrasi AC wattmeter adalah IK.KL-08, IK-KL-LS34 dengan rentang ukur 100W ~ 1KW, 1KW ~ 10KW, 1W ~ 5000kW. Sedangkan untuk Metode kalibrasi DC wattmeter adalah IK-KL-LS35 dengan rentang ukur 0.01 W ~ 1000 W, 1001 W ~ 10000 W.
  5. Melakukan Kalibrasi Watt Meter
    Dalam pelaksanaan kalibrasi watt meter merupakan pengamatan awal visual pada watt meter yang akan di kalibrasi termasuk pengecekan fisik. Apabila masih normal maka pengukuran dengan menggunakan watt meter standar, dan catat hasilnya. Bandingkan hasil pengukuran dengan nilai yang seharusnya dihasilkan dari watt meter yang akan dikalibrasi, dan hitung selisihnya. Setelah selesai melakukan kalibrasi, maka dilakukan pencatatan hasil kalibrasi, hingga tanggal kalibrasi, hasil pengukuran, kondisi lingkungan selama kalibrasi, dan tindakan yang dilakukan.
  6. Perhitungan Hasil Kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi pada wattmeter dapat dilihat dari spesifikasinya untuk mencari nilai dari perhitungan nilai penyimpangan, nilai koreksi, konversi satuan, nilai maksimum minimum, dan nilai lainnya.
  7. Evaluasi Kalibrasi dan Membuat Laporan
    Apabila proses perhitungan kalibrasi sudah selesai maka akan dibuat laporan untuk menentukan nilai ketidakpastian dan memutuskan bahwa watt meter yang dikalibrasi masih layak digunakan.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Watt Meter

Parameter yang diukur dan dilaporkan dalam hasil kalibrasi watt meter yakni:

  • Akurasi atau ukuran seberapa dekat pengukuran watt meter dengan nilai yang seharusnya dalam satuan persentase.
  • Rentang pengukuran batas atas dan bawah dari rentang pengukuran watt meter.
  • Faktor daya berapa ukuran seberapa baik watt meter ini dapat mengukur daya secara aktif dan reaktif.
  • Pengaruh lingkungan seperti pengaruh suhu, kelembaban, tekanan atmosfer, dan medan magnetik di sekitar watt meter selama kalibrasi.

Kesimpulan

Itulah beberapa hal yang disampaikan semoga bisa sedikit memberikan gambaran tentang tujuan dan manfaat kalibrasi watt meter. Pentingnya Kalibrasi watt meter untuk memastikan pengukuran wattmeter yang akurat dan dapat diandalkan. Jika Anda membutuhkan jasa kalibrasi watt meter yang terpercaya pilihlah Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi watt meter