Perlukah Melakukan Kalibrasi Power Meter? Simak Penjelasan Berikut

kalibrasi power meter

Power meter, mendengar nama instrument ini untuk sebagian orang jelas merupakan hal yang biasa. Namun tentunya berbeda bagi orang awam. Power meter sendiri merupakan instrument alat ukur yang memiliki fungsi untuk mengukur besaran listrik secara terintegrasi dari beberapa komponen alat ukur menjadi satu kesatuan yang terangkai dalam suatu alat ukur. Tentunya dengan adanya instrument ini, mengukur besaran listrik bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Penggunaannya yang penting ini juga wajib diimbangin dengan perawatan power meter itu sendiri. Kalibrasi merupakan cara tepat untuk perawatan power meter saat ini. Dengan dilakukannya kalibrasi pada power meter sudah tentu power meter tetap akan memiliki fungsi aslinya. Tidak hanya itu saja, kalibrasi ini juga untuk menjaga keakuratan hasil ukur dari power meter itu sendiri. Selain itu, apa sih tujuan dilakukan kalibrasi pada power meter?

Tujuan Kalibrasi Power Meter

Cukup banyak tentunya yang belum paham betul mengenai tujuan dilakukannya kalibrasi terlebih kalibrasi pada power meter. Tujuan dilakukannya kalibrasi pada power meter jelas untuk menjaga fungsinya agar tetap dengan spesifikasinya. Selain itu juga untuk tetap menjaga hasil pengukuran agar selalu akurat. 

Namun selain kedua tujuan utama tersebut, kalibrasi ini dilakukan jelas untuk mengetahui apabila terjadi penyimpangan fungsi maupun hasil ukur dari power meter itu sendiri. Selain tujuan yang memang penting dilakukannya kalibrasi, nantinya juga proses kalibrasi ini akan memberikan banyak manfaat. 

Manfaat Kalibrasi Power Meter?

Proses kalibrasi yang baik dan benar pastinya akan memberikan hasil yang juga maksimal dan beberapa manfaat. Beberapa manfaat yang akan didapat dari melakukan kalibrasi pada instrumen power meter diantaranya :

  • Menjaga kualitas proses dan hasil pengukuran
  • Mengetahui terjadinya penyimpangan
  • Mengetahui kualitas hasil pengukuran
  • Memberikan jaminan terhadap hasil pembacaan
  • Mendukung penerapan sistem mutu ISO
  • Memutuskan kelayakan harmonisa meter apakah perlu diganti atau tidak

Cara Kalibrasi Power Meter

Agar mendapatkan hasil kalibrasi yang maksimal, sudah tentu diperlukan cara kalibrasi yang baik dan benar. Berikut tahapan langkah dan cara power meter yang baik dan benar :

  1. Menyiapkan Peralatan
    Persiapkan harmonisa meter terlebih dahulu mana yang akan di kalibrasi dan jangan lupa siapkan peralatan yang digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Menyediakan Operator Kalibrasi
    Memilih atau menunjuk orang atau menggunakan jasa penyedia kalibrasi yang memang ahli di bidang kalibrasi power meter. 
  3. Pemeriksaan kondisi Power Meter
    Lakukan pemeriksaan kondisi power meter baik dari fungsi dan juga bentuknya. Selain itu juga pastikan suhu serta kelembaban ruangan yang nantinya akan digunakan kalibrasi dalam kondisi normal.
  4. Menentukan metode kalibrasi dan rentang ukur Power Meter
    Memilih metode kalibrasi power meter yang tepat dan sesuai begitu pula dengan rentang ukurnya. Gunakan metode kalibrasi yang sudah sesuai dengan standar nasional ataupun internasional.
  5. Melakukan Kalibrasi Power Meter
    Lakukan penyetelan ulang ke kondisi awal atau mulai dari nol. Setelah itu juga selalu lakukan pencatatan data dari hasil pengukuran kalibrasi.
  6. Perhitungan Hasil Kalibrasi
    Untuk melakukan perhitungan hasil kalibrasi power meter bisa dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan juga menentukan persamaan regresi.
  7. Laporan Kalibrasi
    Langkah terakhir ialah membuat laporan kalibrasi harus sesuai dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Hasil akhir laporan kalibrasi power meter nantinya juga harus disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Power Meter

Dengan dilakukannya proses kalibrasi power meter pastinya akan memperoleh beberapa jenis hasil dengan berbagai parameternya. Berikut ini hasil dan juga parameter hasil kalibrasi power meter :

  • Nilai obyek yang diukur
  • Besarnya nilai koreksi
  • Besarnya angka ketidakpastian pengukuran
  • Faktor kalibrasi dan kurva kalibrasi merupakan sifat metrologi
  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi

Kesimpulan 

Kalibrasi yang dilakukan pada power meter memanglah sangat diperlukan untuk menjaga fungsi dan juga keakuratan hasil ukur power meter. Lakukan kalibrasi power meter setiap 1 hingga 2 tahun sekali.

Serta selalu tentukan metode kalibrasi power meter yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional. Untuk anda yang ingin melakukan kalibrasi power meter, bisa juga menggunakan jasa kalibrasi power meter di kalibrasi.com yang sudah menerapkan mutu ISO dan sudah terakreditasi KAN.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi power meter