Langkah-langkah Kalibrasi Thermometer Gelas Wajib diketahui!

kalibrasi thermometer gelas

Apakah Anda pernah tahu tentang thermometer yang digunakan untuk mengukur suhu pada tubuh Anda? Yang ditempelkan ke ketiak Anda? Alat itu tentu saja kita semua tahu jika itu namanya adalah thermometer gelas. Sebagai alat ukur yang memang digunakan untuk penggunaannya pada dunia medis, pengukuran suhu ini harus tepat. 

Sebagai tambahan, thermometer gelas bisa diartikan sebagai  salah satu jenis thermometer kontak yang bekerja berdasarkan sifat fisika pemuaian media termometrik (alkohol atau air raksa) karena pengaruh suhu. Hal ini bisa terjadi adanya deviasi atau kesalahan dalam pengukurannya loh! Maka dari itu, perlu adanya kalibrasi.

Bagaimana sebenarnya langkah-langkah yang benar untuk melakukan kalibrasi thermometer gelas tersebut? mari kita cari tahu!

Tujuan Kalibrasi Thermometer Gelas

Kalibrais thermometer gelas memiliki satu tujuan yang sangat penting yaitu untuk mengetahui apakah memang ada kesalah pengukuran atau tidak. Mungkin memang tidak masuk akal karena faktor pengukurnya adalah ada pada air raksa atau perak yang ada di dalamnya. Memangnya bisa cairan tersebut mengalami salah pengukuran?

Jawabannya ternyata bisa jadi memang ada kesalahan dalam, perhitungan suhunya. Thermometer yang bisa digunakan untuk mengukur dengan rentang suhu 30 sampai dengan 100 derajat celcius ini harus dikalibrasi secara rutin.

Manfaat Kalibrasi Thermometer Gelas

Biasanya, kesalahan perhitungan pada thermometer gelas ini terjadi ada pada batang besi yang ada di ujungnya. Semakin dipakai terus-terusan, maka bisa jadi memang itu mengalami keausan jika dipakai secara terus menerus.

Thermometer gelas yang tidak presisi tentu saja akan berbahaya bagi dunia medis. Namun, apabila perhitungan presisi, thermometer gelas ini akan bisa sangat pasti untuk mengukur sebuah suhu dengan presisi dan bisa dipercaya yang tujuannya untuk penelitian atau hal lain yang erat kaitannya dengan kegiatan medis.

Cara Kalibrasi  Thermometer Gelas

Walaupun terbilang memang simpel, untuk melakukan kalibrasi pada thermometer gelas memiliki prosedur yang berlaku. Berikut ini adalah cara kalibrasi thermometer gelas yang perlu Anda ketahui:

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Langkah pertama adalah Anda harus mempersiapkan alat-alat untuk kalibrasi seperti pembersih/tissue, penjepit thermometer, peralatan untuk kalibrasi, thermometer gelas standar dan media pemanas (Water Bath).
  2. Persiapan operator pelaksana kalibrasi terbaik
    Setelah itu, bagi operator pelaksana juga harus yang terbaik. Dan jelas, mereka harus bersertifikat.
  3. Pengecekan Situasi dan kondisi thermometer gelas
    Setelah itu yang harus dilakukan adalah dengan cek situasi lingkungan seperti suhu dan kelembapannya.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Untuk metode yang digunakan adalah TO-TH-1.01 yang merupakan metode internasional. Pengukuran ini diatur untuk setiap rentang ukur -20°C ~ 0°C, 0°C ~ 25°C, dan 25°C ~ 200°C.
  5. Pelaksanaan kalibrasi thermometer gelas
    Kalibrasi pada thermometer gelas ini adalah dengan cara membandingkan nilai pembacaan thermometer yang dikalibrasi dengan penunjukan pada thermometer standar.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Perhitungan kalibrasi bisa dilakukan dengan Anda menggunakan metode yang sangat bagus dan juga terbaik. Perhitungan ini bisa menentukan apakah ada kesalahan pengukuran atau tidak. Jika memang ada kesalahan, maka akan diperbaiki.
  7. Pembuatan Hasil laporan
    Dan yang terakhir adalah dengan membuat laporan. Laporan kalibrasi ini berupa sertifikat yang berjangka dengan ada tanggal untuk melakukan kalibrasi lagi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Thermometer Gelas

Thermometer gelas yang sudah dilakukan kalibrasi sebenarnya akan menghasilkan nilai ketidakpastian dan juga ketidakpastian gabungan. Ketidakpastian ini merupakan hasil apakah atau seberapa akurat kalibrasi yang dilakukan pada thermometer gelas.

Wajar saja. Proses kalibrasi ini bisa memakan banyak waktu karena bisa mengulang prosesnya sampai dengan 5 kali.

Kesimpulan

Daripada Anda repot sendiri untuk kalibrasi thermometer gelas, Anda bisa mempercayakan jasa kalibrasi thermometer gelas yang terbaik dan juga menggunakan metode paling baik dengan standar internasional dan nasional kepada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi thermometer gelas