Pahami Lebih dalam Manfaat Kalibrasi Temperature Gauge

kalibrasi temperature gauge

Jika Anda berpikir apapun itu yang digunakan untuk mengukur temperature adalah thermometer, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Temperature gauge bisa beroperasi dengan prinsip penggerak gas, bimetal atau ekspansi. Mereka dapat mengukur suhu antara -200 … +700 °C. Semua instrumen juga cocok untuk pengoperasian di termowell. Bayangkan saja bisa mengukur suhu yang se ekstrim seperti itu memang tidak merupakan pengukur suhu yang biasa.

Temperature gauge mengukur keadaan termal suatu zat homogen. Sistem pengukuran harus dibawa sedekat mungkin dengan benda yang akan diukur. Metode pengukuran yang paling banyak digunakan bergantung pada karakteristik fisik dan material yang bergantung pada suhu.

Alat ini biasanya digunakan untuk kegunaan yang berat seperti kegiatan industri misalnya. Semakin lama semakin bisa jika alat ini mengalami salah pengukuran sedikit. Maka dari itu, perlu yang namanya kalibrasi temperature gauge.

Tujuan Kalibrasi Temperature Gauge

Kalibrasi pada dasarnya adalah bertujuan untuk hal yang sangat jelas, yaitu apalagi kalau bukan demi mendapatkan hasil perhitungan yang presisi. Namun, perhitungan yang presisi ini kita tidak tahu karena pasti pengukuran pada temperature gauge yang tampil adalah yang kita percaya. Tapi, apakah memang itu benar?

Kalibrasi bisa menjamin hal tersebut. Dengan hasil pengukuran yang ditimbulkan pada temperature gauge, bisa jadi memang tidak benar dan bisa jadi meleset sedikit saja.

Manfaat Kalibrasi Temperature Gauge

Melesetnya penghitungan ini terkadang memang tidak berdampak apapun. Tapi untuk jangka yang panjang atau di beberapa kasus, pengukuran yang tidak presisi akan menyebabkan kecelakaan kerja. Inilah yang menjadi manfaat dari kalibrasi temperature gauge.

Temperature gauge yang dilakukan kalibrasi secara rutin akan meminimalisir adanya kecelakaan kerja yang terjadi karena kesalahan dalam pengukuran suhu.

Cara Kalibrasi Temperature Gauge

Untuk itu, jika Anda ingin melakukan kalibrasi untuk temperature gauge, Anda biasanya harus melakukannya di jasa kalibrasi temperature gauge. Mereka yang sudah terakreditasi akan melakukan kalibrasi dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Hal yang pertama adalah mempersiapkan alat-alat yang berguna untuk mengkalibrasi temperature gauge. 
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Setelah itu, lakukan persiapan bagi orang yang akan melakukan kalibrasi dengan menggunakan peralatan lab.
  3. Pengecekan dan validasi kondisi temperature gauge
    Setelah itu, temperature gauge akan dilakukan pengecekan. Jika memang sudah masih bisa dirasa diperbaiki, maka akan dilakukan validasi untuk melakukan kalibrasi.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Jika sudah di validasi, saatnya adalah untuk menentukan metode yang akan digunakan. Metode yang akan digunakan untuk kalibrasi temperature gauge harus berstandar internasional atau nasional.
  5. Pelaksanaan kalibrasi temperature gauge
    Metode yang sudah pasti tersebut akan dilaksanakan dan inilah yang dinamakan proses pengkalibrasian.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Dalam pelaksanaannya, akan dihitung hasil kalibrasinya. Perhitungan ini terkait dengan adanya deviasi atau tidak. 
  7. Pembuatan laporan
    Setelah itu, dibuatlah laporan yang mengindikasikan jika temperature gauge sudah dilakukan kalibrasi yang berupa sertifikat. Itu bisa dipertanggungjawabkan hasilnya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Temperature Gauge

Untuk melakukan kalibrasi pada temperature gauge, sebenarnya adalah dengan cara memanaskan dan mendinginkan cairan ke suhu tertentu dan kemudian mempertahankan suhu tersebut.

Mereka menggunakan cairan sebagai media kalibrasi mereka, yang memungkinkan untuk kalibrasi yang mudah dari pengukur suhu dan probe yang berbentuk atau berukuran aneh.

Hasil yang presisi menandakan kalibrasi temperature gauge sudah berhasil dan siap digunakan lagi.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah paham tentang manfaat dan juga cara dari kalibrasi temperature gauge? Kalibrasinya memang hampir mirip dengan kalibrasi thermometer.

Jika Anda memiliki alat ukur temperature gauge, Anda bisa mempercayakan jasa kalibrasi temperature gauge pada Kalibrasi.com agar mendapatkan manfaat yang pasti tentang kalibrasi instrumen.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

kalibrasi temperature gauge