Kalibrasi Termokopel Tipe T : Tujuan, Manfaat, serta Cara Kalibrasinya

kalibrasi Termokopel tipe T

Pada pengukuran suhu yang terjadi pada kebanyakan industri, mereka tidak menggunakan termometer yang biasa, mereka harus menggunakan pengukuran suhu yang memiliki respon yang cepat terhadap perubahan suhu dan juga memiliki rentang suhu yang sangat luas. Maka dari itu, mereka menggunakan pengukur suhu termokopel. Termokopel ini ternyata ada berbagai jenis. Tapi, yang akan kita bahas di sini adalah termokopel tipe T.

Termokopel tipe T ini tak jarang mengalami yang namanya perubahan penghitungan suhu. Ini sangat wajar karena sebagian besar alat ukur akan mengalami akurasi yang menurun. Maka dari itu, perlu adanya kalibrasi termokopel tipe T. Apa sebenarnya tujuan dan juga manfaat dari kalibrasinya? Mari kita cari tahu!

Tujuan Kalibrasi Termokopel Tipe T

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang termokopel tipe T:

  • Bahan logam konduktor positif: Copper (Tembaga)
  • Bahan logam konduktor negatif: Constantan
  • Rentang suhu: -200˚C – 350˚C

Biasanya, bahan copper ini jika dilakukan secara terus menerus dan dipakai untuk mengukur suhu maka bisa jadi mengalami kerak. Kerak ini memang seringkali membuat hambatan yang membuat pengukuran suhu bisa menjadi tidak maksimal. selain itu, sensor juga terkadang bermasalah.

Manfaat Kalibrasi Termokopel Tipe T

Kalibrasi adalah jawaban yang paling pasti untuk bisa mendapatkan termokopel tipe T yang tetap terjaga akurasinya. Kalibrasi yang membuat alat ini bisa berjalan dengan bagus. Maka dari itu, tak jarang jika termokopel tipe T ini dipakai pada sektor perindustrian.

Pengukuran suhu biasanya terjadi misalnya ada pada oven. Jika pengukuran suhu tepat karena termokopel tipe T sudah di kalibrasi, tentu saja tidak akan membuat Anda merugi bukan?

Cara Kalibrasi  Termokopel Tipe T

Jadi, bagaimana caranya agar bisa melakukan kalibrasi termokopel tipe T? Mungkin caranya memang terkesan sangat sulit dan juga ribet. Tak heran jika kegiatan ini hanya bisa dilakukan oleh laboratorium kalibrasi yang terakreditasi. Cara kalibrasi termokopel tipe T adalah sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Langkah yang paling awal adalah dengan melakukan persiapan. Persiapan ini terkait dengan berbagai macam alat-alat yang digunakan untuk mengkalibrasi termokopel tipe T.
  2. Persiapan operator pelaksana kalibrasi terbaik
    Selanjutnya operator pelaksana untuk kalibrasi tipe T ini harus orang yang sudah memiliki sertifikat secara resmi untuk bisa mempertanggungjawabkan hasil dari kalibrasi termokopel tipe T.
  3. Pengecekan Situasi dan kondisi Termokopel tipe T
    Selanjutnya, termokopel tipe T ini akan dilakukan pengecekan kondisinya. Selain itu, situasi pada laboratorium kalibrasi juga harus dihitung entah itu suhu atau kelembapannya.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Lalu, pastikan menggunakan metode yang benar. Yaitu dengan menggunakan metode EURAMET/cg-11/v.2.0(2011) yang merupakan standar nasional dan juga internasional. 
  5. Pelaksanaan kalibrasi Termokopel tipe T
    Menemukan metode selanjutnya dilaksanakan proses kalibrasi. Proses ini melalui rentang ukur -200°C ~ 400°C. Setidaknya itu adalah proses dari kalibrasi yang terbaik.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Dengan adanya rentang ukur tersebut, akan didapatkan hasil dari kalibrasi yang ada. Dengan ini, kalibrasi sudah bisa didapatkan hasilnya.
  7. Pembuatan Hasil laporan
    Hasil dari kalibrasi termokopel tipe T ini adalah berupa sertifikat kalibrasi yang bisa dipertanggungjawabkan hasilnya.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Termokopel Tipe T

 Termokopel tipe T yang sudah dilakukan kalibrasi nantinya akan mendapatkan penghitungan yang presisi. Ini berdasarkan kepada termokopel lainnyua yang sudah dikalibrasi sebelumnya untuk dijadikan sebagai acuan.

Acuan ini membuat presisinya bisa diketahui dan juga bisa dipercaya. Makanya, ada pentingnya memang menggunakan jasa kalibrasi termokopel tipe T untuk mendapatkan hasil yang presisi.

Kesimpulan

Sudah paham tujuan dan juga manfaat dari kalibrasi termokopel tipe T? Selain Anda bisa mendapatkan ilmu tentang tujuan dan manfaat, Anda juga bisa mengerti cara untuk kalibrasinya.

Kalibrasi ini tidak bisa dilakukan sendiri, Anda perlu mencari jasa kalibrasi termokopel tipe T yang terpercaya dan juga sudah terakreditasi. Dan pilihannya jatuh pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Termokopel tipe T