Penjelasan dari Kalibrasi TDS Meter yang Perlu Dipahami

Kalibrasi tds meter

TDS meter atau singkatan dari Total Dissolved Solids adalah perangkat genggam kecil yang digunakan untuk menunjukkan total padatan terlarut yang ada dalam larutan, biasanya air. Karena padatan terionisasi terlarut, seperti garam dan mineral, meningkatkan konduktivitas larutan, pengukur TDS mengukur konduktivitas larutan dan memperkirakan TDS dari pembacaan tersebut.

Bisa dikatakan ini adalah peralatan yang seringkali ada pada sebuah lab atau kalau untuk peternak ikan juga sering menggunakan TDS meter untuk bisa mengetahui seberapa besaran garam yang ada pada air kolam tersebut. TDS meter juga tidak pasti akurasinya karena beberapa faktor dan harus membuatnya dikalibrasi. Bagaimana cara melakukan kalibrasi TDS meter? Mari kita cari tahu lebih lanjut.

Tujuan Kalibrasi TDS Meter

TDS meter biasanya menghitung konduktivitas yang ada pada dalam cairan dalam microsiemens atau ppm. Yang terakhir adalah bagian per juta, yaitu jumlah partikel padat per satu juta partikel campuran air. Nilai 40 ppm berarti dari satu juta partikel terdapat 40 ion terlarut dan sisanya (= 999 960) adalah molekul air. Tentu saja itu adalah jumlah yang sangat banyak untuk partikel yang bisa dihitung oleh TDS meter.

Tujuan pasti dari kalibrasi TDS meter adalah untuk mengetahui apakah alat ini mengalami deviasi atau tidak. walaupun memang terkadang hanya berbeda 0,01 saja, tapi jika TDS meter ini digunakan untuk kebutuhan yang lebih kompleks seperti kebutuhan laboratorium, tentu saja hal itu sangat dihindari.

Manfaat Kalibrasi TDS Meter?

Dengan melakukan kalibrasi TDS meter, maka akan mengakibatkan TDS meter ini bisa bekerja lagi seperti semula. Maksud di sini adalah TDS meter akan bisa menghitung dengan baik tanpa adanya deviasi atau penyimpangan hasil pengukuran.

Walaupun terdengar mudah, akan tetapi sebenarnya kalibrasi untuk TDS meter juga harus dilakukan oleh jasa kalibrasi TDS meter yang terakreditasi dan juga biasanya dilakukan di laboratorium kalibrasi.

Cara Kalibrasi TDS Meter

Jika Anda penasaran dengan apa yang akan dilakukan laboratorium kalibrasi untuk mengkalibrasi TDS meter, berikut ini adalah worksheet atau lembar kerja mereka jika melakukan kalibrasi TDS meter.

  1. Melakukan persiapan sebelum melakukan kalibrasi
    Langkah pertama adalah dengan mempersiapkan instrumen kalibrasi dan juga alat yang digunakan untuk kalibrasi TDS meter.
  2. Pelaksana yang terpercaya dalam kalibrasi tds meter
    Pelaksana juga harus Anda perhatikan. Pelaksana kalibrasi TDS meter adalah orang yang terpercaya yang sudah memiliki sertifikat kalibrasi TDS meter.
  3. Validasi situasi lingkungan saat kalibrasi tds meter
    Situasi lingkungan harus Anda perhitungkan. Lingkungan untuk TDS meter dilakukan kalibrasi bisa mempengaruhi hasil kalibrasi.
  4. Langkah – Langkah dalam melakukan kalibrasi dan rentang ukur tds meter
    Untuk memastikan akurasi dan konsistensi, kalibrasi ulang meteran Anda menggunakan solusi standar komersial. Ini dapat dilakukan sebelum penggunaan dan harus dilakukan setelah penggunaan jangka panjang.
  5. Pengaktualan kalibrasi alat tds meter
    TDS meter paling akurat bila dikalibrasi sedekat mungkin dengan sampel yang akan diuji. Untuk hasil terbaik, kalibrasi pada suhu 25°C (77°F).
  6. Perhitungan dari hasil kalibrasi
    Semua perhitungan tersebut harus diperhitungkan. Dan hasil kalibrasi akan didapatkan dengan dilakukan perhitungan saat proses kalibrasi.
  7. Pembuatan Hasil laporan kalibrasi
    Jika sudah, pembuatan hasil laporan kalibrasi akan didapatkan. Laporan ini berupa sertifikat kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi TDS Meter

Hasil kalibrasi dari TDS meter memang menjadi salah satu yang sangat penting. Pasalnya parameter untuk TDS meter untuk di dalam air sangat penting.

Sebagai alat yang digunakan seringkali di sebuah lab, TDS meter yang bagus adalah yang masih akurat perhitungannya.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah paham tentang kalibrasi TDS meter? Jika Anda tertarik untuk mempelajari dan juga menggunakan jasa kalibrasi TDS meter, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi tds meter