Pentingnya Kalibrasi Height Gauge, Simak Langkahnya!

kalibrasi height gauge

Dalam dunia industri,  height gauge merupakan alat yang banyak digunakan dan tentunya sangat dibutuhkan. Height gauge sendiri adalah alat yang digunakan untuk mengukur tinggi suatu benda kerja atau objek dengan presisi dan akurasi tinggi. Tentunya dengan adanya height gauge, pengukuran tinggi suatu benda atau objek dapat dilakukan dengan mudah.

Height gauge yang sering digunakan tentunya membutuhkan adanya perawatan. Salah satu perawatan height gauge terbaik ialah kalibrasi. Dengan melakukan kalibrasi pastinya akan tetap menjaga height gauge bekerja dengan baik dan juga menjaga nilai pengukuran tetap akurat. Selain itu apa sih tujuan dilakukannya kalibrasi pada height gauge ?

Tujuan Kalibrasi Height Gauge

Menjaga dan merawat height gauge jelas penting untuk dilakukan. Selain untuk tetap menjaga kualitas dan hasil pengukuran dari height gauge tetap akurat. Tujuan lain dilakukannya kalibrasi pada height gauge ialah untuk tetap sesuai dengan standar pengukuran nasional maupun internasional, mampu menentukan deviasi/ penyimpangan pada height gauge.

Selain tujuan dilakukannya kalibrasi height gauge untuk tetap menjaga kualitas hasil pengukuran, tentunya masih banyak manfaat-manfaat yang akan didapat ketika height gauge dilakukan kalibrasi. 

Manfaat Kalibrasi Height Gauge

Height gauge yang digunakan setiap hari sudah tentu jika tidak dilakukan perawatan akan mengalami penyimpangan hasil ukur. Nah untuk mengurangi resiko terjadinya deviasi/penyimpangan hasil ukur dari height gauge perlu dilakukan kalibrasi. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat pasca melakukan kalibrasi pada height gauge :

  • Kualitas hasil pengukuran tetap akurat
  • Height gauge menjadi tidak mudah rusak
  • Mampu mengetahui adanya penyimpangan hasil ukur height gauge
  • Mendukung sistem mutu ISO

Cara Kalibrasi Height Gauge

Untuk melakukan kalibrasi pada height gauge, tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini tentunya memiliki tujuan agar hasil kalibrasi sesuai dan benar hingga nantinya menghasilkan sesuatu yang maksimal. Berikut ini beberapa cara yang perlu dilakukan untuk proses kalibrasi height gauge :

  1. Persiapan alat
    Siapkan height gauge yang mana terlebih dahulu akan dilakukan proses kalibrasi. Selain mempersiapkan height gauge, anda juga perlu untuk menyiapkan peralatan yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Pelaksana kalibrasi
    Selalu gunakan jas penyedia kalibrasi height gauge terbaik. Selain itu anda juga menunjuk orang yang memang ahli di bidang kalibrasi height gauge dan tentunya sudah bersertifikat.
  3. Pengecekan kondisi height gauge
    Lakukan pengecekan height gauge sebelum proses kalibrasi berjalan. Pengecekan kondisi ini sendiri meliputi kondisi bentuk, fungsi dan juga hasil pengukuran akhir sebelum dilakukan kalibrasi.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur height gauge
    Metode yang tepat untuk melakukan proses kalibrasi height gauge tidak lain jelas menggunakan metode kalibrasi IK-KM-DM06, JIS B 7517:2018 dengan rentang ukur 0mm ~ 300mm, 300mm ~ 600mm, 600mm ~ 1000mm.
  5. Pelaksanaan kalibrasi height gauge
    Proses pelaksanaan kalibrasi untuk height gauge sebaiknya dilakukan pada pagi hingga siang hari. Tidak itu saja, selalu pastikan anda telah mereset height gauge atau menyetel pada titik nol terlebih dahulu.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Untuk melakukan penghitungan hasil kalibrasi ini sendiri bisa dilakukan dengan menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan juga menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Proses pembuatan laporan ini tentunya harus sesuai dengan format yang berpedoman pada pedoman SNI 19-17025. Serta nanti hasil akhirnya harus disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Height Gauge

Hasil yang akan didapat sesudah melakukan kalibrasi pada height gauge, pastinya membuat kinerja height gauge menjadi semakin baik, kualitas hasil pengukuran yang sangat akurat serta tentunya mampu menjaga height gauge agar tidak cepat rusak.

Kesimpulan

Proses kalibrasi height gauge memang tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, hal ini guna untuk tetap mendapat hasil kalibrasi yang maksimal. Terlebih lagi fungsi dari height gauge yang sangat penting dan membutuhkan hasil tetap akurat ketika digunakan untuk mengukur tinggi suatu benda.

Selalu ikuti cara diatas yang pastinya sudah sesuai dengan ISO. Namun untuk anda yang saat ini membutuhkan jasa kalibrasi height gauge, anda bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com yang sudah berstandar ISO dan terakreditasi KAN.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi height gauge