Pentingnya Kalibrasi Outside Micrometer, Wajib Tahu!

kalibrasi outside micrometer

Outside micrometer merupakan alat yang cukup memiliki fungsi serta kegunaan penting bagi seorang engineer. Ketelitian dan tingkat akurasi menjadi hal ang wajib untuk selalu diutamakan.

Bagi kita orang awam, mengukur jelas yang mudah menggunakan mistar atau penggaris, namun ternyata hal tersebut sangatlah tidak akurat untuk digunakan oleh seorang engineer. 

Untuk itulah ada alat yang dinamakan outside micrometer. outside micrometer sendiri merupakan micrometer yang dikhususkan untuk mengukur ketebalan atau dimensi luar sebuah benda.

Contohnya ialah melakukan pengukuran tebal plat. Outside micrometer sendiri juga membutuhkan adanya kalibrasi. Kalibrasi pada outside micrometer sendiri diperlukan untuk tetap menjaga alat ini memberikan hasil pengukuran yang akurat. 

Selain menjaga agar hasil pengukuran yang selalu akurat, dengan dilakukannya kalibrasi sudah tentu outside micrometer tidak mudah rusak dan selalu berfungsi dengan baik ketika digunakan. Namun ternyata tidak hanya itu saja tujuan dilakukannya kalibrasi outside micrometer.

Tujuan Kalibrasi Outside Micrometer

Tujuan dilakukannya kalibrasi pada outside micrometer tidak lain ialah untuk tetap menjaga kualitas kinerja dan juga tingkat akurasi pengukuran. Selain itu juga menghindari kerusakan pada komponen outside micrometer yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja. Jelas hal ini sangatlah dihindari oleh para engineer. Untuk itulah mengapa kalibrasi outside micrometer wajib dan perlu rutin untuk dilakukan 1 hingga 2 tahun sekali.

Manfaat Kalibrasi Outside Micrometer

Penyebab utama kerusakan atau malfungsi pada outside micrometer jelas karena kurangnya perawatan atau kalibrasi. Tidak pernah dilakukannya kalibrasi pada outside micrometer juga menjadi faktor utama terjadinya kerusakan. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat ketika melakukan kalibrasi pada outside micrometer :

  • Mampu menjaga kualitas proses dan hasil secara akurat
  • Mampu mengetahui penyimpangan hasil ukur
  • Mampu memutuskan kelayakan dari outside micrometer itu sendiri apakah perlu penggantian atau tidak

Cara Kalibrasi Outside Micrometer

Untuk memperoleh hasil kalibrasi outside micrometer yang maksimal, tentunya juga harus diikuti dengan cara kalibrasi outside micrometer yang baik dan benar juga. Berikut ini beberapa cara dan langkah cara kalibrasi outside micrometer yang benar :

  1. Lakukan persiapan outside micrometer mana yang akan terlebih dahulu dilakukan kalibrasi
  2. Pilih atau tunjuk orang yang memang ahli di bidang kalibrasi outside micrometer atau anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi terakreditasi KAN seperti yang ditawarkan kalibrasi.com
  3. Lakukan pengecekan mengenai suhu dan juga kelembaban ruangan yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi.
  4. Gunakan metode kalibrasi yang sesuai dengan outside micrometer. Metode kalibrasi yang digunakan serta rentan ukur wajib sesuai dengan mutu ISO.
  5. Sebelum berjalannya proses kalibrasi, lakukan pengamatan dan catat mengenai bentuk dan fungsi dari outside micrometer itu sendiri.
  6. Jangan lupa untuk mereset outside micrometer atau menyetel pada titik nol terlebih dahulu
  7. Melakukan perhitungan dengan menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi
  8. Hasil dari proses kalibrasi perlu dibuatkan laporan yang sesua dengan standar SNI 19-17025 dan disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Outside Micrometer

Setelah dilakukan kalibrasi pada outside micrometer jelas akan banyak kelebihan yang didapat. Salah satunya ialah meningkatnya kinerja outside micrometer dan juga keakuratan dalam pengukuran. Anda juga bisa mengetahui berapa besar nilai penyimpangan sebelum dan setelah outside micrometer dikalibrasi.

Kesimpulan 

Melakukan kalibrasi pada outside micrometer memanglah penting untuk dilakukan selain untuk menjaga fungsionalitas tentunya juga untuk tetap menjaga keakuratan dari hasil ukur itu sendiri.

Faktor kecelakaan kerja akibat malfungsi outside micrometer juga dapat dihindari. Nah bagi anda yang ingin melakukan kalibrasi outside micrometer, anda bisa menggunakan jasa kalibrasi.com yang tentunya sudah sesuai mutu ISO dan terakreditasi KAN.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi outside micrometer