Tujuan Serta Manfaat Kalibrasi H2S Detector

kalibrasi H2S Detector

H2S Detector merupakan alat yang cukup sering digunakan dalam dunia industri. H2S Detector ini sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi ada tidaknya gas H2S. Fungsi dari alat ini jelas untuk mendeteksi adanya gas H2S dalam lingkungan industri atau kerja. Cukup penting terlebih sebagai keamanan adanya H2S Detector dalam dunia industri.

Untuk itulah H2S Detector sendiri sangat penting untuk dilakukan kalibrasi. Kalibrasi pada alat ini sendiri memiliki banyak tujuan diantaranya mampu menjaga H2S Detector bekerja secara baik dan maksimal. Terus tujuan selain untuk H2S Detector bekerja secara baik dan maksimal apakah ada tujuan lain dilakukannya proses kalibrasi pada alat ini?

Tujuan Kalibrasi H2S Detector

Proses kalibrasi pada H2S Detector sendiri memang sangat penting dan diperlukan. Tidak hanya itu saja, selain mampu menjaga kualitas hasil pengukuran gas H2S tujuan kalibrasi ini diantaranya untuk menjaga keakuratan H2S detector itu sendiri. 

Manfaat Kalibrasi H2S Detector?

Terus apakah ada manfaat dari proses kalibrasi H2S Detector itu sendiri? Jelas cukup banyak manfaat yang akan didapat dari proses kalibrasi alat ini sendiri. Beberapa manfaat yang didapat dari proses kalibrasi ini antara lain : 

  • Menjaga kualitas dan hasil proses pengukuran
  • Mengetahui ada tidaknya penyimpangan dari H2S Detector
  • Mendukung mutu ISO
  • Memutuskan kelayakan H2S Detector apakah masih layak digunakan atau sebaliknya

Cara Kalibrasi H2S Detector

Menjaga H2S Detector untuk tetap bekerja dan berfungsi secara maksimal jelas penting. Nah berikut ini beberapa cara yang biasa dilakukan untuk proses kalibrasi H2S Detector :

  1. Proses persiapan
    Menyiapkan H2S Detector yang akan dilakukan kalibrasi. Selain menyiapkan H2S Detector, anda juga perlu menyiapkan peralatan yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi itu sendiri. 
  2. Operator kalibrasi H2S Detector
    Memilih orang yang tepat untuk melakukan kalibrasi H2S Detector. Selalu pilih orang yang ahli dan sudah tersertfikat dalam melakukan kalibrasi.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat melakukan kalibrasi H2S Detector
    Melakukan pengecekan terhadap suhu dan juga kelembaban lingkungan sebelum dilakukannya proses kalibrasi. Hal ini memiliki tujuan karena ada sebagian alat kalibrasi yang mudah berubah karena faktor suhu dan kelembaban.
  4. Langkah – Langkah melakukan kalibrasi dan rentang ukur dari H2S Detector
    Untuk metode dan rentang waktu dari H2S Detector ini sendiri jelas sesuai dengan standar ISO. Selalu lakukan kalibrasi secara rutin minimal 1 hingga 2 tahun sekali guna menjaga kualitas dari pengukuran H2S Detector itu sendiri.
  5. Pelaksanaan kalibrasi H2S Detector
    Lakukan pengamatan pada objek apakah bentuknya masih normal dan berfungsi secara baik serta benar. Selain itu juga pastikan untuk menyetel ke titik nol terlebih dahulu sebelum melakukan proses kalibrasi.
  6. Penghitungan hasil kalibrasi
    Untuk menghitung hasil dari kalibrasi H2S Detector dilakukan dengan menghitung nilai maksimu-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan hasil laporan
    Pembuatan hasil laporan ini meliputi penyusunan konsep berdasar hasil pengukuran, pengecekan konsep hingga pengesahan laporan ohle kepala laboratorium.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi H2S Detector

Setelah dilakukan proses kalibrasi H2S Detector secara baik dan benar, jelas akan mendapatkan beberapa hasil dengan parameter sebagai berikut :

  • Mengetahui nilai objek yang diukur
  • Mengetahui besarnya penyimpangan atau nilai korelasi H2S Detector
  • Mengetahui besarnya angka ketidakpastian pengukuran

Kesimpulan

Proses kalibrasi untuk H2S Detector jelas sangat penting untuk menjaga kualitas hasil pengukuran gas H2S tetap akurat. Selain itu juga untuk menjaga keamanan lingkungan kerja dari gas H2S.

Bagi anda yang ingin melakukan kalibrasi pada instrument H2S Detector, anda bisa menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com yang tentunya sudah terakreditasi KAN dan sesuai dengan ISO.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi H2S Detector