Metode yang Dilakukan Untuk Kalibrasi Frekuensi Counter

kalibrasi Frekuensi Counter

Kalibrasi Frekuensi Counter sangatlah penting dalam melakukan perannya dalam bidang pengukuran sinyal terutama bagi akuisisi data sinyal pulsa di pengukur aliran jenis turbin.

Dengan memiliki frekuensi counter yang sesuai standar maka dapat memenuhi kebutuhan pengukuran yang lebih akurat sesuai dengan peruntukannya.

Frekuensi counter ini biasanya digunakan sebagai alat pengukur frekuensi yang akurat dan presisi yang dibutuhkan untuk menjamin kebenaran dari hasil pengukurannya. Nah bagaimana sih cara kalibrasi frekuensi counter ini? mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Frekuensi Counter

Tujuan kalibrasi frekuensi counter ini sama seperti kalibrasi alat ukur lainnya diantaranya :

  1. Meningkatkan kualitas produksi di berbagai jenis industri bagi peralatan yang berkaitan dengan penggunaan frekuensi counter.
  2. Mendeteksi penyimpangan dari nilai alat ukur dengan alat ukur yang sudah memiliki nilai ketertelusuran dari standar yang lebih tinggi.

Manfaat Kalibrasi Frekuensi Counter?

Adapun beberapa manfaat melakukan kalibrasi frekuensi counter yakni:

  1. Menjaga kondisi instrumen frekuensi counter dan bahan ukur sehingga bisa tetap dengan spesifikasinya.
  2. Mengetahui perbedaan dari nilai  benar dan nilai yang ditunjukan dari frekuensi counter.
  3. Dapat mendukung nilai kualitas dari produk yang dihasilkan menggunakan frekuensi counter.

Cara Kalibrasi Frekuensi Counter

Dalam pelaksanaannya ada beberapa prosedur penting kalibrasi yakni proses persiapan hingga penentuan metode kalibrasi, pelaksanaan, perhitungan, dan pembuatan laporan. Berikut adalah penjelasan secara rinci dari prosedur kalibrasi frekuensi counter.

  1. Pelaksana kalibrasi Frekuensi Counter
    Prosedur kalibrasi yang pertama adalah persiapan yang mana memerlukan persiapan dari beberapa peralatan seperti frekuensi counter yang akan dikalibrasi, hingga peralatan yang digunakan untuk mengkalibrasi dalam hal ini menggunakan frekuensi counter yang sudah dikalibrasi menggunakan standar yang lebih tinggi.
  2. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Frekuensi Counter
    Dalam melaksanakan kalibrasi hendaknya mengkondisikan lingkungan agar tidak mengganggu hasil dari kalibrasi yang dilakukan pada frekuensi counter.
  3. Metode kalibrasi dan rentang ukur Frekuensi Counter 
    Untuk metode kalibrasi dari rentang ukur frekuensi counter ini bisa menggunakan IK.KL-05, dengan rentang ukur 20.0Hz ~ 100MHz.
  4. Pelaksanaan kalibrasi Frekuensi Counter
    Dalam proses pelaksanaan kalibrasi frekuensi counter dimulai dari pengamatan hingga penentuan ketidakpastian. Kalibrasi ini memerlukan ketelitian dan pemahaman terhadap frekuensi counter tersebut. Setelah pengamatan dimulai maka dilakukan penyetelan alat, pengamatan kewajaran hasil ukur hingga menentukan ketidak pastian.
  5. Perhitungan hasil kalibrasi
    Jika sudah dilakukan pencatatan dari hasil pengamatan maka langkah penting selanjutnya adalah perhitungan hasil kalibrasi sesuai dengan metode yang disebutkan tadi. Proses perhitungan hasil kalibrasi ini menentukan konversi satuan, menghitung nilai maksimum minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, dan penentuan persamaan regresi.
  6. Pembuatan hasil laporan
    Untuk tahapan terakhir adalah pembuatan hasil laporan kalibrasi frekuensi counter dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Untuk pembuatan laporan ini memiliki 4 tahapan penting yakni pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan laporan.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Frekuensi Counter

Parameter yang digunakan untuk menentukan hasil dari kalibrasi frekuensi counter adalah:

  • Nilai penyimpangan yang bisa ditoleransi atau perlu dilakukan penyetelan ulang atau tidak.
  • Kesalahan dalam pengukuran yang dijadikan sebagai besaran angkat ketidakpastian.

Kesimpulan

Dari bahasan kita diatas dapat menyimpulkan bahwa ada beberapa hal penting tentang kalibrasi frekuensi counter yakni tempat pengkalibrasian harus dilakukan di laboratorium yang terakreditasi dan orang yang melakukan kalibrasi harus profesional.

Jika Anda berminat atau sedang menjadi jasa kalibrasi frekuensi counter yang terpercaya Anda bisa pelajari lebih lanjut dengan klik tombol di bawah ini

Jasa Kalibrasi Frekuensi Counter