Perhatikan Hal Ini Saat Kalibrasi Flue Gas Analyzer

kalibrasi Flue Gas Analyzer

Dalam dunia industri, flue gas analyzer ini memiliki kegunaan dan peran penting. Fungsi utama dari flue gas analyzer sendiri ialah sebagai alat ukur yang digunakan mengukur gas buang bisa pembakaran/emisi tak bergerak dari mesin kendaraan maupun cerobong pabrik. Gas buang yang diukur oleh flue gas analyzer sendiri berupa O2, CO, NO, SO2, NO2. Penggunaan flue gas analyzer yang terus menerus jelas akan membutuhkan adanya perawatan pada alat ini sendiri.

Salah satu perawatan flue gas analyzer yang tepat dan memang wajib rutin dilakukan ialah kalibrasi. Kalibrasi ini sendiri dilakukan guna menjaga kualitas dari flue gas analyzer dan juga tetap menjaga hasil ukur flue gas analyzer akurat serta terpercaya. Selain untuk menjaga kualitas fungsi dan juga hasil pengukuran, jelas cukup banyak tujuan lain dilakukannya kalibrasi pada flue gas analyzer yang tentunya memang diperlukan.

Tujuan Kalibrasi Flue Gas Analyzer

Melakukan kalibrasi pada flue gas analyzer secara rutin dengan baik dan benar memanglah merupakan salah satu perawatan yang tepat dan memang dibutuhkan. Tujuan dilakukannya kalibrasi flue gas analyzer jelas untuk mencapai ketertelusuran pengukuran, untuk mencari penyimpangan / ketidaksesuaian hasil pengukuran dan juga mengetahui apakah hasil pengukuran flue gas analyzer sesuai dengan standar nasional / internasional atau tidak.

Manfaat Kalibrasi Flue Gas Analyzer

Proses kalibrasi flue gas analyzer jelas sangat dibutuhkan terlebih lagi jika instrument alat ukur ini selalu digunakan. Hal ini jelas untuk menghindari malfungsi atau kerusakan pada komponen-komponen flue gas analyzer. Selain itu juga dengan dilakukannya kalibrasi, akan didapatkan beberapa manfaat seperti :

  • Terjaganya kualitas proses dan hasil pengukuran
  • Mampu dengan cepat mengetahui penyimpangan pengukuran
  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Mampu memutuskan kelayakan flue gas analyzer apakah masih bisa digunakan atau sebaliknya

Cara Kalibrasi Flue Gas Analyzer

Untuk memperoleh hasil kalibrasi flue gas analyzer yang maksimal, tentunya kita juga memerlukan cara dan proses kalibrasi yang juga baik serta benar. Berikut ini langkah dan juga cara kalibrasi flue gas analyzer yang baik dan benar :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Persiapkan flue gas analyzer terlebih dahulu mana yang akan di kalibrasi dan juga jangan lupa untuk menyiapkan peralatan kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Proses kalibrasi ini tidak bisa dilakukan dengan sembarangan, untuk itu pilih/tunjuk orang yang memang ahli di bidang kalibrasi flue gas analyzer. Atau anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi terpercaya seperti kalibrasi.com.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Memilih ruangan kalibrasi yang suhu dan juga kelembabannya terjaga dan sebaiknya proses kalibrasi dilakukan pada pagi hingga siang hari.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Proses kalibrasi ini sendiri juga wajib untuk menggunakan metode kalibrasi flue gas analyzer yang sesuai dan tepat.
    – Untuk metode kalibrasi flue gas analyzer O2 menggunakan metode kalibrasi IK.TUT-01 dengan rentang ukur 3%, 10%, 20.9%
    – Untuk metode kalibrasi flue gas analyzer CO menggunakan metode kalibrasi IK.TUT-01 dengan rentang ukur 10 ppm, 50ppm, 100ppm, 500ppm, 1000ppm, 2000ppm, 4000ppm
    – Untuk metode kalibrasi flue gas analyzer NO menggunakan metode kalibrasi IK.TUT-01 dengan rentang ukur 10 ppm, 50ppm, 100ppm, 500ppm, 1000ppm
    – Untuk metode kalibrasi flue gas analyzer SO2 menggunakan metode kalibrasi IK.TUT-01 dengan rentang ukur 10 ppm, 50ppm, 100ppm, 500ppm, 1000ppm
    – Untuk metode kalibrasi flue gas analyzer NO2 menggunakan metode kalibrasi IK.TUT-01 dengan rentang ukur 10 ppm, 50ppm, 100ppm, 500ppm
  5. Pelaksanaan kalibrasi Sumber Frekuensi
    Proses pelaksanaan kalibrasi flue gas analyzer bisa dilakukan dengan melakukan pencatatan mengenai bentuk dan juga fungsi. Setelah itu selalu pastikan melakukan setel ulang flue gas analyzer dengan menyetel pada titik nol.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Untuk melakukan perhitungan selalu lakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Proses pembuatan laporan ini sendiri wajib mengacu pada pedoman SNI 19-17025 yang nantinya hasil laporan tersebut wajib untuk disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Flue Gas Analyzer

Dengan dilakukannya kalibrasi pada flue gas analyzer secara baik dan benar, tentunya akan didapat hasil dengan berbagai parameternya. Hasil dengan berbagai parameter tersebut diantaranya mampu mengetahui nilai ukur flue gas analyzer, mengetahui besarnya nilai penyimpangan hasil ukur, mengetahui besarnya angka penyimpangan dalam pengukuran.

Kesimpulan

Selalu lakukan kalibrasi dikala memang jadwalnya untuk dilakukan kalibrasi atau ketika anda sudah merasa ragu akan hasil pembacaan flue gas analyzer. Selalu lakukan kalibrasi flue gas analyzer dengan cara yang baik dan benar guna menjaga standar hasil pengukuran dan juga sesuai dengan mutu ISO.

Anda juga bisa melakukan penjadwalan kalibrasi flue gas analyzer setiap 1 hingga 2 tahun sekali. Untuk anda yang ingin mendapat jasa kalibrasi flue gas analyzer terbaik dan sesuai dengan mutu ISO serta terakreditasi KAN, anda bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Flue Gas Analyzer