Menilik Kebutuhan Kalibrasi di Berbagai Sektor

kalibrasi di berbagai sektor

Kebutuhan alat ukur di masa kini sangatlah tinggi permintaannya, banyaknya sektor yang menggunakan alat ukur menjadi salah satu penyebabnya. Bagaimana tidak, alat ukur umumnya diperlukan dalam mendukung proses kinerja perusahaan, industri dan jasa. Tanpa adanya alat ukur ini sektor-sektor yang bekerja untuk melayani kebutuhan masyarakat tidak dapat bekerja dengan semestinya.

Itulah mengapa setiap alat ukur yang digunakan harus dipastikan kehandalannya dan konsisten dalam hasil pengukuran untuk mendapatkan kualitas terbaik dari produk yang dihasilkan. Melalui prosedur kalibrasi setiap alat ukur pada berbagai bidang akan diuji kebenaran penunjukkan nilai berdasarkan standar alat ukur tersebut. Misalnya saja pada termometer/penggaris yang membutuhkan kalibrasi agar hasil pengukuran tetap akurat. Namun apakah ini menimbulkan adanya kebutuhan kalibrasi di berbagai sektor?

Kalibrasi diperlukan pada alat ukur sebelum digunakan dan setelah digunakan dalam kurun waktu tertentu. Umumnya dalam berbagai sektor kalibrasi dilakukan setiap setahun sekali. Namun hal tersebut kembali lagi pada kondisi alat yang digunakan. Oleh karenanya setiap sektor diwajibkan memperhatikan penggunaan alat ukurnya, lalu apa saja sektor-sektor yang membutuhkan prosedur kalibrasi itu? Mari kita simak penjelasan kalibrasi di berbagai sektor berikut ini.

Kalibrasi di Berbagai Sektor : Industri

Sebenarnya apakah di berbagai sektor itu ada alat ukurnya ga sih, lalu apakah kalibrasi di berbagai sektor ini juga selalu ada? Salah satu kalibrasi di berbagai sektor yang pertama adalah di industri. Membahas alat ukur dan kegiatan industri itu merupakan salah satu hal yang berdekatan, lalu apa sih sebenarnya industri itu? Industri adalah suatu bidang ekonomi yang berkaitan dengan pengelolaan bahan baku atau produksi barang dengan tenaga kerja yang terampil serta alat-alat di bidang pengelolaan produksi.

Berdasarkan penjelasan tersebut seperti yang Anda tahu bahwasannya peralatan yang digunakan dalam menunjang proses produksi industri harus dipastikan keakuratan dan kualitas atas hasil pengukuran yang dilakukan oleh alat tersebut. Peralatan khususnya alat ukur membutuhkan kepastian hasil ukur agar tidak terjadi kesalahan pembacaan besaran nilai pengukuran.

Industri menggunakan alat ukur sebagai tool kerja atau alat kerja sehari – hari yang digunakan para teknisi industri. Misalnya saja penggunaan power quality analyzer dan mikrometer kedua alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda namun keduanya membutuhkan kalibrasi agar pengukuran yang dilakukan sesuai standar. Untuk tahu apa saja jenis kalibrasi yang ada di dalam sektor industri bisa langsung cek di sektor kalibrasi industri.

Alat ukur yang baik adalah yang sesuai standar. Standar dibutuhkan untuk menyamaratakan ukuran dari alat ukur yang digunakan di seluruh dunia. Meskipun begitu prosedur kalibrasi bukan hanya dilakukan untuk memenuhi standar alat saja melainkan memiliki manfaat yang besar bagi sebuat alat ukur, diantaranya :

  • Menjamin Nilai yang Dihasilkan Tertelusur
  • Menghindari Cacat dalam Produksi
  • Menjaga Kondisi Alat Ukur Sesuai dengan Spesifikasi
  • Menghindari Risiko Bahaya dan Meminimalisir Kecelakaan Kerja

Kalibrasi di Sektor Medis

Kebutuhan kalibrasi di berbagai sektor selanjutnya adalah di bidang medis atau kesehatan. Jika Anda mengunjungi rumah sakit, puskesmas atau layanan kesehatan lainnya pasti sering menjumpai peralatan kesehatan yang digunakan untuk memeriksa pasien. Tanpa Anda ketahui untuk menjamin alat tetap akurat, setiap alat kesehatan tersebut telah melalui kalibrasi secara berkala.

Kalibrasi penting dilakukan pada setiap alat kesehatan yang digunakan dalam lembaga pelayanan kesehatan. Bukan tanpa alasan kalibrasi sendiri dilakukan untuk menjamin diagnosa yang atas hasil alat tersebut akurat. Tingkat keakuratan alat kesehatan sangat penting dipantau untuk menjamin hasil kerja alat aman bagi keselamatan nyawa pasien. Selain itu juga masih ada macam-macam alat dari bidang ini, bahkan ada jenisnya sendiri. Bisa kalian cek langsung selengkapnya di sektor kalibrasi medis.

Peralatan kesehatan seperti tensimeter dan termometer yang digunakan untuk mengukur tekanan darah dan suhu tubuh manusia. Kedua alat tersebut memiliki batas toleransi penggunaannya yang telah ditentukan, oleh karenanya diperlukan kalibrasi secara berkala. Berdasarkan hal tersebut adapun alasan akan pentingnya melakukan kalibrasi alat kesehatan yaitu :  

  • Meningkatkan Keamanan
  • Lebih Efisien
  • Proses sertifikasi lebih mudah
  • Menjaga Keakuratan Alat Kesehatan

Kalibrasi di Sektor Elektronik

Prosedur kalibrasi barang sudah tidak asing lagi dalam sektor elektronik, kalibrasi elektronik dilakukan pada  perangkat elektronik untuk mengukur tegangan, arus, resistansi,induktansi dan kapasitas dan frekuensi. Perangkat elektronik sangat perlu mendapatkan perhatian, hal ini karena penggunaan dalam jangka waktu yang relatif lama dapat menyebabkan perubahan dimensi perangkat elektronik.

Oleh karenanya kalibrasi di sektor elektronik bertujuan untuk menentukan nilai konstan atau koefisien yang terkait dengan suatu peralatan elektronik. Seperti pada prosedur kalibrasi di sektor lain perangkat elektronik yang dikalibrasi akan dibandingkan dengan standar perangkat elektronik yang telah ditentukan  berdasarkan keakuratan dan keandalannya. Untuk mengetahui alat ukur apa saja yang ada dalam lingkup ini bisa kalian cek langsung di bawah ini.

Baca Juga : Mengenal Sektor Kalibrasi Elektronik, Beserta Contoh Alat

Pada umumnya kalibrasi elektronik atau kalibrasi listrik mengacu pada prosedur pengecekan dan verifikasi bahwa alat ukur telah memenuhi standar dan kelayakan untuk digunakan. instrumen yang digunakan untuk mengontrol aliran arus listrik yang biasa dipakai seperti amperemeter, voltmeter, dan ohmmeter.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan 

Demikianlah penjelasan mengenai kebutuhan kalibrasi di berbagai sektor, peralatan yang digunakan pada berbagai sektor  tersebut digunakan untuk mendukung proses kerja yang dilakukan pada sektor tersebut. Oleh karenanya setiap alat ukur yang digunakan harus dapatkan kehandalan dan kelayakannya dengan prosedur kalibrasi. 

Penggunaan peralatan yang terlalu sering dan paparan akan kondisi lingkungan sekitar dapat mempengaruhi kualitas dari alat ukur. Sekarang Anda telah mengetahui betapa pentingnya kalibrasi bagi berbagai sektor yang telah disebutkan, semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan Anda seputar prosedur kalibrasi pada alat ukur