Berapa Lama Masa Berlaku Kalibrasi Alat Ukur?

masa berlaku kalibrasi alat ukur

Setiap kegiatan industri yang menggunakan berbagai jenis instrumen alat ukur tentunya sudah pasti membutuhkan adanya kalibrasi. Namun tahukah bahwa seberapa lama sih masa berlaku dari kalibrasi itu sendiri? Apakah sebulan sekali? Ataupun setahun bahkan sepuluh tahun sekali? Yang perlu diketahui penentuan jangka waktu dari kalibrasi ini sendiri tentunya tergantung dari pelaku industri itu sendiri.

Tidak sedikit pula para pelaku industri ini tidak mengetahui seberapa sering bahkan seberapa lama masa berlaku dari kalibrasi yang sudah dilakukan untuk instrumen alat ukur. Sebenarnya sebagai pelaku industri, anda bisa meminta saran dari laboratorium yang sudah terkualifikasi mengenai penjadwalan kalibrasi alat ukur dan alat uji.

Perlunya Kalibrasi Alat Ukur

Perlu tidaknya dilakukan kalibrasi pada alat ukur jelas sangat perlu. Nah kapan dong waktu yang tepat untuk melakukan kalibrasi terhadap alat ukur? Dengan dilakukannya kalibrasi ini pastinya instrumen alat ukur dan alat uji akan memiliki keakuratan pengukuran yang valid dan selalu terjamin. Bahkan dengan adanya kalibrasi, berbagai instrumen alat ukur dan alat uji akan lebih awet.

Masa Berlaku Kalibrasi Alat Ukur

Sedangkan untuk masa berlaku dari proses kalibrasi alat ukur itu sendiri adalah mengikuti waktu kinerja dari instrumen itu sendiri. Penentuan masa berlaku kalibrasi alat ukur ini sendiri bisa diperkirakan dan terjadwal. Alat ukur sendiri pada umumnya ketika sudah mencapai 750 jam pemakaian sampai 2000 jam sebaiknya segera dilakukan kalibrasi kembali.

Kapan Harus Kalibrasi Alat Ukur?

Kalibrasi dari alat ukur diperlukan ketika sudah mencapai sekitar 750 sampai 2000 jam pemakaian. Akan tetapi waktu tersebut tidak berlaku apabila instrumen alat ukur maupun alat uji mengalami kerusakan, maka kalibrasi harus segera dilakukan setelah perbaikan instrumen itu sendiri selesai. Selain itu setiap instrumen alat ukur dan alat uji tidak bisa disamakan waktunya untuk dilakukan kalibrasi karena ada yang 1 minggu perlu dilakukan kalibrasi. Selalu lakukan penjadwalan yang teratur untuk tetap menjaga dan mendapat hasil keakuratan dari alat ukur itu sendiri.

Untuk membantu kalian dalam penjadwalan dan faktor apa saja yang harus dipertimbangkan bisa langsung cek artikel kami yang membahas waktu kalibrasi alat ukur berikut ini.

Baca Juga : Interval Waktu Kalibrasi Alat Ukur yang Tepat

Kesimpulan

Masa berlaku dari kalibrasi memanglah cukup beragam mulai dari 750 hingga 2000 jam bahkan ada yang 1 minggu sekali membutuhkan kalibrasi. Semua itu tergantung seberapa sering instrumen alat ukur dan alat uji digunakan.

konsultasi jasa kalibrasi