Fungsi Kalibrasi Alat Ukur Untuk Pengukuran dan Penelitian

fungsi kalibrasi alat ukur

Setiap alat atau instrumen lambat laun akan mengalami penurunan akurasi, hal itu tidak dapat dipungkiri sebab lamanya penggunaan alat atau instrumen juga berpengaruh, salah satu hal yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah kalibrasi, hal ini disebabkan dalam proses kalibrasi terdapat penyesuaian dan pengaturan pada akurasi alat ukur.

Dalam proses kalibrasi juga dilakukan tahapan pengecekan terhadap alat atau instrumen yang bersangkutan, maka kita dapat mengetahui alat atau instrumen yang kita gunakan berada pada kondisi normal atau tidak, hal tersebut menjadi penting sebab keakuratan alat ukur yang kita miliki dampak yang cukup signifikan.

Mengapa kalibrasi penting? Jika ditinjau dari segi kepentingan kalibrasi memiliki peran yang cukup vital, kepentingan ini diukur dari segi fungsinya, apa saja fungsi kalibrasi alat ukur? Kita bahas.

Fungsi Kalibrasi Alat Ukur

Ada kondisi yang mengakibatkan kalibrasi penting untuk dilakukan, seperti saat alat atau instrumen tersebut masih baru, ketika terjadi pengukuran yang tidak stabil dan masih banyak lagi. Dalam kasus ini kalibrasi dilakukan demi menjaga keakuratan dan kepresisian pengukuran, selain hal tersebut fungsi kalibrasi alat ukur menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan kalibrasi.

Kalibrasi dilakukan dikarenakan fungsinya sangat bermanfaat dan membantu dalam perkembangan industri, mulai dari industri kesehatan, makanan, maupun elektronik. Fungsi-fungsi ini akan kita jelaskan secara rinci dalam pembahasan berikut.

Memastikan Keakuratan Hasil Pengukuran

Kalibrasi mempunyai fungsi utama memastikan bahwa hasil dari sebuah pengukuran diharapkan sesuai dengan keinginan dan presisi, dengan adanya hal tersebut berarti alat atau instrumen yang kita gunakan akan sesuai spesifikasi yang dimiliki.

Cara ini tidak hanya dilakukan pada alat yang sudah lama, akan tetapi juga pada alat yang masih baru juga bisa, tujuannya agar alat atau instrumen yang kita gunakan memiliki pengukuran yang tertelusur.

Memastikan Produk Berkualitas

Produk yang berkualitas dihasilkan dari alat yang mumpuni, alat yang mumpuni dapat dihasilkan dari pengukuran yang tepat dan presisi. Ketika alat tersebut bekerja secara optimal misalnya pada pengukuran bobot atau jumlah suatu material dalam pembuatan sebuah produk tentunya akan menghasilkan produk yang berkualitas juga.

Menjaga Kualitas Alat Ukur

Tidak hanya sebagai penunjang kualitas produk, fungsi kalibrasi alat ukur yang satu ini bertujuan untuk menjaga kestabilan kualitas dalam sebuah industri, kontrol juga bisa dilakukan dengan melakukan kalibrasi sebab saat proses kalibrasi terjadi ketidakakuratan hasil pengukuran, Maka bisa segera dilakukan pengecekan pada bagian tertentu di alat ukur yang mengalami permasalahan. Sehingga masalah tersebut dapat segera diatasi dan membuat alat ukur dapat bekerja secara optimal seperti biasanya.

Meminimalisasi Kesalahan Kerja

Fungsi kalibrasi alat ukur yang terakhir ini cukup penting karena berhubungan dengan keselamatan kerja. Kesalahan dan kecelakaan kerja bisa saja terjadi kapan saja, maka proses kalibrasi dapat meminimalisir hal ini, mengapa hal itu bisa terjadi? Misalnya pada pengukuran tegangan pada alat industri dengan skala besar, ketika alat ukur tidak bekerja seperti semestinya maka yang terjadi bisa menyebabkan kelebihan tegangan yang diberikan dalam mengkonfigurasi alat, dalam banyak kasus tegangan yang berlebih bisa menyebabkan terbakarnya suatu perangkat, bahkan risiko meledak juga bisa terjadi.

Dengan mengkalibrasi tentunya akan sangat mengurangi risiko yang sudah kita bahas diatas, sebab dalam kalibrasi akan ada evaluasi  jika terdapat kesalahan pada prosedur pengukuran, hal itu dapat cepat ditangani dengan melakukan kalibrasi secara rutin. 

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Demikianlah uraian tentang betapa banyak manfaat dalam pengkalibrasian, risiko yang ditimbulkan jika tidak melakukannya, tentunya hal yang utama kita telah mengetahui fungsi kalibrasi secara rinci.

Selain fungsi ada juga tujuan utama dari kalibrasi alat ukur yang perlu kalian tahu, bisa cek langsung di artikel kami di tujuan kalibrasi alat. Hampir sama dengan fungsi, namun tujuan kalibrasi alat ukur ini lebih ke arah alat ukurnya seperti agar berfungsi dengan akurat, dll.

Setelah tahu semua hal yang positif dari fungsi kalibrasi alat ukur tentunya mendorong kita untuk melakukan kalibrasi pada alat ukur yang kita miliki agar sesuai standar yang telah ditetapkan.