Mengetahui Cara Kalibrasi Thermometer Resistansi dengan Benar

kalibrasi Thermometer Resistansi

Semua orang pasti sudah tidak asing dengan alat pengukur suhu yang satu ini, yap Termometer. Meskipun fungsinya hanya untuk mengukur suhu, namun instrumen alat ukur ini ada banyak jenisnya. salah satunya adalah termometer resistansi. Apa itu termometer resistensi?

Termometer resistensi adalah salah satu jenis termometer yang digunakan dalam pengukuran suhu dengan rentang -250 hingga 700 derajat Celcius. Memiliki cara kerja dengan mencatat adanya perubahan resistensi cairan yang mengalir melewati lilitan kawat platina pada kaca atau bahan keramik. Penggunaan termometer resistansi telah banyak dilakukan pada bidang otomatisasi dan proses kontrol produk.

Sebagai salah satu alat yang digunakan untuk melakukan pengukuran, Termometer Resistansi memerlukan prosedur kalibrasi untuk menjaga hasil pengukurannya tetap akurat. Untuk lebih lengkapnya mengenai kalibrasi Termometer Resistansi, simak pembahasan berikut ini!

Tujuan Kalibrasi Thermometer Resistansi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Termometer Resistansi berfungsi untuk melakukan pengukuran pada rentang suhu -250 hingga 700 derajat Celcius. Apapun alatnya jika berkaitan dengan pengukuran sebagai jaminan kualitas harus melewati prosedur kalibrasi baik sesudah dan sebelum digunakan.

Pada penggunaan yang terlampau sering dan faktor perawatan pada instrumen alat dapat menyebabkan penurunan kualitas pengukuran. Oleh karenanya prosedur kalibrasi Termometer Resistansi bertujuan untuk memastikan perangkat tersebut dalam akurasi yang baik sehingga hasil pengukuran oleh alat tersebut dapat diandalkan sesuai dengan spesifikasinya.

Manfaat Kalibrasi Termometer Resistansi

Seperti pada prosedur kalibrasi umumnya, kalibrasi Termometer Resistansi bermanfaat untuk menjaga akurasi dan kelayakan dari instrumen alat tersebut. Dengan dilakukannya kalibrasi Termometer Resistansi bermanfaat untuk mengantisipasi hasil pengukuran yang kurang atau bahkan tidak akurat. 

selain itu dengan melakukan kalibrasi Termometer Resistansi akan memberikan jaminan dan konfirmasi atas hasil pengukuran yang lebih akurat pada hasil pengukurannya. 

Cara Kalibrasi Thermometer Resistansi

Seperti umumnya sebuah prosedur yang memilih caranya tersendiri tidak terkecuali dalam melakukan kalibrasi Termometer Resistansi. Berikut cara kalibrasi Termometer Resistansi antara lain :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Persiapkan instrumen alat yang akan kalibrasi, pastikan juga alat yang digunakan  kalibrasi tidak rusak dalam keadaan baik dan bersih sebelum dilakukan kalibrasi. Perlu Anda ketahui bahwa prosedur kalibrasi bukanlah untuk memperbaiki alat yang rusak melainkan menguji sejauh mana alat tersebut berfungsi dengan baik.
  2. Persiapan teknisi kalibrasi
    Persiapkan teknisi kalibrasi yang memiliki kompetensi di bidang kalibrasi alat ukur, dan telah memenuhi persyaratan untuk menjadi pelaksana kalibrasi. Setidaknya seorang pelaksana kalibrasi harus memenuhi persyaratan seperti latar belakang pendidikan di bidang kalibrasi serta pengalaman dalam melakukan kalibrasi. 
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Cara yang ketiga ini tak kalah pentingnya yaitu pengkondisian lingkungan tempat kalibrasi dalam keadaan baik, yang tidak akan mempengaruhi hasil pengujian kalibrasi Termometer Resistansi. Hal ini karena salah satu faktor kesalahan dalam kalibrasi adalah kondisi lingkungan yang kurang baik untuk melakukan pengujian. 
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Gunakanlah Metode kalibrasi Thermometer Resistansi yang mengacu pada metode standar nasional atau internasional dalam prosedur kalibrasi. Untuk metodenya kalibrasi yang diterapkan Anda dapat menggunakan metode JIS Z 8710:1993, dan JIS C 1604:2013 yang memiliki rentang ukur antara lain : -25°C  ~  0°C, 0°C  ~  100°C, 100°C  ~  200°C, 200°C  ~  250°C, -20°C  ~  0°C, 0°C  ~  200°C
  5. Pelaksanaan kalibrasi Thermometer Resistansi
    Cara berikutnya adalah pelaksanaan kalibrasi, seperti yang telah Anda ketahui bahwa penyelenggaraan kalibrasi membutuhkan ketelitian tinggi agar pengujian yang dilakukan tidak mengalami kesalahan. Oleh karenany lakukanlah pengujian kalibrasi dengan hati-hati.
    Dalam pelaksanaan kalibrasi Thermometer Resistansi lakukanlah pengamatan terhadap instrumen ukur untuk melihat kondisi fungsi alat tersebut sebelum diatur ulang. Selanjutnya mulailah kembali amati pada kewajaran hasil ukur yang dilakukan instrumen alat.
    Perlu diingat pada kalibrasi Thermometer Resistansi kelas toleransi tidak boleh disamakan dengan kelas akurasi. Hal ini karena nilai resistensi akan yang diamati harus ssuai dengan suhu sebenarnya.
    Setelah pengujian dilakuukan jangan lupa untuk mengambillah data dan catat hasil pengujian tersebut dengan baik
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada pelaksanaan kalibrasi dilakukan pengamatan pada hasil pengujian alat. Setelah diperoleh data hasil ukur lakukanlah perhitungan pada data tersebut.
    Penghitungan dapat dilakukan dengan menghitung besaran nilai maksimum dan minimum, nilai rata-rata dan konversi satuan dari hasil pengukuran Thermometer Resistansi Pastikan perhitungan telah benar untuk hasil kalibrasi yang benar benar akurat.
  7. Pembuatan laporan
    Setelah semua cara-cara diatas telah sempurna dilakukan terakhir adalah pembuatan laporan kalibrasi. Laporan disusun berdasarkan format yang mengacu pada pedoman kalibrasi di Indonesia yang kemudian laporan tersebut dapat disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi 

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Thermometer Resistansi

Keberhasilan kalibrasi dapat diukur dengan Parameter yang dapat Anda dilihat apabila instrumen alat telah menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik setelah melakukan prosedur kalibrasi. Hasil kalibrasi Thermometer Resistansi berupa sertifikat  kalibrasi yang didalamnya memuat informasi data hasil kalibrasi.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi Thermometer Resistansi, setelah mengetahui cara kalibrasi dengan benar maka sudah seharusnya instrumen ukur pengujian suhu perlu dikalibrasi secara rutin untuk menjaga keakuratan dan kualitas hasil pengukurannya. Lakukanlah prosedur kalibrasi pada laboratorium yang terakreditasi. 

Anda dapat percayakan pilihan laboratorium terpercaya pada jasa kalibrasi hanya di Kalibrasi.com. Di Kalibrasi.com Anda dapat menemukan berbagai pilihan jenis kalibrasi sesuai bidang ukur alat Anda

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Thermometer Resistansi