Persiapan Sebelum dan Saat Kalibrasi Climatic Chamber

kalibrasi Climatic Chamber

Proses produksi Industri manufaktur telah menghasilkan banyak produk dengan  berbagai macam spesifikasinya. Tapi tahukah Anda jika sebelum diedarkan, pengujian keandalan produk pada berbagai jenis produk yang dihasilkan itu perlu dilakukan.  Dengan alat bernama climatic chamber, produk akan diuji sebagai salah satu syarat quality control.

Climatic chamber digunakan untuk menguji stabilitas bahan/zat aktif/eksipien maupun pengendalian bahan baku farmasi yang disimpan dalam kondisi RH, temperature (suhu), dan waktu tertentu. Pada umumnya instrumen alat ini digunakan untuk menguji stabilitas kenaikkan suhu penyimpanan atau RH. 

Berdasarkan penjelasan diatas maka diperlukan prosedur kalibrasi pada instrumen alat ini sebagaimana fungsi yang telah dijelaskan, untuk mendapatkan performa dan jaminan proses kerja instrumen alat ini. Untuk lebih jelasnya mengenai kalibrasi climatic chamber simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

Tujuan Kalibrasi Climatic Chamber

Sebagai salah satu alat pengujian kondisi temperature (suhu) dan humidity (kelembapan) climatic chamber membutuhkan prosedur kalibrasi dengan tujuan untuk menjaga keakuratan dan performa instrumen alat. Hal ini untuk memastikan bahwa climatic chamber benar-benar dapat menjamin proses pengujian dari setiap tahapan pengujian temperature (suhu) dan humidity (kelembapan).

Manfaat Kalibrasi Climatic Chamber

Pada intinya kalibrasi climatic chamber bermanfaat untuk mengantisipasi hasil pengujian yang kurang atau bahkan tidak akurat. Kalibrasi climatic chamber dapat membantu menjaga kualitas instrumen dan kelayakan hasil pengujian temperature (suhu) dan humidity (kelembapan) yang dilakukan alat ini.

Cara Kalibrasi Climatic Chamber

Kalibrasi climatic chamber terdiri dari beberapa cara-cara yang dilakukan secara terstruktur dan mengutamakan ketelitian, untuk menghindari kesalahan dalam prosedur kalibrasi. Berikut cara kalibrasi climatic chamber antara lain :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Mempersiapkan alat yang akan dikalibrasi adalah hal utama yang yang wajib dipersiapkan. Siapkan alat dalam kondisi baik dan tidak rusak. Karena pada intinya kalibrasi climatic chamber  dilakukan untuk menguji keakuratan alat. 
  2. Persiapan teknisi kalibrasi
    Persiapkanlah teknisi kalibrasi yang berkompeten dan memiliki pengalaman dibidang kalibrasi. Seorang teknisi harus memenuhi persyaratan pelaksana kalibrasi seperti memiliki latar belakang pendidikan di bidang kalibrasi 
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Kondisi kanlah Lingkungan kalibrasi yang sesuai dengan proses kalibrasi. Cek kondisi tempat kalibrasi climatic chamber sebelum melakukan kalibrasi. Hal ini karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung prosedur kalibrasi dapat menjadi salah satu penyebab kesalahan pengujian.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional atau internasional
    Metode kalibrasi climatic chamber harus mengacu pada metode standar nasional atau internasional yang telah diakui seluruh dunia sebagai standar kalibrasi. Metode yang digunakan dalam kalibrasi climatic chamber adalah TO-TH-2.06, DKD-R 5-7:2004 dengan rentang ukur antara lain : 30% RH ~ 90% RH , 35% RH ~ 90% RH, 20% RH ~ 95% RH
  5. Pelaksanaan kalibrasi Climatic Chamber
    Pelaksanaan kalibrasi  climatic chamber terdiri dari beberapa langkah-langkah yaitu sebagai berikut :
    – Melakukan pengamatan awal pada objek ukur untuk memeriksa fungsi alat tersebut
    – Atur ulanglah instrumen alat yang akan dikalibrasi
    – Lakukan kembali pengamatan pada kewajaran hasil ukur setelah alat diatur ulang
    – Catat dan ambil data hasil pengamatan berdasarkan hasil pengamatan yang didapat.
  6. Pengamatan dan perhitungan kalibrasi
    Setelah diperoleh data pengujian yang telah dilakukan pada cara sebelumnya. selanjutnya lakukanlah pengamatan terhadap data yang didapatkan yang dilanjut dengan melakukan perhitungan. Hitung data hasil kalibrasi climatic chamber dengan teliti agar hasil pengujian didapatkan keakuratan.
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan adalah cara terakhir dalam proses kalibrasi climatic chamber. Pembuatan laporan harus berdasarkan format pelaporan kalibrasi yang mengacu pada pedoman kalibrasi SNI ISO. Jika Laporan kalibrasi telah sesuai akan disahkan oleh penanggung jawab kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Climatic Chamber

Parameter dan hasil kalibrasi climatic chamber dapat dilihat setelah prosedur kalibrasi telah sempurna dilakukan. Apabila hasil pengujian menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik setelah prosedur kalibrasi dilakukan, maka instrumen alat dinyatakan telah mencapai performa terbaiknya. Melalui sertifikat kalibrasi climatic chamber terbukti kelayakannya dan menjamin proses pengujiannya.

Kesimpulan 

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi climatic chamber, sebagai instrumen yang digunakan dalam pengujian kestabilan suhu dan kelembaban, instrumen alat ini perlu dikalibrasi secara berkala untuk menjaga keakuratannya.

Kalibrasilah climatic chamber Anda pada jasa kalibrasi terpercaya. Untuk urusan jasa kalibrasi percayakan pada yang telah terakreditasi hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Climatic Chamber