Dampak Positif Melakukan Kalibrasi Temperature Logger

kalibrasi Temperature logger

Dalam dunia industri, penggunaan temperature logger jelas sangat penting dan dibutuhkan. Sebenarnya apa sih fungsi dari temperature logger sendiri? temperature logger merupakan alat yang digunakan untuk mengukur dan mencatat kondisi suhu. temperature logger sendiri saat ini dipasaran memiliki banyak bentuk, model dan jenis. 

temperature logger yang sering digunakan pastinya juga membutuhkan adanya perawatan. Perawatan yang cocok untuk menjaga fungsi dan juga selalu menghasilkan pembacaan ukur akurat jelas dengan kalibrasi. Kalibrasi ini sendiri selain mampu mengembalikan fungsi awal instrument temperature logger, juga sebagai maintenance untuk tetap melakukan pengukuran suhu dengan hasil yang akurat. Selain itu cukup banyak tujuan dan manfaat yang akan didapat ketika melakukan kalibrasi temperature logger.

Tujuan Kalibrasi Temperature Logger

Kalibrasi saat ini menjadi salah satu perawatan pada instrument alat ukur yang sangat menguntungkan. Tujuan utama dari dilakukannya kalibrasi sendiri terlebih pada temperature logger ialah untuk mengatasi penyimpangan hasil ukur. Dengan adanya kalibrasi ini sendiri mampu memastikan dan menjaga kualitas pengukuran temperature logger tetap akurat dan berfungsi secara baik dan benar. 

Manfaat Kalibrasi Temperature Logger

Selain memiliki tujuan untuk menjaga kualitas pengukuran temperature logger agar selalu akurat, ternyata kalibrasi ini juga memberikan beberapa manfaat. Berikut ini beberapa manfaat yang didapat dari kalibrasi temperature logger :

  • Mampu menjaga kualitas proses dan hasil pengukuran
  • Mampu mengetahui jika terjadi penyimpangan hasil pengukuran
  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Memutuskan kelayakan temperature logger apakah masih dapat digunakan atau sebaiknya dilakukan penggantian

Cara Kalibrasi Temperature Logger

Guna memperoleh hasil kalibrasi temperature logger yang maksimal tentunya juga wajib untuk melakukan kalibrasi dengan baik dan benar. Berikut ini langkah dan cara kalibrasi temperature logger yang baik dan benar :

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Siapkan temperature logger mana yang akan terlebih dahulu dilakukan kalibrasi. Selain itu juga siapkan peralatan untuk melakukan proses kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi terbaik
    Pilih orang yang memang ahli di bidang kalibrasi temperature logger atau bisa juga menggunakan jasa kalibrasi terpercaya seperti kalibrasi.com.
  3. Pengecekan Situasi dan kondisi temperature logger
    Lakukan pengecekan suhu dan juga kelembaban lingkungan yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi temperature logger. 
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Selalu gunakan metode kalibrasi sesuai standar nasional/internasional dengan benar dan tepat yang sesuai dengan temperature logger.
  5. Pelaksanaan kalibrasi  temperature logger
    Lakukan proses kalibrasi ini pada pagi hingga siang hari. Sebelumnya juga catat pengamatan mengenai bentuk dan juga fungsi dari temperature logger. Lakukan setel ulang temperature logger pada titik awal atau titik nol.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Untuk proses perhitungan kalibrasi, anda bisa menghitungnya mulai dari menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  7. Membuat Hasil laporan
    Pembuatan hasil laporan juga harus sesuai format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025 yang nantinya juga wajib disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Temperature Logger

Tentunya ketika sudah dilakukan kalibrasi temperature logger, akan didapat hasil dengan beberapa parameter seperti berikut :

  • Mengetahui besarnya nilai penyimpangan
  • Mengetahui besarnya angka ketidakpastian pengukuran
  • Mengetahui nilai objek yang diukur

Kesimpulan 

Selalu lakukan kalibrasi pada temperature logger ketika anda merasa ragu akan hasil ukur yang dihasilkan. Kalibrasi temperature logger yang tepat bisa dilakukan minimum 1 hingga 2 tahun sekali.

Lakukan kalibrasi untuk tetap menjaga fungsi temperature logger dan hasil ukur yang tetap akurat. Selalu juga gunakan jasa kalibrasi temperature logger terbaik serta terpercaya yang sudah sesuai dengan mutu ISO dan terakreditasi KAN yaitu kalibrasi.com.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Temperature logger