Langkah Melakukan Kalibrasi Sensor PT1000 yang Tepat dan Benar

kalibrasi sensor pt1000

Sensor pt1000 merupakan jenis sensor suhu yang sudah sangat dikenal karena tingkat keakuratannya dalam melakukan pengukuran suhu. Sensor pt1000 ini sendiri banyak digunakan dalam produksi industri modern. Nilai resistansi dari pt1000 sendiri adalah 1000 ohm. Selain itu, pt1000 ini sendiri juga digunakan dalam rentang pengukuran suhu presisi tinggi -200 hingga +650° C.

Sudah tentu fungsi dan kegunaan sensor pt1000 ini sangatlah penting terlebih untuk mengukur suhu. Penggunaan sensor pt1000 tanpa adanya perawatan merupakan pilihan yang tidak tepat. Sensor pt1000 sendiri jelas membutuhkan perawatan terlebih instrument ini sering digunakan. Nah perawatan sensor pt1000 yang tepat ialah dengan dilakukannya kalibrasi. 

Kalibrasi sensor pt1000 ini jelas akan tetap menjaga fungsi dan juga hasil ukur suhu yang selalu akurat. Namun selain hal tersebut, cukup banyak tujuan dilakukannya kalibrasi pada sensor pt1000 dengan berbagai manfaatnya.

Tujuan Kalibrasi Sensor PT1000

Sensor pt1000 yang digunakan terus menerus jelas tidak bisa dipungkiri jika suatu saat akan mengalami penyimpangan hasil ukur, untuk itulah diperlukan adanya kalibrasi. Tujuan utama dilakukan kalibrasi pada sensor pt1000 ialah untuk menentukan nlai deviasi dan juga untuk mencapai segala kndisi layak pakai atau menjamin ketelitian. Dengan dilakukannya kalibrasi sensor pt1000, jelas sensor pt1000 akan tetap berfungsi secara baik dan selalu memberikan hasil pengukuran yang akurat.

Manfaat Kalibrasi Sensor PT1000

Dengan dilakukannya kalibrasi pada sensor pt1000, maka akan ada banyak manfaat yang didapat. Manfaat apa saja sih yang akan didapat ketika melakukan kalibrasi sensor pt1000 secara baik dan benar? Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat pasca melakukan kalibrasi :

  • Menjamin nilai ukur
  • Menjaga fungsi sensor pt1000 dan juga hasil ukur yang tetap akurat
  • Meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja
  • Mengetahui nilai penyimpangan pengukuran
  • Sebagai acuan untuk memutuskan kelayakan sensor pt1000 apakah masih bisa digunakan atau perlu dilakukan penggantian

Cara Kalibrasi Sensor PT1000

Untuk memperoleh hasil kalibrasi yang maksimal, tentunya juga membutuhkan proses dan juga cara kalibrasi sensor pt1000 yang benar pula. Berikut ini beberapa langkah dan cara untuk proses kalibrasi sensor pt1000 yang benar dan sesuai dengan standar :

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Lakukan persiapan sensor pt1000 mana yang akan terlebih dahulu dilakukan kalibrasi. Selain itu anda juga perlu untuk menyiapkan peralatan yang akan digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi terbaik
    Pilih orang yang memang ahli untuk melakukan proses kalibrasi sensor pt1000, atau anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi sensor pt1000 melalui kalibrasi.com.
  3. Pengecekan Situasi dan kondisi sensor pt1000
    Cek kondisi dan juga fungsi dari sensor pt1000 sebelum dilakukan kalibrasi. Suhu dan juga kelembaban ruangan yang nantinya akan digunakan kalibrasi juga perlu untuk diperhatikan. Lakukan kalibrasi sensor pt1000 baiknya pada pagi hingga siang hari.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Pilih metode kalibrasi sensor pt1000 yang sesuai dan tepat serta tentunya yang sudah sesuai dengan standar nasional/internasional.
  5. Pelaksanaan kalibrasi sensor pt1000
    Sebelum pelaksanaan kalibrasi sensor pt1000, pastikan bahwa sensor pt1000 sudah direset atau disetel ulang dengan menyetel dalam keadaan awal/nol.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Melakukan perhitungan kalibrasi dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan persamaan regresi.
  7. Membuat Hasil laporan
    Pembuatan laporan harus sesuai dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025 dan nantinya hasil laporan tersebut harus disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Sensor PT1000

Setelah dilakukan kalibrasi sensor pt1000, tentunya akan didapat hasil dengan beberapa parameter seperti berikut :

  • Mengetahui nilai objek yang diukur
  • Mengetahui besarnya nilai koreksi/penyimpangan
  • Mengetahui angka ketidakpastian pengukuran

Kesimpulan 

Melakukan kalibrasi pada sensor pt1000 memanglah diperlukan dilakukan secara rutin bahkan minimal 1 hingga 2 tahun sekali. Lakukan kalibrasi sensor pt1000 dengan cara yang benar seperti diatas.

Nah bagi anda yang ingin melakukan kalibrasi sensor pt1000, anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com. Kalibrasi.com ini sendiri merupakan penyedia jasa kalibrasi terpercaya yang sudah terakreditasi KAN dan sesuai dengan sistem mutu ISO.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi sensor pt1000