Fungsi serta Manfaat dari Kalibrasi Sensor PT100

kalibrasi sensor pt100

Dalam dunia industri terlebih industri modern seperti saat ini, sensor pt100 ini merupakan instrument alat ukur yang sangat dibutuhkan. Fungsi utama dari sensor pt100 ini sendiri ialah sebagai sensor suhu yang dikenal memiliki tingkat keakuratan tinggi dalam pengukuran suhu. Nilai resistansi dari pt100 ini sendiri adalah 100 ohm pada suhu 0° C.

Fungsi dan juga kegunaannya yang terbilang penting dan dibutuhkan, jelas pt100 ini juga membutuhkan perawatan. Kalibrasi sensor pt100 merupakan pilihan yang tepat. Dengan dilakukan  kalibrasi ini jelas akan mampu menjaga fungsi dari sensor pt100 selalu berjalan baik dan pastinya juga mampu menjaga tingkat akurasi pengukuran suhu.

Proses kalibrasi pada sensor pt100 ini sendiri memiliki tujuan yang menguntungkan pastinya. Bahkan tidak hanya memiliki tujuan yang baik guna menjaga fungsi dari sensor pt100 ini sendiri, cukup banyak manfaat yang akan didapat ketika anda melakukan proses kalibrasi pada sensor pt100.

Tujuan Kalibrasi Sensor PT100

Kalibrasi memang selayaknya dilakukan secara rutin atau ketika anda sudah merasa bahwa sensor pt100 milik anda memberikan hasil pengukuran yang tidak sesuai. Namun tujuan utama dilakukan kalibrasi pada sensor pt100 ialah untuk menjaga dan mengembalikan fungsionalitas seperti awalnya serta untuk mendukung sistem mutu ISO, Mengurangi terjadinya resiko kecelakaan kerja, Menjaga tingkat akurasi hasil ukur. 

Manfaat Kalibrasi Sensor PT100

Melakukan perawatan terhadap sensor pt100 dengan cara kalibrasi memang menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya untuk tujuan menjaga fungsi dan keakuratan hasil ukurnya saja, banyak manfaat yang akan didapat dari kalibrasi sensor pt100. Manfaat yang akan didapat pasca melakukan kalibrasi sensor pt100 diantaranya :

  • Kualitas hasil pengukuran sensor pt100 tetap terjaga
  • Keakuratan hasil ukur sensor pt100 yang tetap terjaga
  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Mengetahui besarnya penyimpangan hasil ukur sensor pt100
  • Meminimalisir resiko kecelakaan kerja
  • Sebagai acuan untuk memutuskan perlu penggantian sensor pt100 atau tidak

Cara Kalibrasi Sensor PT100

Untuk memperoleh hasil kalibrasi sensor pt100 sudah tentu juga dibutuhkan cara kalibrasi yang baik dan benar juga. Berikut ini merupakan langkah dan cara kalibrasi sensor pt100 yang baik dan benar serta sesuai dengan standar :

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Siapkan sensor pt100 mana yang akan dilakukan kalibrasi. Selain itu juga siapkan alat-alat yang akan digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi terbaik
    Pilih atau gunakan orang yang memang ahli di bidang kalibrasi sensor pt100, atau anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi sensor pt100 melalui kalibrasi.com.
  3. Pengecekan Situasi dan kondisi sensor pt100
    Lakukan pengecekan mengenai kondisi sensor pt100 apakah memiliki bentuk dan fungsi yang normal atau sebaliknya.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Pilih dan gunakan metode kalibrasi sensor pt100 terbaru yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional.
  5. Pelaksanaan kalibrasi sensor pt100
    Lakukan kalibrasi sensor pt100 pada pagi hingga sre hari dan lakukan ditepat yang tidak terpengaruh oleh suhu serta kelembaban.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Untuk menghitung hasil kalibrasi sensor pt100, bisa dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, megkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  7. Membuat Hasil laporan
    Pembuatan hasil laporan haruslah sesuai dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025 yang akhir laporannya wajib disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Sensor PT100

Proses kalibrasi sensor pt100 yang dilakukan dengan baik dan benar akan menghasilkan beberapa parameter sebagai berikut :

  • Mengetahui Nilai objek yang diukur
  • Mengetahui besarnya nilai penyimpangan
  • Mengetahui besarnya ketidakpastian pengukuran
  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi dengan seksama

Kesimpulan 

Proses kalibrasi pada sensor pt100 memanglah diperlukan untuk menjaga fungsi dan hasil ukur yang tetap akurat. Selain itu juga selalu lakukan kalibrasi sensor pt100 minimal 1 hingga 2 tahun sekali atau ketika mengalami penyimpangan hasil ukur.

Anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi sensor pt100 yang tentunya sudah terpercaya dan terakreditasi KAN serta menjamin mutu ISO hanya di kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi sensor pt100