Penjelasan Cara Kalibrasi RTD Meter yang tepat dan benar

kalibrasi rtd meter

RTD meter atau resistance temperature detectors merupakan alat yang memiliki banyak fungsi serta dibutuhkan dalam dunia industri. Fungsi utama dari RTD meter ini sendiri ialah untuk mengubah suhu menjadi resistansi/hambatan listrik yang sebanding dengan perubahan suhu. Sudah tentu pekerjaan yang berhubungan dengan suhu serta hambatan listrik akan membutuhkan alat ukur ini.

RTD meter yang digunakan secara terus menerus pastinya akan mengalami kerusakan atau penyimpangan akan hasil ukur. Untuk menghindari hal tersebut memang sebaiknya dilakukan kalibrasi secara rutin. Kalibrasi pada RTD meter ini sendiri memiliki banyak tujuan dan pastinya juga akan memberikan manfaat. Kalibrasi RTD meter juga bisa dikatakan sebagai perawatan RTD meter yang tepat dan benar.

Tujuan Kalibrasi RTD Meter

Melakukan kalibrasi ini sendiri jelas memiliki tujuan utama yang penting dan memang diharuskan. Tujuan dilakukannya kalibrasi pada RTD meter ini sendiri ialah untuk menjaga nilai akurasi dalam pengukuran. Dengan dilakukannya kalibrasi secara tidak langsung juga merawat RTD meter itu sendiri baik dari fungsi, bentuk hingga menjaga nilai pengukurannya. Tidak hanya itu saja, kalibrasi dilakukan juga untuk menghindari malfungsi dari RTD meter itu sendiri.

Manfaat Kalibrasi RTD Meter

Banyak juga manfaat yang didapatkan dari proses kalibrasi Keysight DAQ ialah memastikan keakuratan hasil pengukuran. Hal ini jelas penting karena keakuratan hasil ukur merupakan syarat sistem dalam memenuhi pengendalian mutu, lingkungan dan juga manajemen kesehatan serta keselamatan kerja. Tidak hanya itu juga kalibrasi ini juga memiliki manfaat lain diantaranya :

  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Mampu mengetahui besarnya nilai penyimpangan 
  • Menjadi tolak ukur apakah RTD meter masih layak digunakan atau dibutuhkan penggantian

Cara Kalibrasi RTD Meter

Untuk mendapatkan hasil kalibrasi yang maksimal tentunya dibutuhkan proses dan juga cara kalibrasi RTD meter yang baik dan benar. Berikut ini cara kalibrasi RTD meter yang dianjurkan :

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Siapkan RTD meter mana yang akan dilakukan kalibrasi terlebih dahulu jangan lupa juga siapkan peralatan yang akan digunakan untuk kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi terbaik
    Pilih atau tunjuk orang yang memang ahli di bidang kalibrasi RTD meter atau anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi terpercaya yaitu kalibrasi.com.
  3. Pengecekan Situasi dan kondisi rtd meter
    Lakukan pengecekan kondisi RTD meter baik dari segi bentuk dan juga fungsi. Selain itu juga suhu serta kelembaban ruangan yang akan digunakan untuk proses kalibrasi juga perlu diperhatikan. Sebaiknya lakukan kalibrasi pada pagi hingga siang hari.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Pilih metode kalibrasi RTD meter yang sesuai standar nasional/internasional yang pastinya juga sudah mendukung sistem ISO.
  5. Pelaksanaan kalibrasi rtd meter
    Catat kondisi dan juga fungsi dari RTD meter, selain itu juga selalu pastikan anda melakukan penyetelan ulang pada titik awal/nol.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Proses perhitungan kalibrasi bisa dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan juga menentukan persamaan regresi.
  7. Membuat Hasil laporan
    Pembuatan hasil laporan kalibrasi juga harus sesuai format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025 yang nantinya juga harus disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi itu sendiri.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi RTD Meter

Setelah dilakukannya kalibrasi RTD meter dengan cara diatas, tentunya akan didapat hasil dengan berbagai parameter seperti berikut :

  • Nilai objek yang dilakukan pengukuran
  • Nilai penyimpangan/koreksi
  • Besarnya angka ketidakpastian pengukuran
  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi dengan seksama

Kesimpulan 

Melakukan proses kalibrasi RTD meter dengan cara yang baik dan benar serta sesuai dengan mutu ISO jelas sangat penting. Dengan dilakukannya kalibrasi, fungsi dan kualitas hasil ukur RTD meter tetap akan terjaga dan akurat.

Nah untuk anda yang ingin melakukan kalibrasi RTD meter, anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi di kalibrasi.com yang pastinya sudah terakreditasi KAN dan menerapkan mutu ISO.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi rtd meter