Sudah Tau Tentang Kalibrasi Resistor? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Kalibrasi resistor

Resistor, jelas untuk para teknisi dan juga yang bekerja di bidang kelistrikan sudah tidak asing lagi mendengarnya. Resistor sendiri memiliki peran dan fungsi yang sangat penting di dalam sebuah instrument listrik.

Fungsi utama dari resistor ini sendiri ialah untuk menghambat aliran arus melalui rangkaian untuk mempertahankan tegangan yang tepat atau arus yang melaluinya. Dengan kata lain, peran resistor ini jelas sangat penting. Namun, tahukah ternyata resistor ini juga membutuhkan adanya perawatan seperti kalibrasi?

Iya benar, kalibrasi resistor memang dibutuhkan. Dengan dilakukannya kalibrasi resistor, pastinya resistor akan selalu berfungsi sesuai dengan spesifikasinya. Tidak hanya itu saja, kalibrasi resistor ini mampu menjaga fungsi resistor sebagai pembagi tegangan, fungsi resistir untuk aplikasi power dan fungsi resistor untuk aplikasi DC yang membutuhkan keakuratan tinggi. Selain itu, apakah ada tujuan dilakukan kalibrasi resistor?

Tujuan Kalibrasi Resistor

Tujuan dilakukannya kalibrasi resistor memanglah beragam, akan tetapi tujuan utamanya tetap untuk menjaga dan mengembalikan fungsi awal resistor sesuai dengan spesifikasinya. Resistor inikan berada di dalam komponen kelistrikan, jadi jika komponen tersebut bekerja terus menerus maka resistor juga memiliki peran penting didalamnya. Nah untuk menjaga agar resistor tetap berfungsi sesuai dengan spesifikasinya, dilakukannya perawatan dengan cara pengkalibrasian terhadap resistor itu sendiri.

Manfaat Kalibrasi Resistor?

Banyak juga pertanyaan apa saja sih manfaat yang akan didapat dari pengkalibrasian resistor ini? Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat ketika melakukan kalibrasi pada resistor dengan cara yang baik dan benar :

  • Mengetahui hasil proses pengukuran
  • Mengetahui terjadinya penyimpangan dan hasil pengukuran resistor
  • Memutuskan kelayakan resistor apakah masih dapat digunakan atau perlu dilakukan penggantian

Cara Kalibrasi Resistor

Untuk memperoleh hasil kalibrasi yang maksimal, tentunya diperlukan langkah konkret mengenai cara pengkalibrasian. Berikut ini cara kalibrasi resistor yang baik dan sangat direkomendasikan untuk dilakukan :

  1. Mempersiapkan Peralatan Kalibrasi
    Persiapkan resistor mana yang akan dikalibrasi dan juga peralatan yang nantinya digunakan untuk kalibrasi resistor.
  2. Mempunyai Pelaksana Kalibrasi Berpengalaman
    Memilih atau menunjuk orang yang memang ahli di bidang kalibrasi resistor. Anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi resistor seperti kalibrasi.com.
  3. Mengecek lingkungan pelaksanaan kalibrasi
    Selalu lakukan pengecekan kondisi lingkungan yang nantinya diguanakan untuk kalibrasi baik mengenai suhu dan kelembaban. 
  4. Menyiapkan metode kalibrasi dan rentang ukur Resistor
    Memilih metode kalibrasi dan rentang ukur yang sesuai untuk resistor. Untuk metode kalibrasi dan rentang ukur resistor sebaiknya menggunakan metode kalibrasi IK-KL-LS25 dengan rentang ukur 0.001 Ω ~ 2 Ω, 2.1 Ω ~ 20 Ω, 21 Ω ~ 200 Ω, 201 Ω ~ 2 kΩ, 2.1 kΩ ~ 20 kΩ, 21 kΩ ~ 200 kΩ, 201 kΩ ~ 2 MΩ, 2.1 MΩ ~ 20 MΩ, 21 MΩ ~ 200 MΩ, 201 MΩ ~ 2 GΩ, 2.1 GΩ ~ 20 GΩ.
  5. Menjalankan Proses Kalibrasi Resistor
    Selalu lakukan pengamatan baik mulai dari fungsi dan bentuk awal resistor sebelum dilakukan kalibrasi. Lakukan juga pengamatan akan hasil ukur dari resistor baik sebelum dan sesudah proses kalibrasi berjalan.
  6. Melakukan Perhitungan Hasil
    Untuk melakukan perhitungan hasil kalibrasi bisa dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan menentukan persamaan regresi.
  7. Evaluasi Kalibrasi dan Membuat Laporan
    Proses pembuatan laporan ini sendiri harus sesuai dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Hasil akhir laporan nantinya juga wajib untuk disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Resistor

Sesudah dilakukan kalibrasi pada resistor, tentunya akan didapat hasil dengan beberapa parameternya. Berikut ini hasil dengan beberapa parameter setelah dilakukannya kalibrasi pada resistor :

  • Nilai objek yang diukur
  • Besarnya nilai koreksi
  • Besarnya angka ketidakpastian
  • Faktor kalibrasi dan kurva kalibrasi merupakan sifat metrologi
  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi

Kesimpulan 

Lakukanlah kalibrasi saat merasa mulai ragu akan hasil pembacaan resistor. Kalibrasi memang menjadi salah satu perawatan yang wajib dilakukan 1 hingga 2 tahun sekali.

Kalibrasi dilakukan untuk menjaga fungsi resistor agar tetap sesuai spesifikasinya dan juga hasil ukur yang tetap akurat. Proses kalibrasi resistor juga bisa dilakukan dengan menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com yang sudah sesuai mutu ISO dan terakreditasi KAN.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi resistor