Kenali Tujuan dan Manfaat Kalibrasi Insulation Meter Lengkap dengan Cara Kalibrasinya

kalibrasi insulation meter

Kegiatan industri terlebih dalam bidang kelistrikan sudah tentu akan membutuhkan alat yang dinamakan insulation meter. Insulation meter sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur besarnya nilai tahanan isolasi. Nilai tahanan yang dapat diukur oleh insulation meter ini berupa tegangan menengah hingga tegangan rendah. Insulation meter yang sering digunakan untuk membantu mempermudah pekerjaan, tentunya juga membutuhkan perawatan.

Perawatan yang tepat untuk insulation meter ini ialah dengan kalibrasi. Kalibrasi insulation meter ini sendiri dilakukan agar alat ini tetap memiliki fungsi yang sesuai dengan spesifikasinya. Tidak hanya itu saja, kalibrasi insulation meter ini juga dilakukan untuk tetap menjaga keakuratan hasil pengukuran. Proses kalibrasi sebagai maintenance / perawatan memang dibutuhkan.

Tujuan Kalibrasi Insulation Meter

Selain untuk menjaga fungsi dan keakuratan hasil ukur, tujuan dilakukannya kalibrasi insulation meter lainnya ialah untuk mengetahui besaran nilai simpangan yang terjadi. Tidak bisa dipungkiri, insulation meter yang terus menerus digunakan akan mengalami penyimpangan fungsi dan juga hasil. Untuk menghindari hal yang tentunya merugikan tersebut, maka diperlukan yang namanya kalibrasi insulation meter setiap 1 hingga 2 tahun sekali.

Manfaat Kalibrasi Insulation Meter?

Banyak juga nantinya manfaat yang akan didapat pasca dilakukanya kalibrasi insulation meter ini. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat jika melakukan kalibrasi insulation meter dengan waktu yang tepat serta menggunakan cara yang baik dan benar :

  • Menjaga kualitas proses dan hasil dari pengukuran
  • Mengetahui terjadinya penyimpangan secara detail dan tepat
  • Memberikan jaminan dan konfirmasi terhadap hasil ukur
  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Memutuskan kelayakan insulation meter masih bisa digunakan atau sebaliknya

Cara Kalibrasi Insulation Meter

Untuk memperoleh hasil kalibrasi yang maksimal, tentunya wajib untuk mengikuti cara kalibrasi yang baik dan benar. Berikut ini urutan cara kalibrasi insulation meter yang direkomendasikan :

  1. Menyiapkan Peralatan
    Persiapkan insulation meter mana yang akan dilakukan kalibrasi dan juga siapkan peralatan yang akan digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Menyediakan Operator Kalibrasi
    Memilih atau menunjuk orang yang memang ahli dalam proses kalibrasi kalibrasi insulation meter.
  3. Pemeriksaan kondisi Insulation Meter
    Pastikan memeriksa kondisi awal insulation meter baik dari fungsi dan juga bentuknya sebelum proses kalibrasi berjalan.
  4. Menentukan metode kalibrasi dan rentang ukur Insulation Meter
    Memilih metode yang tepat dan sesuai untuk kalibrasi insulation meter. Metode kalibrasi dan rentang ukur untuk insulation meter bisa menggunakan metode kalibrasi IK.KL-09 dengan rentang ukur 100KΩ ~ 1MΩ, 1MΩ ~ 10MΩ, 10MΩ ~ 100MΩ, 100MΩ ~ 1GΩ, 1GΩ ~ 10GΩ,10GΩ ~ 100GΩ.
  5. Melakukan Kalibrasi Insulation Meter
    Pastikan anda melakukan reset atau mengatur settingan kembali ke awal atau titik nol. Jangan lupa juga untuk mencatat hasil sebelum dilakukan kalibrasi dan sesudah kalibrasi.
  6. Perhitungan Hasil Kalibrasi
    Untuk menghitung hasil kalibrasi bisa dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  7. Laporan Kalibrasi
    Untuk membuat laporan hasil kalibrasi selalu dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Nantinya juga hasil laporan ini wajib disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Insulation Meter

Sesudah melakukan kalibrasi insulation meter dengan baik dan benar, tentunya akan didapat hasil dengan beberapa jenis parameter. Nah hasil dengan beberapa jenis parameter tersebut diantaranya :

  • Nilai objek yang diukur
  • Besarnya nilai penyimpangan atau nilai koreksi
  • Besarnya angka ketidakpastian pengukuran
  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi
  • Faktor kalibrasi dan kurva kalibrasi sebagai sifat metrologi

Kesimpulan

Melakukan kalibrasi pada insulation meter jelas penting untuk dilakukan terlebih setiap 1 hingga 2 tahun sekali. Dengan dilakukannya kalibrasi ini, pastinya akan tetap menjaga fungsi insulation meter sesuai spesifikasinya dan juga hasil ukur yang tetap akurat. Bagi anda yang ingin melakukan kalibrasi insulation tester, bisa menggunakan jasa kalibrasi di kalibrasi.com yang sudah sesuai dengan mutu ISO dan terakreditasi KAN.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi insulation meter