Apa Saja Persiapan untuk Melakukan Kalibrasi Kapasitor? Simak Disini

kalibrasi kapasitor

Dalam bidang industri dan juga elektronika, kapasitor merupakan komponen listrik yang sangat dibutuhkan dan tentunya juga memiliki fungsi serta peranan penting. Lantas apa sih sebenarnya fungsi dan kegunaan dari kapasitor ini sendiri? Kapasitor sendiri merupakan komponen listrik yang digunakan untuk menyimpan muatan listrik. Dengan adanya komponen kapasitor ini, muatan listrik dapat tersimpan dengan baik dan aman pastinya.

Perlu untuk diketahui juga, ternyata kapasitor ini juga membutuhkan adanya kalibrasi. Kalibrasi sendiri bagi kita yang bergelut di bidang industri sudah tidak asing. Kapasitor yang digunakan dalam komponen listrik pastinya akan bekerja secara keras jika instrument tersebut juga seringkali digunakan, nah untuk itulah diperlukan kalibrasi. Proses kalibrasi kapasitor ini sendiri memiliki beberapa tujuan diantaranya untuk menjaga fungsi dari kapasitor itu sendiri tetap sama dengan spesifikasinya. 

Tujuan Kalibrasi Kapasitor

Kalibrasi pada kapasitor ini tentunya terdengar asing bagi yang awam. Namun ternyata proses kalibrasi kapasitor ini merupakan salah satu faktor penting dalam merawat instrument kelistrikan yang memang didalamnya terdapat kapasitor. Tujuan dilakukannya kalibrasi pada kapasitor ialah untuk tetap menjaga fungsi dari kapasitor itu sendiri tetap sama dengan spesifikasinya dan untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan fungsi.

Manfaat Kalibrasi Kapasitor?

Kegiatan kalibrasi pada kapasitor ini sudah tentu sangat dibutuhkan dan diperlukan. Terlebih lagi pada kapasitor yang memang terdapat di dalam instrument listrik yang digunakan secara terus menerus. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapat ketika melakukan kalibrasi pada kapasitor :

  • Mampu menjaga kualitas proses dan hasil pengukuran
  • Mampu mengetahui terjadinya penyimpangan dan kualitas hasil pengukuran
  • Mampu memberikan jaminan dan konfirmasi terhadap hasil pengukuran
  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Memutuskan kelayakan kapasitor apakah masih bisa digunakan atau sebaliknya

Cara Kalibrasi Kapasitor

Agar memperoleh hasil kalibrasi yang maksimal, tentunya diperlukan cara dan proses kalibrasi yang baik dan benar. Berikut ini cara kalibrasi kapasitor yang baik dan benar serta sesuai anjuran :

  1. Melakukan Persiapan
    Mempersiapkan kapasitor mana yang akan dilakukan kalibrasi terlebih dahulu dan juga peralatan yang digunakan untuk proses kalibrasi itu sendiri.
  2. Siapkan penguji kalibrasi
    Pilih orang atau jasa yang memang terpecaya dalam melakukan kalibrasi kapasitor.
  3. Memeriksa Kondisi Lingkungan Untuk Kalibrasi
    Lakukan pemeriksaan kondisi lingkungan yang meliputi suhu dan juga kelembaban. Selain itu juga untuk selalu melakukan kalibrasi pada pagi, siang maupun sore hari di dalam ruangan yang terjaga suhu serta kelembabannya.
  4. Menyiapkan metode kalibrasi dan rentang ukur
    Memilih metode kalibrasi kapasitor yang tepat jelas penting untuk dilakukan. Untuk kapasitor anda bisa menggunakan metode kalibrasi IK-KL-LS27 dengan rentang ukur 0.01pF ~ 10pF, 11pF ~ 100pF, 0.1nF ~ 1 nF, 1.1nF ~ 10nF.
  5. Melakukan Proses Kalibrasi
    Selalu lakukan pencatatan dengan melakukan pengamatan mengenai fungsi dan juga bentuk dari kapasitor sebelum dilakukan kalibrasi. Catat dan ambil data dari hasil kalibrasi kapasitor.
  6. Menghitung Hasil Kalibrasi
    Untuk menghitung hasil kalibrasi bisa dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  7. Evaluasi dan Pembuatan Laporan
    Proses pembuatan laporan jelas penting untuk sesuai dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Selain itu juga hasil laporan juga wajib untuk disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Kapasitor

Setelah dilakukannya kalibrasi pada kapasitor jelas akan memberikan beberapa hasil dengan beberapa parameter sebagai berikut :

  • Nilai objek yang diukur
  • Besarnya nilai penyimpangan
  • Besarnya angka ketidakpastian pengukuran
  • Faktor kalibrasi dan kurva kalibrasi merupakan sifat metrologi
  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi

Kesimpulan 

Proses kalibrasi pada kapasitor sangatlah penting untuk dilakukan minimal 1 sampai 2 tahun sekali. Kalibrasi ini sendiri dilakukan untuk tetap menjaga fungsi dan juga hasil ukur yang tetap akurat.

Selalu pilih orang yang memang ahli di bidang kalibrasi kapasitor. Selain itu juga gunakan metode kalibrasi yang sesuai dengan kapasitor. Untuk anda yang ingin melakukan kalibrasi kapasitor, anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi dari kalibrasi.com.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi kapasitor