Inilah Alasan Kenapa Harus Melakukan Kalibrasi Harmonisa Meter

kalibrasi harmonisa meter

Bidang industri di zaman modern seperti saat ini tentunya banyak memanfaatkan instrument-instrument alat ukur untuk membantu dan mendukung berbagai jenis pekerjaan. Salah satu instrument yang banyak digunakan dalam industri modern seperti saat ini ialah harmonisa meter. Harmonisa meter sendiri merupakan alat yang digunakan untuk mengukur nilai tegangan dan arus yang ada pada suatu rangkaian.

Dengan adanya harmonisa meter ini, mengukur besarnya nilai daya distorsi dan THD pada suatu rangkaian dapat dilakukan dengan cepat, mudah dan tentunya tepat. Akan tetapi perlu diketahui juga, harmonisa meter ini juga membutuhkan kalibrasi jika digunakan terus menerus. Kalibrasi pada harmonisa meter ini sendiri memiliki fungsi untuk mengembalikan fungsi utama harmisa meter dan menjaga kualitas hasil pengukurannya.. 

Tujuan Kalibrasi Harmonisa Meter

Kalibrasi memang merupakan cara yang tepat untuk perawatan harmonisa meter saat ini. Tujuan dilakukannya kalibrasi pada harmonisa meter yang terus menerus digunakan ialah untuk menjaga fungsinya tetap seperti spesifikasi dan juga menjaga tingkat akurasi dalam hasil ukur. Selain kedua tujuan tersebut, nantinya juga akan banyak manfaat yang didapat setelah melakukan kalibrasi, terlebih kalibrasi tersebut dilakukan dengan cara yang baik dan benar.

Manfaat Kalibrasi Harmonisa Meter?

Proses kalibrasi pada harmonisa meter memanglah diperlukan dan penting dilakukan. Akan ada cukup banyak manfaat yang didapatkan dari proses kalibrasi ini. Berikut ini beberapa contoh manfaat yang didapat ketika melakukan kalibrasi terhadap instrument harmonisa meter secara baik dan benar :

  • Menjaga kualitas proses dan hasil pengukuran
  • Mengetahui terjadinya penyimpangan
  • Mengetahui kualitas hasil pengukuran
  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Memutuskan kelayakan harmonisa meter yang dikalibrasi apakah masih dapat digunakan atau sebaliknya

Cara Kalibrasi Harmonisa Meter

Agar memperoleh hasil kalibrasi yang maksimal jelas penting untuk melakukan cara kalibrasi yang baik dan benar juga. Berikut ini cara dan langkah kalibrasi harmonisa meter yang baik dan benar :

  1. Persiapan Kalibrasi
    Persiapkan harmonisa meter terlebih dahulu mana yang akan dilakukan kalibrasi. Selain itu juga anda perlu untuk menyiapkan peralatan yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Mempersiapkan Pelaksana Kalibrasi
    Memilih atau menunjuk orang yang memang ahli di bidang kalibrasi harmonisa meter. Selain itu anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi terpercaya seperti kalibrasi.com.
  3. Cek kondisi lingkungan sekitar untuk kalibrasi
    Selalu lakukan pengecekan kondisi lingkungan yang berkaitan dengan suhu serta kelembaban. Lakukan kalibrasi sebaiknya pada pagi, siang maupun sore hari di dalam ruangan dengan suhu serta kelembaban normal.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Harmonisa Meter
    Pemilihan metode kalibrasi ini merupakan aktor penting yang tidak bisa sembarangan. Untuk metode dan rentang ukur harmonisa meter, anda bisa menggunakan metode yang sesuai dengan standar nasional maupun internasional.
  5. Melaksanakan Kalibrasi Harmonisa Meter
    Selalu lakukan pengamatan terlebih dahulu mulai dari fungsi dan juga bentuknya masih normal atau sebaliknya. Lakukan juga pencatatan data yang diambil dari hasil kalibrasi harmonisa meter.
  6. Perhitungan Kalibrasi
    Untuk proses perhitungan kalibrasi harmonisa meter ini bisa dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  7. Membuat Laporan Kalibrasi
    Membuat laporan kalibrasi ini sendiri bisa dilakukan sesuai dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025. Hasil akhir laporan kalibrasi juga wajib untuk disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Harmonisa Meter

Sudah tentu setelah dilakukan kalibrasi pada harmonisa meter, akan mendapatkan hasil dengan berbagai parameternya. Berikut ini hasil dengan berbagai parameter kalibrasi harmonisa meter :

  • Nilai objek yang diukur
  • Besarnya nilai penyimpangan 
  • Besarnya angka ketidakpastian pengukuran
  • Faktor kalibrasi dan kurva kalibrasi merupakan sifat metrologi
  • Tingkat kepercayaan yang dievaluasi

Kesimpulan 

Dilakukannya proses kalibrasi pada harmonisa meter memang merupakan pilihan yang tepat. Kalibrasi harmonisa meter sendiri bisa dilakukan minimal 1 hingga 2 tahun sekali.

Selalu tunjuk orang atau jasa yang memang ahli di bidang kalibrasi harmonisa meter. Selalu gunakan metode kalibrasi yang sesuai agar hasil kalibrasi maksimal.

Untuk anda yang memang ingin melakukan kalibrasi pada harmonisa meter, anda bisa menggunakan jasa kalibrasi.com yang tentunya sudah menerapkan mutu ISO dan terakreditasi KAN.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi harmonisa meter