Kalibrasi Manometer : Tujuan dan Cara Melakukannya

kalibrasi manometer

Pernahkah Anda mendengar tentang manometer? Manometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur dan menunjukkan tekanan. Ada dua jenis manometer, analog dan digital.

Bentuk analog yang paling dasar dan paling sederhana adalah manometer U-Tube, tabung kaca atau karet yang ditekuk dalam bentuk “U” di mana nomor dicantumkan dan diberi jarak setiap inci di setiap sisi, dan air ditempatkan di antara tikungan dari “U”.

Manometer mungkin perlu mengukur berbagai jenis tekanan secara konsisten. Dari absolut ke diferensial hingga pengukur, penting agar peralatan

Anda dapat memberikan pembacaan yang akurat tentang tingkat tekanan yang mungkin dihadapi proses Anda. Bagaimana cara melakukan kalibrasi untuk alat pengukur tekanan in?

Tujuan Kalibrasi Manometer

Sebagai alat ukur, tentu saja manometer seringkali untuk mengalami pengukuran yang tidak presisi. Jika digunakan dengan waktu yang lama, manometer yang mengukur terus tekanan akan mengalami presisi yang kurang. Ini sangat umum terjadi dan mungkin saja memang tidak terlalu terlihat.

Maka dari itu, Anda mungkin akan berpikir untuk bisa membaca tekanan dengan presisi, maka tujuan dari kalibrasi manometer adalah untuk keamanan dalam pekerjaan dan juga untuk mendapatkan pengukuran tekanan yang sangat presisi.

Mau itu model tradisional atau digital yang Anda gunakan, kalibrasi atau verifikasi penting untuk memastikan pembacaan yang akurat.

Manfaat Kalibrasi Manometer

Sebagai peralatan yang biasanya digunakan untuk mengukur tekanan, tentu saja ini adalah salah satu hal yang sangat vital di dalam perindustrian. Manfaat dari melakukan kalibrasi manometer tentu saja adalah demi keamanan dalam keselamatan kerja. 

Meskipun penting bagi perusahaan kalibrasi untuk dapat melakukan prosedur kalibrasi manometer, ada komponen lain untuk melakukan layanan kalibrasi yang dibutuhkan banyak perusahaan.

Layanan seperti memberikan sertifikat kalibrasi. Atau menawarkan sistem untuk secara teratur menemukan dan mengambil sertifikat tersebut. Atau bahkan menyediakan sistem untuk memantau status kalibrasi sehingga Anda siap ketika saatnya tiba untuk mengkalibrasi ulang. Dan berikan semua itu sambil memberikan perputaran cepat untuk membuat operasi Anda kembali aktif dan berjalan.

Cara Kalibrasi Manometer

Untuk mendapatkan sertifikat kalibrasi, Anda harus melakukan kalibrasi manometer terlebih dahulu. Biasanya hal ini akan dilakukan oleh laboratorium kalibrasi yang sudah bersertifikasi dan terakreditasi.

Sebagai pembelajaran, berikut ini adalah cara kalibrasi manometer yang perlu Anda ketahui:

  1. Melakukan persiapan kalibrasi
    Langkah pertama sebelum melakukan kalibrasi adalah dengan mempersiapkan alat ukur atau instrumen apa yang ingin dikalibrasikan.
  2. Pelaksana kalibrasi
    Pelaksana kalibrasi harus ada. Pelaksana kalibrasi ini adalah orang yang sudah bersertifikat.
  3. Pemeriksaan kondisi lingkungan untuk kalibrasi
    Langkah selanjutnya adalah tugas pelaksana kalibrasi. Pelaksana kalibrasi harus memeriksa kondisi lingkungan dalam melakukan kalibrasi agar mengetahui keakuratan kalibrasinya.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Manometer
    Semua kalibrasi memiliki metode. Dalam manometer yang digunakan adalah metode EURAMET/cg.17/V.4.0(2019), 1 mmHg = 133.322 Pa. Sedangkan untuk rentang ukurnya adalah:
    0mmH2O ~ 1000mmH2O
    0mmHg ~ 700mmHg 
  5. Melaksanakan proses kalibrasi Manometer
    Jika sudah menentukan metodenya dan menentukan rentang ukurnya, sekarang adalah saatnya untuk melaksanakan proses kalibrasi manometer.
  6. Melaksanakan perhitungan hasil kalibrasi
    Dalam pelaksanaan ini, maka pelaksana kalibrasi harus menghitung apakah manometer memiliki deviasi atau tidak.
  7. Membuat laporan evaluasi
    Jika sudah dihitung, selanjutnya adalah membuat laporan evaluasi. Laporan ini nantinya adalah yang disebut dengan sertifikat kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Manometer

Keberhasilan dari kalibrasi manometer adalah dari presisinya. Dalam manometer yang digunakan untuk mengukur tekanan, jika jarum bisa untuk selalu menunjukkan angka yang sama dengan besaran tekanan dari kalibrator, maka inilah yang membuat proses kalibrasi alat pressure gauge sudah selesai dilakukan. 

Hasil tersebut sudah dipastikan benar. Perhatikan juga adanya faktor lain yang terjadi saat melakukan kalibrasi seperti suhu dan juga kelembaban ruangan saat melakukan kalibrasi.

Kesimpulan

Kalibrasi manometer adalah kegiatan yang sangat rumit. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh laboratorium kalibrasi yang paham sekali tentang metode yang digunakan untuk kalibrasi manometer. Klik tombol di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut terkait dengan jasa kalibrasi manometer.

Jasa kalibrasi manometer