Bagaimana Cara Melakukan Kalibrasi Pressure Recorder?

kalibrasi pressure recorder

Pressure recorder, mungkin sebagian besar dari Anda memang masih bingung dengan apa sebenarnya alat ukur ini. Wajar saja, karena jika dijelaskan mungkin akan sangat bingung.

Pressure recorder merupakan perangkat elektromekanis yang merekam arus input listrik atau mekanis ke selembar kertas. Pressure recorder dapat merekam beberapa input menggunakan pena warna yang berbeda dan dapat merekam ke bagan strip atau bagan melingkar.

Sebagai alat ukur yang merekam dan merecord arus input listrik, terkadang alat ini mengalami yang namanya deviasi. Wajar saja karena alat ukur ini digunakan dengan cara lingkungan yang sangat ekstrim dan juga di berbagai daerah industri.

Apakah Anda ingin mendapatkan deviasi? Tentu saja yang harus Anda lakukan adalah dengan melakukan kalibrasi!

Tujuan Kalibrasi Pressure Recorder

Kalibrasi pressure recorder adalah bagian penting dari setiap proses manufaktur. Peralatan ini mempertahankan suhu, kelembapan, tekanan, dan aliran produk. Sementara pressure recorder telah maju selama bertahun-tahun, ada tiga kategori rekaman grafik utama – elektronik, mekanik, dan elektromekanik.

Setiap kalibrasi yang dilakukan untuk pressure recorder, adalah demi keselamatan kerja. Dengan adanya ini juga Anda bisa mendapatkan pengukuran tentang suhu, kelembapan, tekanan, dan juga aliran produk yang tepat dan juga presisi.

Manfaat Kalibrasi Pressure Recorder

Apa pun kategori yang berlaku untuk perekam bagan perusahaan Anda, mungkin perlu dikalibrasi ulang untuk memastikan akurasi dan menjaga konsistensi proses produksi Anda.

Manfaat yang didapatkan tentu saja sangat banyak. Selain tentang keamanan kerja, juga tentang keuntungan dalam perindustrian yang Anda kelola.

Ingat, kalibrasi pressure recorder jangan sampai Anda lakukan sendiri. Anda perlu menggunakan jasa kalibrasi pressure recorder yaitu di dalam laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional.

Cara Kalibrasi Pressure Recorder

Untuk bisa mendapatkan hasil dari kalibrasi pressure recorder, tentu saja Anda bisa mempercayakannya pada laboratorium kalibrasi. Akan tetapi sebagai wawasan saja, ini adalah beberapa lembar kerja untuk melakukan kalibrasi pressure recorder:

  1. Persiapan kalibrasi
    Langkah pertama adalah dengan melakukan persiapan. Persiapan ini adalah untuk Anda bisa mempersiapkan alat apa yang ingin Anda kalibrasikan. Untuk kasus ini, Anda harus mempersiapkan pressure recorder Anda terlebih dahulu.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Pelaksana kalibrasi juga harus mempersiapkan diri. Persiapan ini terkait dengan membawa banyak alat kalibrasi pressure recorder yang memang tepat.
  3. Memeriksa kondisi lingkungan untuk kalibrasi
    Pelaksanaan kalibrasi harus dilakukan jika Anda sudah melihat dan mengetahui lingkungan dari dilakukannya kalibrasi. Suhu dan juga kelembapan merupakan salah satu kondisi yang harus diperhitungkan. 
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Pressure Recorder
    Selanjutnya adalah dengan menentukan metode kalibrasi apa yang cocok untuk pressure recorder. Tentukan juga rentang ukur yang pasa yang memang sesuai dengan standar yang berlaku untuk pengukuran dari pressure recorder untuk bisa mendapatkan pengukuran yang pas dan juga bisa dinyatakan sebagai perhitungan yang presisi.
  5. Melaksanakan proses kalibrasi Pressure Recorder
    Setelahnya, metode tersebut dan juga rentang ukurnya adalah dasar dari dilakukannya kalibrasi. Kalibrasi pressure recorder jika sudah selesai maka akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya.
  6. Melakukan perhitungan hasil kalibrasi
    Selanjutnya adalah dengan melakukan perhitungan dari hasil kalibrasi. Hasil kalibrasi yang tepat akan membuat perhitungan selanjutnya menjadi lebih lancar.
  7. Laporan evaluasi
    Selanjutnya adalah dengan melakukan laporan evaluasi. Laporan ini mengandung berbagai macam pengukuran dan juga hasil yang dituangkan dalam sebuah sertifikat kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Pressure Recorder

Parameter dari ditetapkannya pressure recorder sudah benar adalah saat dilakukannya record input arus listrik bisa sesuai dengan tegangan yang masuk dan juga terekam. Dengan parameter tersebut maka hasil kalibrasinya adalah pressure recorder yang sudah bersertifikasi dari laboratorium kalibrasi.

Kesimpulan

Melakukan kalibrasi untuk pressure recorder memang tidak mudah. Anda harus melakukannya dengan mencari bantuan laboratorium kalibrasi yang memang bisa untuk diandalkan dalam jasa kalibrasi pressure recorder. Anda bisa mempelajarinya lebih lanjut dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi pressure recorder