Kalibrasi Keysight DAQ : Tujuan, Manfaat, dan Cara Kalibrasinya

kalibrasi Keysight DAQ

Keysight DAQ merupakan alat yang memiliki fungsi penting dalam berbagai bidang kegiatan industri. Fungsi utama dari alat ini sendiri ialah untuk mengambil, mengumpulkan dan menyiapkan data hingga memprosesnya untuk menghasilkan data yang dikehendaki. Pastinya dengan adanya keysight DAQ banyak kegiatan atau aktivitas yang terbantu.

Namun tahukah kalian untuk tetap selalu menjaga kualitas hasil pembacaan Keysight DAQ tetap akurat dan menjaga fungsionalitasnya diperlukan adanya kalibrasi. Kalibrasi ini sendiri memang menjadi salah perawatan yang tepat dipilih untuk Keysight DAQ. Tidak hanya itu saja, cukup banyak tujuan dilakukannya kalibrasi pada Keysight DAQ dan juga beragam manfaat yang akan didapat pasca dilakukannya proses kalibrasi itu sendiri.

Tujuan Kalibrasi Keysight DAQ

Keysight DAQ yang selalu digunakan pastinya akan mengalami pergeseran fungsi atau penyimpangan akan hasil baca ukur. Disinilah diperlukan adanya kalibrasi sebagai cara awal yang ampuh untuk tetap menjaga fungsi dan juga menjaga keakuratan hasil ukur. Selain itu juga untuk mengetahui hasil pengukuran yang dilakukan Keysight DAQ apakah masih sesuai dengan standar nasional maupun internasional.

Manfaat Kalibrasi Keysight DAQ

Tidak hanya untuk menjaga fungsionalitasnya dan hasil pengukuran yang tetap selalu akurat saja, dilakukannya kalibrasi pada Keysight DAQ juga memberikan cukup banyak manfaat, diantaranya :

  • Mampu menjaga fungsi dan performa Keysight DAQ
  • Mampu menjaga kondisi Keysight DAQ tetap sesuai dengan spesifikasinya
  • Mampu menjaga hasil nilai ukur yang tetap akurat
  • Mampu meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja

Cara Kalibrasi Keysight DAQ

Untuk melakukan kalibrasi Keysight DAQ tentunya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Hal ini jelas memiliki tujuan untuk hasil kalibrasi yang maksimal. Berikut ini tahapan dan juga cara kalibrasi Keysight DAQ yang baik dan benar serta pastinya sesuai anjuran :

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Persiapkan Keysight DAQ yang sudah dibersihkan untuk dilakukan proses kalibrasi. Siapkan juga alat yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi terbaik
    Tunjuk atau pilih orang yang memang ahli di bidang kalibrasi Keysight DAQ. Atau anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi Keysight DAQ dari kalibrasi.com yang sudah sangat terpercaya.
  3. Pengecekan Situasi dan kondisi Keysight DAQ
    Lakukan pengecekan kondisi Keysight DAQ baik dari bentuk hingga suhu serta kelembaban ruangan yang nantinya digunakan untuk proses kalibrasi.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Tentukan serta pilih dan penggunaan metode kalibrasi Keysight DAQ yang sesuai standar nasional/internasional dengan benar.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Keysight DAQ
    Lakukan pencatatan data dari pengamatan baik dari fungsi maupun bentuk Keysight DAQ. Selalu setel ulang Keysight DAQ pada titik awal atau titik nol.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Untuk melakukan perhitungan kalibrasi, anda bisa melakukannya dengan menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan hingga menentukan persamaan regresi.
  7. Membuat Hasil laporan
    Hasil laporan dari kalibrasi bisa dicantumkan dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025 dan nantinya juga harus disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Keysight DAQ

Dengan melakukan kalibrasi Keysight DAQ, tentunya anda sudah menjaga kualitas hasil ukur yang tetap akurat dan juga fungsi dari Keysight DAQ itu sendiri. Pastinya setelah dilakukan kalibrasi, didapat hasil dengan beberapa parameter seperti berikut :

  • Mengetahui nilai objek yang diukur
  • Mengetahui nilai korelasi/penyimpangan
  • Mengetahui nilai besarnya angka ketidakpastian pengukuran

Kesimpulan 

Melakukan kalibrasi pada Keysight DAQ secara rutin dengan baik dan benar jelas merupakan pilihan yang tepat untuk menjaga fungsi dan juga keakuratan dari pengukuran. Selalu lakukan kalibrasi Keysight DAQ dengan baik dan benar untuk hasil maksimal. Anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi Keysight DAQ dari kalibrasi.com yang tentunya sudah menerapkan mutu ISO dan terakreditasi KAN.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Keysight DAQ