Beginilah Cara Kalibrasi Inkubator Bayi yang Tepat

kalibrasi inkubator bayi

Inkubator bayi adalah alat yang digunakan untuk merawat bayi dengan kondisi kesehatan tertentu. Alat ini biasanya digunakan untuk merawat bayi yang masih sakit ataupun bayi yang lahir secara prematur. Inkubator ini akan melindungi bayi dengan cara menjaga suhu dan membantu mengoptimalkan pertumbuhan si bayi. 

Maka dengan fungsinya yang penting ini adalah untuk menjaga kesehatan bayi maka penting melakukan kalibrasi untuk menjaga suhu inkubator tersebut. Adapun cara untuk Kalibrasi inkubator bayi yang tepat dengan prosedur yang sesuai dengan standar.

Tujuan Kalibrasi Inkubator Bayi

Dalam melakukan Kalibrasi inkubator bayi tentu memiliki tujuan untuk :

  • Memastikan inkubator bayi memiliki nilai ketertelusuran dalam hal ini suhu yang sesuai dengan standar primer internasional.
  • Menentukan nilai penyimpangan pada alat inkubator.
  • Untuk memastikan menghasilkan pengukuran yang sesuai yang mana standar internasional.

Manfaat Kalibrasi Inkubator Bayi

Kalibrasi inkubator bayi akan memberikan manfaat seperti:

  • Menjaga kondisi inkubator untuk terus dapat menghasilkan suhu yang sesuai dengan spesifikasinya.
  • Dapat mendukung sistem kualitas yang diterapkan pada departemen medis atau kesehatan yang menggunakan inkubator yang berkualitas.

Cara Kalibrasi Inkubator Bayi

Untuk melakukan Kalibrasi inkubator bayi dengan hasil yang maksimal, Maka harus melakukan beberapa tahapan penting kalibrasi yang terdiri dari:

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Proses awal dari kalibrasi ini Adalah mempersiapkan alat kalibrasi yakni inkubator yang dikalibrasi. Kemudian persiapkan juga peralatan yang akan digunakan untuk kalibrasi.
  2. Persiapan operator pelaksana kalibrasi
    Melakukan kalibrasi setidaknya didampingi oleh orang yang ahli dibidangnya terutama di bidang kalibrasi alat inkubator. Hal ini dikarenakan agar dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pengukuran.
  3. Pengecekan kondisi inkubator bayi
    Mengecek kondisi lingkungan yang bisa mempengaruhi kalibrasi adalah hal yang cukup penting karena beberapa hal yang bisa mempengaruhi hasil kalibrasi adalah suhu, kelembaban terutama bagi inkubator yang sensitif terhadap suhu untuks mencapai suhu yang diinginkan.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Metode Kalibrasi yang digunakan untuk mengkalibrasi inkubator sesuai dengan standar internasional yakni: TO-TH-2.01, TLAS G-20-1/02-08, AS 2853-1986
    Rentang Ukur: 30°C ~ 230°C, ambient ~ 100°C, 100°C ~ 250°C, 0°C ~ 70°C, 100°C ~ 240°C
  5. Pelaksanaan kalibrasi inkubator bayi
    Pelaksanaan kalibrasi inkubator bayi ini bisa dilakukan dengan pengamatan awal pada bentuk fisik serta fungsi dari inkubator bayi yang masih normal atau tidak, jika masih normal maka bisa melakukan pengukuran sesuai dengan kapasitasnya. Apabila hasil pengukuran masih menunjukan angka yang  wajar maka akan diambil datanya dan dicatat untuk proses selanjutnya
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Setelah melakukan pelaksanaan kalibrasi dilakukan perhitungan kalibrasi ini bisa dilakukan untuk menilai kalibrasi seperti nilai penyimpangan, nilai ketidakpastian, nilai maksimum-minimum, konversi satuan dan lainnya.
  7. Pembuatan laporan
    Proses kalibrasi yang terakhir adalah memiliki laporan yang mana pelaporan ini berisikan tentang informasi tentang hasil kalibrasi yang menentukan kelayakan inkubator nantinya. Laporan ini juga diisi sesuai dengan pedoman ISO yang berlaku.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Inkubator Bayi

Parameter dan hasil kalibrasi pada inkubator bayi ini akan menghasilkan sebuah sertifikat yang menunjukan bahwa alat yang layak pakai yang sesuai dengan standar internasional. Adapun alat inkubator bayi ini mencapai nilai ketidakpastian yang sesuai standar ISO.

Kesimpulan

Kalibrasi inkubator bayi membutuhkan standar prosedur yang harus dilakukan sesuai pedoman standar dan teliti jika tidak maka akan menghasilkan kalibrasi yang salah dan terjadi kesalahan dalam pengukurannya.

Maka dari itu serahkan saja kalibrasi ke laboratorium yang terakreditasi seperti Kalibrasi.com yang menyediakan jasa kalibrasi inkubator bayi yang terpercaya.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi inkubator bayi