Tujuan serta Manfaat Kalibrasi Thermometer Radiasi dan Cara Kalibrasinya

kalibrasi thermometer radiasi

Thermometer inframerah adalah bagian dari perangkat yang dikenal sebagai “thermometer radiasi termal”. Termometer inframerah, juga dikenal sebagai pirometer atau radiasi thermometers, adalah thermometer non kontak, yang mengukur suhu tubuh berdasarkan radiasi termal yang dipancarkan 

Thermometer radiasi juga bagus untuk memeriksa suhu permukaan, bagaimanapun, mereka tidak mengukur suhu internal suatu objek. Thermometer radiasi ini penghitungannya sangat cepat, biasanya memberikan pembacaan dalam sepersekian detik, atau waktu yang dibutuhkan prosesor thermometer untuk melakukan perhitungannya.

Walaupun seperti itu, bisa jadai ada sebuah kejadian dimana thermometer memiliki sebuah kejadian dimana thermometer akan mengalami sebuah kendala. Salah satu kendala misalkan pemrosesan hasil yang lama. Dan apakah Anda percaya dengan hasil tersebut? Maka dari itu ada yang namanya kalibrasi.

Tujuan Kalibrasi Thermometer Radiasi

Tujuan dari adanya kalibrasi adalah untuk membuat Anda menjadi yakin untuk mendapatkan hasil perhitungan yang tepat. Seperti keadaan di atas, Anda mungkin akan merasa jika hasil dari penghitungan kalibrasi thermometer radiasi ini mengalami kesalahan. Demi mendapatkan kepastian, dilakukanlah kalibrasi.

Mungkin memang cara yang sangat tepat untuk mendapatkan hasil adalah dengan mempercayakan kepada laboratorium kalibrasi yang bisa mengatasi masalah thermometer radiasi.

Manfaat Kalibrasi Thermometer Radiasi

Thermometer radiasi mampu untuk mengukur suhu dari jarak jauh. Jarak ini dapat berkisar antara mil atau sepersekian inci. Thermometer radiasi ini sering digunakan dalam keadaan di mana jenis thermometer lain tidak praktis. Dengan adanya kepentingan ini dan biasanya diperuntukkan untuk kebutuhan industri. Thermometer radiasi memiliki peranan yang sangat penting.

Manfaat dari kalibrasi adalah untuk mengindari adanya kecelakaan kerja dan juga kerugian indusri yang dihasilkan hanya karena kesalahan hasil perhitungan termperatur oleh thermometer radiasi.

Cara Kalibrasi Thermometer Radiasi

Bagaiamana bisa Anda melakukan kalibrasi untuk thermometer radiasi? Sebenarnya hal ini memang sangat rumit sehingga harus laboratorium kalibrasi yang melakukannya. Untuk cara kalibrasi thermometer radiasi yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut langkah-langkahnya:

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Caranya yang paling awal adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang akan digunakan untuk kalibrasi thermometer radiasi.
  2. Persiapan operator pelaksana kalibrasi terbaik
    Selanjutnya, adalah dengan melakukan persiapan operator. Operator harus memiliki sertifikat untuk bisa melakukan kalibrasi thermometer radiasi.
  3. Pengecekan Situasi dan kondisi thermometer radiasi
    Selanjutnya adalah validasi dengan mengecek kondisi dari thermometer radiasi dan juga mengecek situasi yang digunakan untuk melakukan kalibrasi.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Untuk metode kalibrasi yang digunakan adalah TO-TH-1.03, ASTM E1256-17. Ini sangat penting karena metode itu adalah yang berstandar internasional.
  5. Pelaksanaan kalibrasi thermometer radiasi
    Selanjutnya tentu saja adalah dengan melakukan kalibrasi thermometer radiasi.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Pelaksanaan tersebut akan menghasilkan perhitungan dengan Anda membandingkan antara thermometer radiasi dengan thermometer radiasi yang sudah dilakukan kalibrasi sebelumnya untuk menjadi bahan mencari deviasi nya.
  7. Pembuatan Hasil laporan
    Setelah itu, laporan dari hasil kalibrasi thermometer radiasi bisa dikeluarkan. Dan ini merupakan sertifikat kalibrasi yang bisa dipertanggungjawabkan.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Thermometer Radiasi

Melakukan kalibrasi untuk thermometer radiasi memang tidak mudah. Karena harus melalui berbagai macam rentang ukur sebagai berikut:

  • 30°C ~ 200°C
  • 200°C ~ 400°C
  • 0°C ~ 200°C
  • 400°C ~ 1000°C

Setiap rentang ukur harus dilalui dan juga dilakukan secara berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang pasti.

Kesimpulan

Tujuan serta manfaat dari kalibrasi thermometer radiasi memang sangat penting untuk perindustrian. Untuk itu, mencari jasa kalibrasi thermometer radiasi terbaik dan terpercaya hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi thermometer radiasi