Pahami Pentingnya Melakukan Kalibrasi Furnace 1000°C

kalibrasi pada furnace 1000°C

Furnace merupakan salah satu jenis temperature enclosure atau alat laboratorium yang digunakan untuk memanaskan suatu benda. Alat furnace ini memiliki suhu yang sangat tinggi sehingga dapat menciptakan energi panas ke suatu benda. Furnace laboratorium sendiri biasanya digunakan untuk memanaskan benda dengan menggunakan metode gravimetri yang berencana untuk menganalisis sifat beda suatu material. 

Selain itu furnace untuk laboratorium digunakan untuk mengeringkan, memanaskan sampel tanpa perlu dehumidifikasi, serta pengawetan yang mana bisa mengubah sampel secara kimia dan fisik. Untuk menjaga agar  suhu furnace ini tetap terjaga bisa dilakukan kalibrasi. Nah artikel kali ini kita akan membahas tentang Kalibrasi Furnace 1000°C hingga ke cara mengkalibrasinya.

Tujuan Kalibrasi Furnace 1000°C

Kalibrasi Furnace 1000°C ini memiliki tujuan antara lain:

  • Dalam menentukan nilai penyimpangan dalam pengukuran suhu di Furnace.
  • Menerapkan nilai ketertelusuran pada furnace yang dikalibrasi sesuai standar yang lebih tinggi.
  • Memastikan bahwa hasil dari suhu Furnace 1000°C yang tepat sesuai dengan standar internasional.

Manfaat Kalibrasi Furnace 1000°C

Mengkalibrasi Furnace 1000°C ini memiliki manfaat diantaranya:

  • Menjaga kondisi instrumen ukur yang Furnace ini supaya sesuai dengan spesifikasinya.
  • Mendukung sistem mutu yang diterapkan pada industri yang menggunakan peralatan Furnace ini sehingga dapat memproduksi memanaskan dan mengeringkan sampel dengan tepat.

Cara Kalibrasi Furnace 1000°C

Untuk melakukan kalibrasi Furnace dengan hasil yang maksimal, akan harus melakukan beberapa langkah penting kalibrasi yang terdiri dari.

  1. Mempersiapkan Alat-Alat Kalibrasi
    Proses awal dari kalibrasi ini Adalah mempersiapkan alat kalibrasi yakni Furnace yang dikalibrasi. Kemudian persiapkan juga peralatan yang akan digunakan untuk kalibrasi.
  2. Persiapan Pelaksana Kalibrasi
    Melakukan kalibrasi harus minimal didampingi oleh orang yang berkompeten dibidangnya terutama di bidang kalibrasi alat laboratorium. Hal ini dikarenakan agar dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pengukuran.
  3. Pengecekan dan Kondisi Furnace 1000°C
    Mengkondisikan lingkungan yang terpengaruh kalibrasi adalah hal yang cukup penting karena beberapa hal yang bisa mempengaruhi hasil kalibrasi adalah suhu, kelembaban terutama bagi furnace yang sensitif terhadap suhu agar mencapai suhu yang diinginkan.
  4. Penggunaan Metode Berstandar Nasional/Internasional
    Penggunana Metode Kalibrasi untuk furnace adalah: TO-TH-2.04, TLAS G-20-1/02-08, AS 2853-1986
    Rentang Ukur:  30°C ~ 1000°C, 100°C ~ 500°C, 500°C ~ 1000°C, 50°C ~ 600°C, 601°C ~ 1000°C
  5. Pelaksanaan Kalibrasi Furnace 1000°C
    Pelaksanaan kalibrasi Furnace 1000°C ini bisa dilakukan dengan pengamatan awal pada bentuk fisik serta fungsi dari furnace yang masih normal atau tidak, apabila masih normal maka bisa melakukan pengukuran sesuai dengan kapasitasnya. Jika hasil pengukuran masih menunjukan angka yang  wajar maka akan diambil datanya dan dicatat untuk proses selanjutnya
  6. Perhitungan Hasil Kalibrasi
    Adapun perhitungan kalibrasi ini bisa dilakukan untuk menilai kalibrasi seperti nilai penyimpangan, nilai ketidakpastian, nilai maksimum-minimum, konversi satuan dan lainnya.
  7. Pembuatan Laporan
    Proses kalibrasi terakhir adalah pembuatan laporan yang mana pelaporan ini berisikan tentang informasi tentang hasil kalibrasi yang menentukan kelayakan furnace nantinya. Laporan ini juga diisi sesuai dengan pedoman ISO yang berlaku.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Furnace 1000°C

Parameter dan hasil kalibrasi pada Furnace 1000°C ini akan menghasilkan sebuah sertifikat yang menunjukan bahwa alat yang layak pakai yang sesuai dengan standar internasional. Adapun alat Furnace 1000°C ini mencapai nilai ketidakpastian yang sesuai standar ISO.

Kesimpulan

Kalibrasi Furnace 1000°C membutuhkan standar prosedur yang harus dilakukan secara profesional dan hati-hati jika tidak maka akan menghasilkan kalibrasi yang salah dan berakibat fatal.

Maka dari itu serahkan saja kalibrasi ke ahlinya seperti Kalibrasi.com yang menyediakan jasa kalibrasi Furnace 1000°C yang terpercaya.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi pada furnace 1000°C