Memahami Manfaat dan Cara Kalibrasi Moisture Meter Lebih Detail

Kalibrasi Moisture meter

Seringkali sulit bagi seseorang untuk menerima bahwa pengukuran kadar air kayu, jerami, drywall, atau apa pun yang akurat dapat dilakukan hanya dengan menggunakan alat genggam selama beberapa detik.

Itulah mengapa salah satu pertanyaan yang sering diajukan orang adalah apakah memang akurat pembacaan pengukur kelembaban dengan menggunakan alat yang bernama moisture meter ini?

Moisture meter memang menjadi sebuah alat genggam yang bisa digunakan untuk mengetahui kelembaban dari sebuah objek. Kita tahu jika yang namanya alat ukur akan semakin hari semakin saja ada masalah yang dibawanya dan salah satunya adalah pengukuran yang tidak presisi. Maka dari itu Anda perlu namanya kalibrasi. Apakah moisture meter perlu untuk itu? Jawabannya adalah iya memang butuh. Tapi bagaimana caranya?

Tujuan Kalibrasi Moisture Meter

Sebelum itu mari kita cari tahu sebenarnya apa tujuan dari kalibrasi moisture meter ini. Jadi, untuk alat ukur yang bernama moisture meter ini bisa dikatakan memiliki kualitas yang tinggi yang digunakan pada bahan yang tepat dapat akurat hingga kurang dari 0,1% dari kadar air bahan menurut beratnya. Namun, pengukur kelembapan kelas bawah bisa sangat tidak akurat.

Walaupun memang seakurat itu, tapi jika yang namanya alat ukur yang digunakan pada keadaan yang ekstrim dan juga dilakukan secara terus menerus akan mengakibatkan alat ukur ini menjadi aus dan akan tidak akurat.

Manfaat Kalibrasi Moisture Meter

Jika Anda melakukan kalibrasi kepada moisture meter yang sudah mengalami masa pakai selama bertahun-tahun, jika Anda melakukan kalibrasi maka Anda akan tahu apakah ada deviasi atau penyimpangan hasil pengukuran atau tidak.

Pengukuran yang salah ini biasanya memang tidak terlalu terlihat. Tapi, jika Anda melakukan kalibrasi, maka pengukuran yang salah ini bisa terlihat seberapa melenceng hasilnya dan akan dilakukan pembenaran sesuai dengan standar yang berlaku untuk pengukuran kelembaban di moisture meter.

Cara Kalibrasi Moisture Meter

Sekarang kita memasuki pembahasan yang inti yaitu tentang bagaimana cara kalibrasi moisture meter. Moisture meter dilakukan kalibrasi setidaknya adalah setahun sekali dan dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Pertama-tama yang harus dilakukan adalah dengan mempersiapkan ala tapa saja yang akan digunakan untuk melakukan kalibrasi moisture meter.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Setelah itu pelaksana harus ada. Pelaksana ini adalah orang yang memang sudah terakreditasi dan bersertifikasi untuk bisa melakukan kalibrasi.
  3. Pengecekan kondisi moisture meter
    Setelah itu pelaksana akan mengecek kondisi moisture meter terlebih dahulu.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Pengecekan ini akan berguna untuk menentukan metode kalibrasi yang akan digunakan. Metode ini harus berstandar internasional ataupun berstandar nasional. 
  5. Pelaksanaan kalibrasi  moisture meter
    Jika sudah menentukan metode yang akan digunakan, selanjutnya adalah melakukan kalibrasi moisture meter.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Pelaksanaan kalibrasi ini akan dicatat dan dihitung yang dari metode pengkalibrasian tersebut.
  7. Pembuatan laporan
    Dan langkah terakhir adalah dengan membuat laporan kalibrasi moisture meter. Laporan ini adalah sertifikasi kalibrasi yang menandakan Anda sudah melakukan kalibrasi pada moisture meter Anda dan sudah berjalan dengan normal kembali.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Moisture Meter

Sebagai tambahan, cara kerja dari moisture meter bisa menjadi parameter hasil dari pengkalibrasian. Jadi, moisture meter menggunakan prinsip hambatan listrik untuk mengukur konduktivitas tanah.

Sederhananya karena air menghantarkan listrik dengan baik, kadar air yang tinggi di dalam tanah diukur dengan arus listrik yang lebih tinggi, sedangkan arus listrik yang lebih rendah menunjukkan tanah yang lebih kering.

Jika itu semua bisa berfungsi, maka memang kalibrasi sudah bisa dikatakan berhasil dan itu adalah hasil kalibrasi moisture meter yang akan Anda dapatkan.

Kesimpulan

Sudah paham mengenai manfaat dan juga cara yang akan digunakan laboratorium kalibrasi untuk melakukan kalibrasi pada moisture meter? Kalibrasi untuk setiap instrumen pengukuran memang sangat penting.

Jadi jika Anda memiliki moisture meter, Anda bisa mempercayakan jasa kalibrasi moisture meter pada Kalibrasi.com untuk mendapatkan pelayanan yang terpercaya dan juga terbaik!

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi Moisture meter