Cara Melakukan Kalibrasi Oven yang Tepat

kalibrasi oven

Apakah Anda pernah mendengar kalibrasi tapi dilakukan pada oven? Tentu saja ini sangat aneh, tetapi inilah yang terjadi dan memang ada karena erat kaitannya kepada perindustrian.

Oven yang dibicarakan di sini mungkin memang bisa jadi adalah oven yang ada pada rumah Anda, tapi dengan ukuran yang jauh lebih besar yang bahkan bisa digunakan untuk mengoven furniture.

Jadi, oven memang biasa digunakan untuk memanggang sesuatu. Jika diaplikasikan di perindustrian, biasanya oven yang digunakan memiliki ukuran yang sangat besar.

Karena oven ini digunakan secara terus menerus untuk memanggang, bisa jadi pengukur suhu panasnya ini ternyata mengalami deviasi atau ketidakpastian pengukuran.

Daripada pengukurannya salah dan menyebabkan kerugian, maka yang harus Anda lakukan biasanya adalah dengan melakukan kalibrasi. Bagaimana cara melakukan kalibrasi oven dengan tepat? Mari kita cari tahu caranya sekarang juga di sini!

Tujuan Kalibrasi Oven

Sebagai alat yang digunakan untuk memanggang, oven memang sangat penting karena mereka memiliki pengatur suhu. Pengatur suhu inilah yang menjadi andalan dari oven.

Akan tetapi, pengukuran tersebut biasanya mengalami masalah karena digunakan secara terus menerus dan dengan suhu yang panas dan juga bisa dikatakan sangat ekstrem.

Dengan adanya kalibrasi oven, maka sudah dijamin jika pengukuran suhu panas yang ada pada oven akan dengan mudah dilakukan dan dapat menghitungnya dengan tepat.

Manfaat Kalibrasi Oven

Sedangkan untuk manfaat dari kalibrasi oven adalah untuk mendukung sistem mutu yang diterapkan di berbagai industri pada peralatan laboratorium dan produksi yang dimiliki.

Biasanya memang untuk produsen oven melakukan kalibrasi sebelum mereka memasarkannya untuk bisa mendapatkan sertifikat mutu yang bagus dan sesuai dengan standar.

Akan tetapi, demi menjaga mutu bagi oven yang sudah dimiliki oleh pribadi atau industri juga harus dilakukan kalibrasi untuk mengetahui mutunya masih sama dengan awal di beli atau sudah mengalami perubahan kualitas.

Cara Kalibrasi Oven

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk melakukan kalibrasi oven? Sebenarnya untuk melakukan kalibrasi oven ini Anda harus memenuhi beberapa cara kalibrasi yang sesuai dengan standar yang ada. Berikut ini adalah cara kalibrasi oven yang sesuai dengan prosedur atau standar yang berlaku di Indonesia.

  1. Mempersiapkan alat-alat kalibrasi
    Yang paling pertama adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang digunakan untuk mengkalibrasi oven.
  2. Persiapan operator pelaksana kalibrasi
    Selanjutnya adalah mempersiapkan operator pelaksana kalibrasi. Operator ini adalah orang yang memang sudah memiliki sertifikat untuk melakukan kalibrasi oven.
  3. Pengecekan kondisi oven
    Lalu, dilakukan terlebih dahulu pengecekan dari kondisi oven yang ada. Jika memang ada kerusakan yang masih minor, akan dicatat dan nanti akan dibenarkan saat proses kalibrasi.
  4. Penggunaan metode berstandar nasional/internasional
    Selanjutnya adalah memilih metode. Metode kalibrasi yang digunakan untuk oven adalah O-TH-2.01, TLAS G-20-1/02-08, AS 2853-1986 dengan rentang ukur sebagai berikut: 30°C ~ 230°C, ambient ~ 100°C, 100°C ~ 250°C, 0°C ~ 70°C, 100°C ~ 240°C
  5. Pelaksanaan kalibrasi oven
    Pelaksanaan kalibrasi bisa dimulai dengan melakukan kalibrasi yang sudah sesuai dengan metode di atas dan juga dengan rentang ukur yang nantinya akan dilakukan perhitungan hasil dari kalibrasinya.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Setelah itu, hitung hasil dari pengkalibrasian tersebut. Jika memang terjadi masalah, akan dilakukan pembenaran sampai benar.
  7. Pembuatan laporan
    Dan yang terakhir adalah dengan membuat laporan tentang kalibrasi oven yang sudah dilakukan.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Oven

Kadar air merupakan salah satu parameter mutu benih yang ada pada label benih,sehingga kecermatan oven sepatutnya selalu dipelihara untuk menerima hasil yang valid.

Dalam pemakaian sistem mutu laboratorium yang mengacu pada SNI ISO/IEC 17025:2008 klausul 5.5.2 dinyatakan bahwa peralatan yang digunakan untuk pengujian sepatutnya mampu menghasilkan kecermatan dan spesifikasi yang disyaratkan oleh sistem pengujian.

Kelengkapan pengujian (sebelum digunakan) harus di kalibrasi atau dicek supaya peralatan pengujian tersebut memenuhi spesifikasi sistem/standar yang digunakan dan itu juga masih sama dengan alat seperti oven.

Kesimpulan

Apakah Anda sudah paham tentang kalibrasi oven dan juga caranya yang berlaku? Jika Anda memang ingin melakukan kalibrasi oven, Anda juga bisa mempercayakan jasa kalibrasi oven pada Kalibrasi.com karena sudah pasti laboratoriumnya terakreditasi dan juga terpercaya!

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi oven