Tujuan, Manfaat, dan Cara Melakukan Kalibrasi Barometer

kalibrasi barometer

Sebelum membahas Kalibrasi Barometer, alangkah baiknya kita membahas tentang barometer itu sendiri. Barometer adalah alat untuk mengukur tekanan udara baik dipermukaan laut ataupun diatas permukaan laut. Biasanya barometer untuk mengukur tekanan udara banyak digunakan dalam memperkirakan cuaca di suatu tempat hingga tekanan udara didalam pesawat. 

Barometer ini memiliki beberapa jenis yakni barometer digital, barometer air raksa, dan barograph. Barometer dapat digunakan untuk mengukur tekanan atmosfer dengan muatan listrik untuk yang jenis digital atau anaeroid. Karena masuk dalam kategori alat ukur, barometer juga bisa mengalami kerusakan dan pengurunan hasil pengukuran yang mengakibatkan kesalahan dalam pengukuran.

Maka dari itu diperlukanlah kalibrasi barometer untuk mengembalikan tingkat akurasinya. Nah, apa sih tujuan dari kalibrasi barometer ini? mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Barometer

Kalibrasi barometer adalah untuk menentukan nilai koreksi dan ketidakpastian dari sebuah alat baroemter yang dikalibrasi. Caranya yakni dengan membandingkan dengan alat barometer standar yang dilakukan pada media vacuum chamber yang dapat disesuaikan kondisi tekanannya.

Manfaat Kalibrasi Barometer

Adapun manfaat kalibrasi barometer ini adalah untuk menjaga agar hasil pengukuran barometer ini tetap akurat. Selain itu adapun beberapa manfaat kalibrasi barometer seperti:

  • Mengetahui adanya penyimpangan yang akan dilakukan penyetelan ulang.
  • Dapat memberikan jaminan terhadap hasil pengukuran yang dilakukan.
  • Mendukung penerapan sistem mutu ISO atau standar internasional yang berlaku.
  • Untuk menentukan kelayakan dari alat ukur yang dikalibrasi.

Cara Kalibrasi Barometer

Dalam melakukan kalibrasi barometer, hendaknya dilakukan sesuai dengan prosedur kalibrasi yang berlaku diantaranya:

  1. Melakukan persiapan
    Proses persiapan ini merupakan langkah pertama dalam melakukan kalibrasi. Persiapan yang dilakukan bisa dimulai dari mempersiapkan barometer yang akan dikalibrasi, peralatan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk kalibrasi.
  2. Pelaksana kalibrasi Barometer
    Dalam melakukan kalibrasi barometer haruslah dilakukan ditempat yang memadai. Selain itu orang yang melakukan kalibrasi pun haruslah ahli dibidangnya. Orang yang berkompeten dalam melakukan kalibrasi tentu akan menurunkan tingkat error pada hasil pengukurannya.
  3. Mengecek kondisi lingkungan untuk kalibrasi Barometer
    Kondisi lingkungan untuk melakukan kalibrasi adalah hal yang dapat mempengaruhi hasil kalibrasi itu sendiri. Adapun beberapa hal yang dapat mempengaruhi kalibrasi barometer adalah kelembaban udara yang tinggi maka tekanan udara menjadi rendah, temperatur udara yang tinggi akan memiliki tekanan udara yang rendah.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Barometer
    Dalam standar internasional, metode yang digunakan untuk kalibrasi barometer seperti : EURAMET/cg.17/V.4.0(2019), 1 cmHg = 0.133322 Pa, TO-MD-1.02 Dengan rentang waktu yang digunakan meliputi
    20cmHg ~ 75.5cmHg
    930hPa ~ 1005hPa
  5. Proses Kalibrasi Barometer
    Awal mula proses kalibrasi barometer ini dilakukan adalah dengan melakukan beberapa pengamatan terhadap barometer yang akan digunakan yakni apakah masih normal atau tidak. Setelah itu melakukan beberapa penyetelan ulang yang akan digunakan untuk kalibrasi, melakukan pengamatan bahwa barometer menunjukan bahwa hasil pengukuran sudah sesuai atau tidak, melakukan pengambilan data dan pencatatan hasil pengukuran dengan format yang sudah dirancang.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Setelah melakukan proses kalibrasi, maka akan dilakukan perhitungan dari pengamatan sebelumnya. Perhitungan ini bisa menentukan nilai-nilai seperti nilai koreksi, nilai ketidakpastian, nilai maksimum, minimum, nilai konversi satuan, hingga persamaan regresi.
  7. Membuat laporan
    Tahapan akhir dari prosedur kalibrasi adalah membuat laporan dari hasil kalibrasi yang dilakukan sesuai dengan format pedoman SNI 19-17025. Adapun 4 tahapan pembuatan laporan yang penting seperti pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan laporan.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Barometer

Setelah melakukan kalibrasi, maka hasil kalibrasi ini akan dijadikan sebagai parameter penentu bahwa barometer ini sudah sesuai dengan standar internasional atau membutuhkan tindak lanjut. Adapun parameter yang akan dijadikan acuan adalah:

  • Nilai penyimpangan atau nilai koreksi.
  • Nilai ketidakpastian pengukuran.
  • Nilai obyek.
  • Faktor-faktor kalibrasi.

Kesimpulan

Dari pembahasan kalibrasi barometer diatas kita dapat mengetahui beberapa hal yang penting seperti melakukan barometer ditempat yang terakreditasi seperti Kalibrasi.com

Kalibrasi.com merupakan salah satu perusahaan yang sudah terakreditasi KAN dan berkompeten dalam melakukan kalibrasi termasuk kalibrasi barometer. Pelajari lebih lanjut mengenai jasa kalibrasi terkait barometer dengan klik tombol di bawah ini

Jasa kalibrasi barometer