Pentingnya Melakukan Kalibrasi Anak Timbangan E1

Kalibrasi Anak Timbangan E1

Anak Timbangan atau batu timbangan merupakan benda yang sering kita jumpai di tempat-tempat jualan seperti di pasar-pasar. Biasanya anak timbangan ini merupakan bagian dari satu kesatuan dari alat timbangan meja ataupun timbangan cb.

Anak timbangan ini juga memiliki kelas-kelas namun yang biasa digunakan di pasar adalah anak timbangan dengan kelas M3 yang mana terbuat dari besi cor.

Diluar kelas M3 ada anak timbangan lain seperti kelas M2 hingga yang paling akurat yakni anak timbangan E1. Fungsi dari anak timbangan E1 adalah sebagai anak timbangan kalibrasi.

Apa itu kalibrasi anak timbangan? Dan apa manfaat dari kalibrasi timbangan? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Anak Timbangan

Kalibrasi Anak timbangan ini memiliki tujuan untuk dijadikan acuan dalam penyetelan timbangan lainnya. Dimana mengkalibrasi alat timbangan E1 ini akan membuat anak timbangan menjadi lebih akurat dari segi massa dan dimensinya. Sehingga dengan begitu anak timbangan ini bisa memiliki massa yang sama dengan standar ketertelusuran yang lebih tinggi.

Manfaat Kalibrasi Anak Timbangan

Adapun manfaat kalibrasi anak timbangan diantaranya untuk menghindari hasil pengukuran yang tidak akurat, adapun beberapa manfaat kalibrasi anak timbangan seperti dibawah ini.

  1. Menjaga akurasi dan kualitas dari hasil proses pengukuran.
  2. Mendeteksi terjadinya penyimpangan alat ukur dan kualitas hasil pengukuran.
  3. Menjamin hasil pembacaan pengukuran yang benar dan akurat.
  4. Mendukung standar ISO.
  5. Memutuskan kelayakan dari alat ukur yang dikalibrasi.

Cara Kalibrasi Anak Timbangan

Untuk menghasilkan kalibrasi yang maksimal maka digunakan prosedur kalibrasi yang sesuai dengan kalibrasi anak timbangan yakni:

  1. Proses persiapan
    Proses persiapan ini merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum kalibrasi anak timbangan dilakukan. Persiapan yang harus dilakukan adalah menyiapkan peralatan yang akan dikalibrasi dan peralatan untuk melakukan kalibrasi.
  2. Pelaksana kalibrasi Anak Timbangan
    Proses kalibrasi, sebisanya mungkin bisa dipilih orang-orang yang berkompeten dan berpengetahuan dalam bidang kalibrasi anak timbangan E1. Hal ini dilakukan demi meminimalisir kesalahan pada saat pengukuran kalibrasi.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Anak Timbangan
    Melakukan pengecekan kondisi lingkungan suhu dan kelembaban adalah proses kalibrasi yang cukup berpengaruh terhadap hasil pengukurannya. Pengkondisian lingkungan perlu dilakukan terutama bagi alat ukru yang mudah berubah karena kelembaban, suhu, cahaya, getaran, dan lain sebagainya.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Anak Timbangan E1
    Metode kalibrasi anak timbangan ini harus mengacu kepada metode standar nasional ataupun internasional yang diakui oleh masyarakat luas. Adapun pemilihan metode kalibrasi yang mudah dilaksanakan dan dipahami agar dapat meminimalisir kesalahan dalam pengambilan data.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Anak Timbangan
    – Proses pelaksanaan kalibrasi anak timbangan adalah melakukan pengamatan awal pada objek ukur apakah memiliki kondisi yang normal dan berfungsi.
    – Penyetelan ulang alat yang akan dikalibrasi dengan menggunakan metode penyetelan kedataran, titik nol, dan pembersihan alat dari kotoran.
    – Menentukan kewajaran hasil ukur merupakan menunjukan hasil ukur masih wajar atau tidak.
    – Melakukan pengukuran pada titik ukur tertentu sesuai kapasitas alat ukur tersebut.
    – Pencatatan dan pelaporan dari hasil pengukuran menggunakan format tertentu.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Mendapatkan hasil pengukuran pada pengamatan yang dilakukan sebelumnya kemudian melakukan perhitungan kalibrasi. Adapun cara menghitung nilai maksimum- minimum, standar penyimpangan, nilai rata-rata, konversi satuan, hingga penentuan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Kesimpulan dan penentuan ketidakpastian kalibrasi setelah dilakukan hasil perhitungan. Hasil perhitungan ini bisa dituangkan ke laporan kalibrasi dengan format yang mengacu ke pedoman SNI 19-17025 .

Parameter dan Hasil Kalibrasi Anak Timbangan

Parameter dan hasil kalibrasi anak timbangan adalah:

  • Nilai objek yang akan diukur.
  • Besaran nilai penyimpangan atau nilai koreksi.
  • Besaran angka ketidakpastian pengukuran atau kesalahan yang mungkin terjadi dalam pengukuran.
  • Faktor kalibrasi serta kurva kalibrasi.
  • Tingkat kepercayaan yang dianalisis ketidakpastian yang disertai dengan pernyataan “traceable uncertainity”.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Jika Anda sudah mengetahui bagaimana pentingnya anak timbangan ini dikalibrasi. Hendaknya Anda melakukan pengkalibrasian di tempat yang terpercaya dan terakreditasi KAN.

Adapun laboratorium terbaik yang menyediakan jasa kalibrasi anak timbangan terakreditasi dan terpercaya yakni Kalibrasi.com. Buat Anda yang minat untuk kalibrasi di Kalibrasi.com Anda bisa klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi Anak Timbangan E1