Inilah 5 Fungsi Kalibrasi Yang Harus Diketahui

fungsi kalibrasi

Fungsi Kalibrasi, mungkin orang yang masih awam terhadap dunia kalibrasi alat ukur memang masih belum mengerti fungsi dari proses kalibrasi itu sendiri. Kalibrasi adalah proses verifikasi dan pengecekan alat ukur untuk menentukan nilai ketidakpastian dengan standar kalibrasi yang berlaku.

Tujuan kalibrasi adalah untuk mengembalikan tingkat akurasi pada suatu alat ukur ataupun sistem ukur yang membuatnya terus menghasilkan pengukuran yang konstan dan Andal. Nah untuk lebih memahami kalibrasi ini kita akan membahas 5 fungsi kalibrasi yang harus diketahui di artikel berikut ini:

Fungsi Kalibrasi Pertama : Memenuhi Standar Industri Yang Berlaku

Setiap kalibrasi harus sesuai dengan standar yang berlaku baik standar nasional maupun internasional. Dan juga setiap industri memiliki standar yang berbeda dalam hal kualitas serta tingkat akurasi hasil produksinya. Perusahan biasanya melakukan kalibrasi secara rutin untuk menjaga standarisasi dari alat ukurnya untuk memenuhi standar dari industri tersebut. 

Untuk Menjaga Keselamatan Kerja

Dalam kasus sistem ukur industri yang berkaitan dengan keselamatan pekerja memang perlu dilakukan kalibrasi secara berkala dan rutin. Hal ini untuk memberikan jaminan keselamatan kerja di lingkungan industri. Maka dengan menggunakan sistem pengukuran yang terkalibrasi dengan baik, maka resiko kecelakaan kerja bisa diminimalisir.

Mendapatkan Kepastian Ketepatan Pengukuran

Alat ukur atau sistem pengukuran memiliki fungsi utama dalam menghitung atau mengukur besaran benda yang diukur. Dengan adanya kalibrasi maka alat ukur tersebut akan lebih terjaga kepastiannya dalam segi tingkat akurasinya dan konsistensi hasil produksi, selain itu dengan alat ukur yang terkalibrasi maka dapat mencegah terjadinya kerugian yang diakibatkan dari kesalahan pengukuran.

Untuk Meningkatkan Kualitas Produk

Dengan alat ukur yang terjaga tingkat akurasinya, maka akan memberikan hasil pengukuran yang akurat dan konsisten. Maka dari itu akan memastikan kualitas produk yang dihasilkannya dengan terjaga dengan baik dan sesuai dengan standar sesuai dengan kebijakan industri tersebut.

Untuk Meningkatkan Efisiensi Produksi Perusahaan

Dengan adanya kalibrasi, maka alat ukur yang terkalibrasi akan jauh lebih prima dalam melakukan pengukuran. Hasilnya secara langsung akan memberikan efisiensi dalam hal produksi perusahaan yang lebih cepat tentunya. Dengan kecepatan dan efisien dalam melakukan hal produktivitas ini maka waktu dan biaya produksi dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan tersebut.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui sebelum Anda melakukan beberapa kalibrasi dari alat ukur yang Anda miliki. Jika Anda ingin mengkalibrasi secara mandiri pastikan Anda memiliki ilmunya terlebih dahulu atau lebih baik menyerahkannya ke laboratorium yang terakreditasi untuk melakukan kalibrasi. Karena kesalahan kalibrasi bisa terjadi yang mana akan membuat alat ukur tersebut akan terjadi penyimpangan dalam pengukuran sehingga dapat merugikan perusahaan tentunya.

konsultasi jasa kalibrasi