Bukti Kalibrasi Alat Ukur Beserta Bentuk dan Pentingnya

bukti kalibrasi

Anda seorang pemilik alat ukur? Sudah melakukan kalibrasi pada alat ukurnya? Bagi Anda para pemilik alat ukur atau pelaku industri dan lembaga yang menggunakan alat ukur sebaai peralatan produksinya jangan pernah lewatkan untuk melakukan kalibrasi! Namun adakah cara melihat bahwa alat benar-benar sudah dikalibrasi? Adakah bukti kalibrasi?

Sebagai dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi oleh istilah kalibrasi. Yap istilah yang digunakan dalam prosedur pengukuran yang membandingkan instrumen ukur dengan acuan alat akur standar. Prosedur ini dilakukan untuk menjamin kualitas dan performa alat ukur untuk digunakan sebagai jaminan mutu produk.

Nah dari prosedur tersebut akan menghasilkan dokumen data pengukuran sebagai bukti alat ukur telah dikalibrasi. Semua tindakan yang telah dilakukan pada alat ukur akan tercantum di dalamnya sebagai bukti kalibrasi. Masih belum jelas penjelasan tentang bukti dari kalibrasi? mari simak pembahasan berikut ini!

Apa Itu Bukti Kalibrasi?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa bukti dari kalibrasi merupakan dokumen hasil kalibrasi. Atau untuk lebih lengkapnya Bukti dari hasil kalibrasi adalah dokumen yang memvalidasi akurasi sebuah perangkat melalui prosedur kalibrasi. Di dalamnya berisi informasi berharga tentang kualitas hasil pengukuran kalibrasi alat ukur.

Pada umumnya bukti kalibrasi dapat berbentuk sertifikat kalibrasi yang dibuat berdasarkan standar yang berlaku. Alat ukur yang telah memenuhi standar kalibrasi akan diberikan sertifikat tersebut sebagai bukti kalibrasi yang sah. Nantinya bukti kalibrasi ini dapat Anda gunakan sebagai jaminan kualitas produk yang akan dipasarkan. Selengkapnya mengenai sertifikat ini bisa kalian baca langsung di sertifikat kalibrasi.

Apa Bentuk Bukti Kalibrasi?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bukti kalibrasi dapat ditunjukkan dalam bentuk sertifikat kalibrasi. sertifikat ini dibuat berdasarkan standar kalibrasi untuk memastikan kompetensi dan pengukuran kalibrasi sesuai dengan standar yang berlaku.

Oleh karenanya setiap laboratorium harus mematuhi standar ini agar standar sertifikat sebagai bukti kalibrasi diakui sebagai sumber yang sah dan diakui kebenarannya. Pengakuan tersebut berarti penyelenggaraan kegiatan kalibrasi telah sesuai dengan standar nasional maupun internasional.  

Adapun dokumen sertifikat kalibrasi berisi berbagai informasi mengenai data hasil kalibrasi alat ukur. Berikut isi dari sertifikat kalibrasi:

  • Judul : Nama sertifikat
  • Rincian nama laboratorium tempat kalibrasi
  • Detail data klien kalibrasi alat ukur
  • Nama dan detail instrument alat ukur
  • Detail tentang kondisi lingkungan laboratorium tempat kalibrasi dilakukan
  • Data hasil kalibrasi dengan konvensi masing-masing
  • Tanda tangan, nama terang penanggung jawab kalibrasi
  • Pernyataan yang menetapkan hasil tes ini hanya relevan untuk perangkat tertentu
  • Bukti bahwa pengukuran dapat dilacak
  • Lampiran-lampiran

Seberapa Penting Bukti Kalibrasi?

Berdasarkan pengertian bukti dari hasil kalibrasi diatas selain dapat digunakan sebagai jaminan kualitas, bukti ini juga digunakan untuk menyatakan bahwa alat ukur yang dioperasikan legal dan memiliki sertifikasi yang relevan. Sertifikasi tersebut cukup dapat dipercaya untuk menunjukkan hasil yang akurat.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, terdapat informasi berharga seperti hubungan antara standar dengan alat ukur dan seberapa akurat dengan ketidakpastiannya. Bukti kalibrasi tidak hanya sekedar dokumen tertetulis bahwa alat ukur telah dikalibrasi melainkan dapat dimanfaatkan informasi sebagai bahan penelitian selanjutnya

Bagaimana Mendapatkan Bukti Kalibrasi?

Anda dapat memilih laboratorium yang terpercaya yang telah memenuhi persyaratan dalam menyelenggarakan prosedur kalibrasi. Semua alat ukur yang dikalibrasi pada laboratorium kalibrasi akan mendapatkan dokumen hasil pengukuran alat ukur berupa sertifikat sebagai bukti kalibrasi. Ini juga tidak bisa sembarangan laboratorium yang bisa menerbitkan sertifikat, harus lab yang sudah memiliki sertifikasi untuk melakukan kalibrasi. Selengkapnya bisa langsung cek di bawah ini. 

Baca Juga : Pentingnya Sertifikat Lab Kalibrasi untuk Perusahaan

Perlu diperhatikan pula bagi Anda pemilik alat ukur yang akan melakukan kalibrasi alat ukur pastikan laboratorium atau lembaga tempat menyelenggarakan prosedur kalibrasi mengantongi sertifikat akreditasi ISO 17025. Hal ini karena  tanpa adanya sertifikat akreditasi yang diberikan kepada laboratorium, laboratorium tidak dapat sembarangan mengeluarkan sertifikat kalibrasi pada alat ukur Anda.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai bukti kalibrasi, dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa sebuah bukti kalibrasi sangat penting dimiliki sebuah alat ukur karena hal ini tidak hanya berkaitan dengan bukti alat ukur telah dikalibrasi, melainkan ada data didalamnya memuat informasi yang penting bagi jaminan mutu produk yang dihasilkan. Sekian penjelasan dari artikel ini semoga dapat menambah informasi Anda seputar prosedur kalibrasi dan sertifikasi.