Sudah Tahukah Anda Mengenai Sertifikasi Instrumentasi dan Kalibrasi?

Sertifikasi Instrumentasi dan Kalibrasi

Dalam memahami sertifikasi instrumentasi dan kalibrasi, mudahnya kita bedah dan bahas secara satu persatu, mulai dari instrumentasi, kalibrasi dan sertifikasi, tujuannya untuk mempermudah dalam mendalami konsep dari ketiganya.

Instrumentasi adalah alat-alat yang dipakai untuk pengukuran dan pengendalian dalam suatu sistem yang lebih besar dan lebih kompleks. Instrumentasi juga dapat didefinisikan juga sebagai ilmu yang mempelajari dan mengaplikasikan pengukuran dan pengendalian (kontrol) variabel proses untuk mencapai tujuan sesuai dengan kebutuhan dalam cakupan dan bidangnya (produksi, manufaktur, dsb). Instrumentasi berfokus pada proses pengukuran.

Kalibrasi adalah proses verifikasi, penyesuaian dan pengaturan alat atau instrumen berdasarkan standar baku yang telah ditetapkan. Proses ini dilakukan dengan cara membandingkan alat atau instrumen yang akan dikalibrasi(objek kalibrasi) dengan alat lain yang sudah distandarisasi secara nasional maupun internasional. proses kalibrasi berfokus pada perbandingan dan kebenaran yang dihasilkan dalam sebuah pengukuran.

Sertifikasi adalah bukti bagi sebuah alat, seseorang, bisnis maupun organisasi yang telah berhasil melewati tahap ujian pada sebuah tes yang telah ditetapkan standarnya.

Setelah kita ketahui definisi dari ketiganya bisa kita lanjutkan pembahasan pada konsep sertifikasi instrumentasi dan sertifikasi kalibrasi.

Apa Itu Sertifikasi Instrumentasi dan Kalibrasi?

Sebenarnya sertifikasi memiliki keterkaitan yang cukup erat dengan keduanya, sebab sertifikasi dibutuhkan juga dalam kedua hal tersebut. Sertifikasi kalibrasi dibutuhkan untuk mendapatkan hasil pengukuran yang tertelusur dan dapat dipertanggung jawabkan, sedangkan sertifikasi instrumentasi dibutuhkan untuk melakukan pengaturan pada alat  atau instrumen secara berkala. Keduanya hampir memiliki kesamaan, hal yang membedakan kemungkinan dari intensitasnya yang lebih sering pada instrumentasi.

Sertifikasi Instrumentasi

Sertifikasi instrumentasi dibutuhkan untuk seorang teknisi instrumentasi dalam mengatur dan mengkonfigurasi alat atau instrumen yang bersangkutan, misalnya dalam sebuah industri memiliki mesin molding maka harus ada teknisi yang menguasai dalam pengaturan pengoprasian alat tersebut. Orang awam yang tidak memiliki sertifikat untuk mengatur mesin tersebut tentunya akan mengalami kesulitan dan kebingungan, karena orang yang memiliki sertifikat tersebut tentunya sudah pernah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh lembaga yang bersangkutan.

Sertifikasi Kalibrasi

Sertifikasi kalibrasi adalah proses untuk mendapatkan sertifikat melalui  kegiatan kalibrasi, sertifikat ini  berisikan sebuah dokumen logo akreditasi, metode kalibrasi, hasil kalibrasi berupa koreksi/persamaan kalibrasi atau ketidakpastian, serta berisi informasi kondisi alat saat pengukuran.

Sertifikat kalibrasi bukan hanya sekedar untuk kita tahu bahwa alat kita sudah terkalibrasi, akan tetapi di sertifikat inilah kita bisa melihat bagaimana hubungan antara standar dengan alat ukur kita, dan seberapa akurat dengan ketidakpastiannya.

Dengan adanya sertifikasi ini seseorang maupun alat akan diakui kehandalannya karena sudah sesuai dengan standar nasional maupun internasional.

Contoh Sertifikasi Instrumentasi dan Kalibrasi

  1. Sertifikasi Kalibrasi
    Dalam sertifikat kalibrasi biasanya berfokus pada alat yang akan dikalibrasi sehingga muatannya pun berisikan identitas alat dan hasil dalam pengkalibrasian
    sertifikasi kalibrasi kaliman
  2. Sertifikasi Instrumentasi
    Dalam sertifikasi instrumentasi fokusnya ada pada petugas sebab kompetensi dari petugas disini adalah yang paling penting, karen instrumentasi kalibrasi intensitasnya cukup sering.
    sertifikasi kalibrasi delta

Pelatihan Sertifikasi Instrumentasi dan Kalibrasi

Pelatihan sertifikasi instrumentasi dan kalibrasi dilakukan untuk meningkatkan kompetensi petugas. Jika dalam kalibrasi pelatihan sertifikasi berfungsi sebagai penunjang kredibilitas suatu laboratorium, sedangkan dalam sertifikasi instrumentasi berfungsi sebagai penunjang kompetensi dan keahlian seorang petugas instrumentasi.

Untuk mengikuti sebuah pelatihan instrumentasi maupun kalibrasi hak yang dibutuhkan pertama adalah kemauan untuk belajar, karena prosesnya cukup teliti dan rumit, hal yang kedua mendaftarkan diri ke pelatihan yang akan diikuti, jika lolos seleksi tahap awal, lengkapi data yang dibutuhkan dan lakukan prosesnya dengan tekun.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Sertifikasi pada kalibrasi dan instrumentasi merupakan hal penting yang harus kita perhatikan, sebab terkait dengan kemampuan dan kompetensi dari seorang petugas dalam melakukan proses keduanya (instrumentasi dan kalibrasi).

Hal tersebut juga merupakan indikasi dari kualitas pengukuran seorang petugas atau personil kalibrasi maupun instrumentasi.