Pentingnya Memiliki Sertifikasi KAN Kalibrasi Gas Detector

sertifikasi KAN kalibrasi gas detector

Dalam pengkalibrasian sertifikasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional) sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan standar. Standar yang dikeluarkan oleh KAN pun sudah sesuai dengan standar yang ada di internasional, yaitu mengacu pada standar ISO/IEC 17025.

Selain dari pemenuhan standar yang ada, sertifikasi KAN dalam pengkalibrasian gas detector penting dilakukan karena tujuan dari pengukuran pendeteksian gas agar tertelusur (traceability) dan dapat memudahkan pada pengkalibrasian yang berikutnya. Dengan pertimbangan kelebihan dari sertifikasi kalibrasi gas detector yang dikeluarkan oleh KAN tersebut dapat kita ambil kesimpulan bahwa sertifikasi KAN pada kalibrasi gas detector penting.

Setelah kita tahu pentingnya sertifikasi KAN pada kalibrasi gas detector, sebenarnya hakikat dari sertifikasi KAN pada kalibrasi gas detector tuh apa sih? Mari kita simak penjelasan berikut.

Apa Itu Sertifikasi KAN Kalibrasi Gas Detector

Sertifikasi KAN pada kalibrasi gas detector adalah sertifikasi yang dikeluarkan yang dilakukan oleh laboratorium yang sudah diakreditasi oleh KAN.

Sertifikasi juga dapat sebagai bukti kredibilitas suatu penyedia jasa layanan kalibrasi, karena akreditasi yang dilakukan oleh KAN pada laboratorium kalibrasi juga melalui tes kompetensi dan kemampuan alat yang digunakan pada suatu laboratorium kalibrasi.

Laboratorium yang tidak terakreditasi dengan baik oleh KAN tidak bisa melakukan sertifikasi KAN pada alat apapun khususnya pada gas detector.

Manfaat Memiliki Sertifikasi KAN Kalibrasi Gas Detector

Kepemilikan sertifikasi KAN pada kalibrasi gas detector mempunyai tujuan agar mendapatkan benefit atau manfaat yang cukup membantu pengguna gas detector ini, manfaat yang akan didapatkan pun bermacam-macam antara lain:

  1. Mengetahui Perbedaan Perhitungan Dengan Standar yang Ditetapkan
    Melakukan sertifikasi KAN pada kalibrasi gas detector ditujukan untuk mengetahui seberapa beda alat/instrumen yang kita miliki dengan standar yang sudah ditetapkan secara nasional maupun internasional, dengan kita melakukan kegiatan ini, kita yang sebelumnya sama sekali tidak mengetahui kebenaran pengukuran dari alat/instrumen yang kita miliki jadi tahu dan paham terhadap alat/instrumen yang kita miliki.
  2. Mengetahui Kelayakan Sebuah Alat Ukur (gas detector)
    Kelayakan alat ukur atau khususnya gas detector dapat diketahui dari fungsinya dalam pengukuran, dengan melakukan sertifikasi sesuai dengan standar KAN kita dapat menjaga kelayakan penggunaan gas detector.
  3. Menjamin Hasil Kalibrasi Produk Sesuai Standar Yang Ditetapkan
    Standar dalam suatu industri menjadi harga mati yang tidak bisa ditawar, salah satunya standar kualitas produk. Untuk menjaga kualitas dan standar produk secara terus-menerus diperlukan alat/instrumen yang menunjang dalam memproduksi suatu barang.Kualitas alat tersebut dapat diindikasikan dari hasil pengukuran yang akurat, untuk mempertahankan akurasi pada suatu alat/instrumen dapat dilakukan dengan sertifikasi sesuai dengan KAN, karena sertifikasi ini akan mengoreksi pengukuran yang tidak tepat yang terjadi pada alat kita, dengan melakukan sertifikasi juga salah satu langkah dalam memenuhi standar produk yang akan kita hasilkan, standar ini tentu mengacu pada ISO/IEC 17025.
  4. Memangkas Biaya Audit Perusahaan Karena Alat Ukur Sudah Sesuai Standar
    Audit didalam suatu perusahaan biasanya dilakukan dengan tujuan mengecek standar yang berlaku pada perusahaan tersebut apakah alat/instrumen yang dipakai sudah sesuai standar atau belum, audit tersebut tentu akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, karena upaya dalam mendapatkan hasil audit yang bagus pastinya sangat besar dan mengeluarkan budget yang banyak, hal ini bisa diatasi dengan melakukan sertifikasi sesuai standar KAN pada alat/instrumen (gas detector) yang kita miliki dengan rutin.

Cara Mendapatkan Sertifikasi KAN Kalibrasi Gas Detector

Untuk mendapatkan sertifikasi KAN pada kalibrasi gas detector kita perlu melakukan proses kalibrasi terlebih dahulu, karena sertifikat diberikan setelah proses kalibrasi telah sukses dilakukan.

Sertifikasi KAN ini bisa didapatkan melalui laboratorium yang sudah diakreditasi oleh KAN, langkah awal yang perlu dilakukan mendaftarkan terlebih dahulu gas detector kita yang akan kita kalibrasi, lalu berikan informasi lengkap mengenai alat tersebut agar petugas kalibrasi dapat mengidentifikasi, lalu kalibrasi dapat dilakukan dengan lancar, dan sertifikasi KAN dapat segera didapatkan.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Demikianlah ulasan mengenai sertifikasi KAN kalibrasi gas detector, dari pembahasan tersebut dapat kita ketahui apa pentingnya sertifikasi KAN pada kalibrasi gas detector, langkah-langkah dalam mendapatkan dan apa saja manfaat dari sertifikasi KAN pada gas detector. Sekian dan terimakasih.