Bagaimana Mendapatkan Sertifikasi Kalibrasi Alat Ukur?

sertifikasi kalibrasi alat ukur

Untuk mendapatkan sertifikasi kalibrasi alat ukur proses nya cukup mudah, akan tetapi ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan, yang utama adalah melakukan registrasi kepada pihak laboratorium yang menyediakan jasa kalibrasi dan memberitahu bahwa kita membutuhkan kalibrasi, disini kita perlu menjelaskan gambaran alat apa yang akan kita kalibrasi.

Gambaran yang diberikan konsumen kepada pihak penyedia jasa mempermudah dalam proses pemberian sertifikat kalibrasi, sebab proses untuk memulai pengkalibrasian tidak dilakukan secara mendadak, akan tetapi butuh identifikasi alat yang akan dikalibrasi terlebih dahulu.

Tidak cukup dengan tahu langkah-langkahnya saja, dalam mendapatkan sertifikat kalibrasi kita juga perlu paham dengan konsep sertifikasi kalibrasi alat ukur itu sendiri. Untuk lebih detailnya mari kita jelaskan poin-poin pentingnya.

Apa Itu Sertifikasi Kalibrasi Alat Ukur?

Sertifikasi kalibrasi alat ukur adalah proses yang dilakukan untuk mendapatkan sertifikat dengan cara melakukan kegiatan kalibrasi. Sertifikat kalibrasi berisi tentang dokumen logo akreditasi, metode kalibrasi, hasil kalibrasi berupa koreksi/persamaan kalibrasi atau ketidakpastian, serta berisi informasi kondisi alat saat pengukuran.

Sertifikat kalibrasi bukan hanya sekedar untuk kita tahu bahwa alat kita sudah terkalibrasi, akan tetapi di sertifikat inilah kita bisa melihat bagaimana hubungan antara standar dengan alat ukur kita, dan seberapa akurat dengan ketidakpastiannya.

Dengan adanya sertifikasi ini seseorang maupun alat akan diakui kehandalannya karena sudah sesuai dengan standar nasional maupun internasional.

Seberapa Penting Sertifikasi Kalibrasi Alat Ukur?

Sertifikat kalibrasi alat ukur diperlukan untuk menunjukkan kredibilitas suatu proses pengkalibrasian. Kredibilitas tersebut ditunjukkan dari ketelusuran pengukuran yang didapat, sehingga proses kalibrasi tersebut dapat dipertanggung jawabkan di kemudian hari.

Sertifikat ini juga membantu dalam proses pengumpulan data dan penelusuran data, memudahkan untuk melakukan pengontrolan dan monitoring alat dikemudian hari.

Pelatihan Sertifikasi Kalibrasi Alat Ukur

Untuk pelatihan sertifikasi kalibrasi alat ukur biasanya dilakukan oleh instansi pemerintah maupun laboratorium itu sendiri, pelatihan tersebut ada yang diadakan secara gratis melalui seleksi ataupun berbayar tergantung penyedia pelatihan tersebut.

Pelatihan kalibrasi biasanya berlangsung selama beberapa hari, mulai dari 5-7 hari. Materi yang diajarkan pun cukup sistematis seperti dasar kalibrasi dan ketelusuran, kalibrasi suhu, masa, dan volumetrik, teknik perhitungan ketidakpastian pengukuran, praktik kalibrasi, pengolahan data, serta pembuatan laporan.

Sebagai contohnya adalah sertifkasi untuk kalibrasi gas detector yang bisa kalian simak berikut ini.

Baca Juga : Pentingnya Memiliki Sertifikasi KAN Kalibrasi Gas Detector

Persiapan Mengikuti Pelatihan Sertifikasi Kalibrasi Alat Ukur

Untuk menyiapkan pelatihan sertifikasi kalibrasi memang membutuhkan persiapan yang lebih dibandingkan dengan perlengkapan yang dibutuhkan untuk seminar. Hal ini karena dalam pelatihan sertifikasi kalibrasi ada praktek dari materi yang telah disampaikan, sehingga butuh waktu dan perlengkapan yang lebih kompleks. Berdasarkan agendanya, acara seminar dan pelatihan  hampir sama, yang membedakan adalah prakteknya.

Perlengkapan seminar dan pelatihan hampir sama. Hal tersebut dikarenakan biasanya saat pelatihan akan didahului oleh seminar yang membahas tentang materi yang akan disampaikan dan dilanjutkan dengan praktek dari materi tersebut yang dinamakan pelatihan sertifikasi alat ukur.

Untuk barang yang perlu dipersiapkan diantaranya tas untuk tempat alat-alat yang perlu kita butuhkan, pensil, ballpoint, notes untuk mencatat hal yang penting, id card, dan alat lainnya yang menunjang dalam proses pelatihan.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Perlu diketahui dalam pembahasan diatas kita sudah mempelajari bagaimana cara mendapatkan sertifikat kalibrasi dan sudah kita jelaskan langkah yang perlu diambil. Yang paling penting dari proses ini adalah mempersiapkan poin-poin penting yang sudah kita jelaskan diatas, diharapkan mempersiapkannya dengan sungguh-sungguh dan proper agar mendapatkan hasil yang maksimal.