Mengenal Petugas Kalibrasi Beserta Peran dan Tanggung Jawab

petugas kalibrasi

Sudah tentu hal umum dilakukannya kalibrasi terlebih dalam kegiatan industri dan berbagai kegiatan yang berkaitan serta menggunakan alat ukur. Namun tentunya proses kalibrasi ini sendiri tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang melainkan perlu dilakukan oleh petugas kalibrasi.

Petugas dalam kalibrasi sendiri ialah orang yang telah memiliki kompetensi diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh untuk melakukan proses kalibrasi.

Petugas ini sendiri juga memiliki kompetensi berbagai jenis kalibrasi alat ukur khususnya. Selain itu juga petugas yang melakukan kalibrasi tentunya sudah bersertifikat dan memiliki pengalaman profesional dalam melakukan kalibrasi. 

Siapa Sih Petugas Kalibrasi Itu?

Terus siapa sih sebenarnya petugas kalibrasi itu? Orang yang ahli dalam bidang kalibrasi yang tentunya sudah memiliki sertifikat kalibrasi. Tidak bisa sembarangan orang menjadi bisa menjadi petugas pelaksana kalibrasi, karena mereka wajib mengikuti berbagai training kalibrasi. Tidak hanya itu saja, petugas ini juga wajib lulus dari beberapa pelatihan.

Selain petugas dalam melakukan kalibrasi ada juga teknisi di dalamnya. Apa itu teknisi kalibrasi, tugas dan perannya bisa kalian cek langsung di bawah ini.

Baca Juga : Teknisi Kalibrasi : Penjelasan, Tugas, dan Tanggung Jawabnya

Kompetensi Apa yang Harus Dimiliki Petugas Kalibrasi?

Menjadi petugas pelaksana kalibrasi pastinya tidak mudah dan harus melalui beberapa jenis tahapan training. Beberapa kompetensi yang wajib dimiliki dari petugas kalibrasi diantaranya :

  • Mampu memahami dasar-dasar umum dan cara kalibrasi berbagai instrument alat ukur
  • Memiliki keahlian untuk melakukan kalibrasi instrument alat ukur dengan berbagai metode dan prosedut yang berlaku secara nasional maupun internasional
  • Memiliki teknik kalibrasi secara baik dan benar
  • Mampu memahami analisa dan perhitungan ketidakpastian dari data kalibrasi

Tugas dan Tanggung Jawab Petugas dalam Kalibrasi

Sedangkan untuk tugas dan tanggung jawab dari petugas pelaksana kalibrasi antara lain :

  • Mampu melakukan kalibrasi secara baik dan benar
  • Mampu melakukan kalibrasi pada semua instrument alat ukur
  • Bertanggung jawab akan hasil dari kalibrasi yang dilakukannya
  • Memberikan hasil pengujian kalibrasi dengan data yang sangat jelas
  • Mampu membenarkan penyimpangan dari instrument alat ukur ke standar awalnya

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Menjadi petugas kalibrasi memang tidak mudah dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Dapat disimpulkan bahwasannya orang yang berkompeten dan terlatih dalam berbagai bidang kalibrasi instrument alat ukur serta alat uji bisa disebut sebagai petugas kalibrasi.