Pentingnya Pedoman Kalibrasi Alkes

pedoman kalibrasi alkes

Alat kesehatan menjadi salah satu alat ukur yang sangat penting untuk dilakukan kalibrasi. Bagaimana tidak? alat kesehatan adalah alat yang sangat vital sekali dalam pengerjaannya. Bayangkan saja jika ada alat kesehatan yang tidak bisa mengukur secara presisi? Tentu saja ini akan bisa menyebabkan salah prediksi penyakit, salah untuk memberikan obat, dan masih banyak lagi yang menjadi hal yang menjadi kebahayaan alat kesehatan yang tidak terkalibrasi.

Dalam dunia kesehatan, ada yang namanya pedoman kalibrasi alkes. Apakah Anda pernah mendengar pedoman ini? Mari kita bahas dengan sederhana saja tentang pedoman kalibrasi alat kesehatan.

Pedoman Kalibrasi Alkes

Sebenarnya, adanya pedoman untuk kalibrasi alkes ada pada Undang – undang No. 23 tahun 1992 tentang Kesehatan dan Peraturan Pemerintah No. 72 tahun 1998, bertujuan untuk melindungi pemberi dan penerima jasa pelayanan kesehatan, serta memberikan kepastian dan perlindungan hukum dalam rangka meningkatkan, mengarahkan dan memberi dasar bagi pembangunan   kesehatan. Dalam rangka pembangunan kesehatan, perlu untuk dilakukannya peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Yang dimaksudkan di atas tentu saja salah satunya adalah dengan melakukan kalibrasi pada berbagai alat kesehatan yang ada. Kalibrasi harus dilakukan secara rutin dan juga harus dilakukan di laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi.

Berdasarkan Permenkes No. 363/MENKES/PER/IV/1998 tanggal 8 April 1998, tentang Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan, setiap alat kesehatan yang dipergunakan sebagai sarana pelayanan kesehatan wajib dilakukan pengujian dan kalibrasi oleh Institusi Penguji, hal tersebut berguna untuk menjamin ketelitian dan ketepatan serta keamanan pengguna alat kesehatan.

Mengapa Harus Mengacu pada Pedoman?

Pertanyaan terbesar di sini tentu saja adalah kenapa sebenarnya harus mengacu kepada pedoman yang ada? Tentu saja agar instansi kesehatan ini dapat bekerja dan berjalan secara terstruktur. Tidak ada yang menginginkan mendapatkan pelayanan kesehatan yang buruk, semua ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Dengan meningkatnya mutu pelayanan kesehatan, maka pelayanan kepada masyarakat dan kepuasan masyarakat tentang mendapatkan layanan kesehatan yang terbaik dan berkualitas bisa di dapatkan dengan mudah.

Pentingnya Pedoman Kalibrasi Alkes

Sebagai instansi kesehatan, menerapkan pedoman untuk pengkalibrasian alkes sesuai dengan standar dan dilakukan secara berkala tentu saja adalah hal yang sangat penting. Tujuan dari kalibrasi yang dituntut dalam pedoman ini bertujuan untuk:

  • Terlaksananya pedoman pengujian dan kalibrasi alat kesehatan
  • Terlaksananya mekanisme keinginan dan pelaksanaan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan
  • Terlaksananya mekanisme keinginan dan pelaksanaan kalibrasi alat ukur dan besaran standar
  • Terlaksananya prosedur kerja pelaksanaan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan
  • Terlaksananya pembinaan dan pengawasan pengujian dan kalibrasi alat kesehatan, alat ukur dan besaran standar

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Menuruti pedoman yang ada dan di atur oleh pemerintah tentang kalibrasi alkes adalah hal yang tentu saja sangat wajib. Tidak ada alasan lain untuk tidak melakukan kalibrasi alkes. Tidak adanya pedoman tentang ini akan membuat instansi kesehatan yang ada di Indonesia akan seenaknya sendiri.