Persiapan Sebelum Melakukan Proses Kalibrasi, Begini Caranya

persiapan sebelum melakukan proses kalibrasi

Dalam kegiatan industri penentuan kalibrasi adalah hal yang sangat krusial bagi alat dan sistem pengukuran untuk mendapatkan kebenaran konvensional sebuah nilai pada alat dan bahan ukur. Menurut pedoman ISO/IEC Guide 17025:2005 yang berisikan tentang persiapan sebelum melakukan proses kalibrasi bahwa kalibrasi membentuk sebuah hubungan antara nilai yang ditunjukan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran yang diwakili oleh bahan ukur dengan nilai ketertelusuran yang sudah diketahui yang berkaitan dengan nilai-nilai yang sudah diketahui dalam besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.

Untuk lebih jelasnya mari kita bahas tentang persiapan sebelum melakukan proses kalibrasi yang terdiri dari beberapa tahapan sebagai berikut:

Persiapan Kalibrasi Alat Ukur

Persiapan sebelum melakukan proses kalibrasi adalah tahap persiapan yang meliputi persiapan berbagai peralatan. Peralatan yang harus dipersiapkan ada 2 jenis yakni alat standar dan alat yang akan dikalibrasi. Alat standar ini adalah alat yang memiliki nilai ketertelusuran yang dapat dipercaya hasil pengukurannya dan memiliki bukti sertifikat kalibrasi. Kemudian alat yang akan dikalibrasi ini adalah alat yang dikalibrasi selanjutnya alat standar dan alat yang dikalibrasi mesti berada dalam kondisi yang sama sesuai dengan pengkondisian tersebut yang sangat penting untuk mencegat perbedaan hasil ukur karena adanya pengaruh lingkungan.

Menentukan Pelaksana Kalibrasi

Selanjutnya ialah pelaksana kalibrasi yang memiliki syarat untuk melakukan kalibrasi sesuai dengan bidang kalibrasinya. Pelaksanaan kalibrasi oleh orang yang ahli dibidangnya ini adalah untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengambilan data ukurnya.

Kondisi Lingkungan yang Sesuai Syarat

Melakukan kalibrasi tentu akan membutuhkan kondisi lingkungan yang harus sesuai dengan persyaratan metode kalibrasi. Kondisi lingkungan harus mengalami pengkondisian sesuai dengan pengatur pada detail tertentu, seperti suhu dan kelembaban. Adapun beberapa kondisi lingkungan yang seperti getaran, suhu, kelembaban, cahaya, dan sebagainya.

Mempersiapkan Metode Kalibrasi yang Sesuai

Langkah selanjutnya dalam melakukan kalibrasi adalah mempersiapkan metode kalibrasi yang sesuai yang harus sesuai dengan standar tertentu. Metode kalibrasi ini haruslah diakui oleh masyarakat luas sehingga tidak hanya berstandar internasional namun juga metode standar lainnya misalnya text book, jurnal, buletin, dan manual peralatan.

Alangkah baiknya memilih metode kalibrasi yang paling mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan untuk metode kalibrasi sulit beresiko yang mengakibatkan kesalahan dalam melakukan pengembalian data kalibrasi.

Baca Juga : Setelah memahami persiapan sebelum melakukan proses kalibrasi, sekarang waktunya untuk mempelakari cara kalibrasi. Berikut penjelasannya!

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Untuk melakukan kalibrasi hendaknya melakukan persiapan sebelum melakukan proses kalibrasi. Diantara persiapan sebelum kalibrasi adalah mempersiapkan peralatan yang akan dikalibrasi dan peralatan yang untuk dikalibrasi, pelaksana kalibrasi yang berkompeten, mengkalibrasi harus memiliki kondisi lingkungan yang sesuai, hingga menentukan metode kalibrasi yang sesuai standar internasional.