Seperti Apa Cara Kalibrasi Ultrasonic flow meter? Simak Disini!

kalibrasi ultrasonic flow meter

Ultrasonic flow meter adalah salah satu jenis flow meter atau alat pengukur aliran suatu fluida dengan menggunakan ultrasound untuk mengetahui kecepatan aliran fluida baik cairan maupun gas.

Ultrasonic flow meter ini memiliki cara kerjanya yang berdasarkan dengan kecepatan, yang mana gelombang ultrasonic ini akan ditransmisikan melewati media yang mengalir sehingga diketahui kecepatan aliran yang diolah Ultrasonic flow meter.

Dalam prakteknya di dunia nyata Ultrasonic flow meter ini juga dapat mengalami penurunan performa pengukuran yang memerlukan kalibrasi secara berkala. Nah apa sih tujuannya kalibrasi Ultrasonic flow meter? Dan bagaimana cara mengkalibrasinya? Mari kita simak artikel berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Ultrasonic Flow Meter

Adapun tujuan dalam mengkalibrasi Ultrasonic flow meter ini adalah untuk memberikan menjaga agar hasil pengukuran agar tetap selalu akurat. Selain itu ada beberapa tujuan lainnya seperti:

  • Memastikan nilai ketertelusuran pada Ultrasonic flow meter yang sudah sesuai dengan standar yang lebih tinggi.
  • Untuk mendeteksi adanya penyimpangan pengukuran pada alat ukur Ultrasonic flow meter.
  • Memastikan bahwa hasil pengukuran Ultrasonic flow meter sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Ultrasonic flow meter

Dalam melakukan sebuah kalibrasi ultrasonic flow meter maka akan mendapatkan manfaat seperti:

  • Memastikan bahwa ultrasonic flow meter dapat digunakan dan layak pakai.
  • Mendukung penerapan nilai yang sesuai dengan standar ISO.
  • Dapat menentukan ultrasonic flow meter yang masih dalam keadaan normal dan sesuai spesifikasi.

Cara Kalibrasi Ultrasonic Flow Meter

Adapun cara mengkalibrasi ultrasonic flow meter ini haruslah sesuai dengan prosedur yang berlaku, mulai dari persiapan alat kalibrasi, melakukan kalibrasi, perhitungan kalibrasi, hingga melakukan pelaporan kalibrasi, berikut penjelasannya: 

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Tahapan pertama dalam melakukan kalibrasi adalah dengan mempersiapkan berbagai peralatan yang akan digunakan untuk melakukan kalibrasi, dan juga menyiapkan ultrasonic flow meter yang akan dikalibrasi yang masih bisa digunakan dan tidak rusak.
  2. Pelaksana Kalibrasi
    Proses kalibrasi seharusnya dilakukan oleh orang yang ahli dibidangnya terutama bagi orang yang ingin melakukan kalibrasi sendiri harus ditemani oleh satu orang yang berkompeten. Hal ini dikarenakan untuk mencegah terjadinya kesalahan dalam melakukan kalibrasi.
  3. Pengecekan situasi dan kondisi ultrasonic flow meter
    Sebelum melakukan kalibrasi hendaknya mengecek lingkungan yang mana bisa mengakibatkan gangguan dalam proses kalibrasi. Gangguan ini bisa saja menghasilkan kalibrasi yang salah terutama bagi alat ukur seperti ultrasonic flow meter yang sensitif terhadap cahaya, suhu, dan kelembaban.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur ultrasonic flow meter
    Metode kalibrasi ultrasonic flow meter haruslah sesuai dengan metode berstandar internasional yang sudah diakui oleh banyak orang. Karena dengan memilih metode yang berstandar internasional dan mudah akan meminimalisir terjadinya kesalahan hasil pengujian dan mudah untuk dilakukan.
  5. Pengaktualan ultrasonic flow meter dengan benar
    Melakukan kalibrasi bisa dimulai dengan mengamati bagian pada alat ultrasonic flow meter yang bahwa masih berfungsi dengan baik atau tidak, melakukan penyetelan ke titik 0 atau pengaturan awal, melakukan pengamatan bahwa hasil ukur menunjukan nilai yang wajar atau tidak, hingga mengambil data dan melakukan pencatatan sesuai dengan format yang dibuat sebelumnya.
  6. Penghitungan hasil kalibrasi
    Setelah melakukan kalibrasi, maka dilakukanlah perhitungan yang mana mencari nilai-nilai seperti nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan, dan menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Tahapan kalibrasi yang terakhir adalah dengan membuat laporan dan pengambilan kesimpulan yang sesuai dengan pedoman SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter Dan Hasil Kalibrasi Ultrasonic Flow Meter

Dari hasil kalibrasi ultrasonic flow meter ini akan ditentukan berbagai parameter yang akan digunakan untuk tindak lanjut seperti nilai objek, besaran nilai penyimpangan, faktor kalibrasi, besaran nilai ketidakpastian.

Kesimpulan

Itulah bagaimana cara mengkalibrasi ultrasonic flow meter yang sesuai dengan prosedur dan standar internasional. Bagi Anda yang ingin melakukan kalibrasi hendaknya dilakukan oleh laboratorium yang berkompeten seperti Kalibrasi.com yang menyediakan jasa kalibrasi ultrasonic flow meter.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi ultrasonic flow meter