Mempelajari Cara Kalibrasi Meter Air dengan Baik dan Benar

kalibrasi Meter Air

lMeter air atau juga bisa disebut dengan flowmeter air ini merupakan salah satu alat ukur yang digunakan untuk mengukur aliran air dari sentral  dengan menghitung banyaknya aliran air yang ada dalam jaringan pipa sentral ke pelanggan.

Meteran air biasanya kita temukan di beberapa rumah maupun gedung yang berlangganan air minum dari penyedia air minum seperti PDAM. Dengan menggunakan meteran air ini maka konsumen akan mengetahui berapa besar penggunaan air di rumahnya dalam periode tertentu. 

Tak jarang meter air ini juga bisa mengalami penurunan fungsi sehingga dibutuhkanlah kalibrasi agar bisa tetap akurat hasil pengukurannya. Nah bagaimana cara kalibrasi meter air ini dengan benar? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Meter Air

Adapun tujuan kalibrasi meter air yang mana dilakukan agar dapat menjaga hasil pengukuran meter air tetap akurat. Selain itu mari kita simak penjelasan tujuan kalibrasi meter air seperti:

  • Membuat meter air memiliki nilai ketertelusuran yang sama dengan standar yang lebih tinggi.
  • Menemukan dan menghitung nilai penyimpangan pengukuran yang ada pada alat ukur meter air.
  • Memastikan bahwa hasil pengukuran meter air sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Meter Air

Dalam melakukan kalibrasi meter air tentu akan memberikan dampak manfaat yang cukup menguntungkan bagi penggunanya diantaranya:

  • Memastikan bahwa Alat meter air masih layak pakai.
  • Menerapkan kualitas meter air yang setingkat dengan standar ISO.
  • Memastikan bahwa hasil pengukuran meter air sesuai dengan spesifikasi dan masih dalam keadaan normal.

Cara Kalibrasi Meter Air

Untuk melakukan kalibrasi meter air diwajibkan mengikuti prosedur yang berlaku agar menghasilkan kalibrasi yang sesuai dengan standar internasional sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Dalam mempersiapkan alat kalibrasi diperlukan meter air yang akan dikalibrasi dan masih bisa digunakan, mempersiapkan peralatan kalibrasinya juga untuk aktivitas kalibrasi nantinya.
  2. Pelaksana Kalibrasi
    Untuk melakukan kalibrasi hendaknya dilakukan oleh orang yang profesional. Selain itu orang tersebut sudah harus bersertifikat dan terakreditasi dalam melakukan kalibrasi agar meminimalisir terjadinya kesalahan kalibrasi.
  3. Pengecekan situasi dan kondisi meter air
    Sebelum melakukan aktifitas kalibrasi perlu sekali mengecek dan mengatur kondisi lingkungan agar tidak mengganggu hasil pengukuran. Misalnya meter air yang sensitif sekali dengan kondisi yang lembab dan bertekanan tinggi.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur meter air
    Metode kalibrasi yang digunakan untuk mengkalibrasi meter air harus sesuai dengan standar nasional maupun internasional.
  5. Pengaplikasian meter air dengan benar
    Pengaplikasian meteran air harus benar juga agar mendapatkan hasil kalibrasi yang benar dan tepat. Yang sesuai dengan pengukuran standar ISO.
  6. Penghitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi ini mengacu pada beberapa nilai yang harus dihitung untuk dijadikan acuan pelaporan diantaranya nilai maksimum, minimum, nilai rata-rata, konversi satuan, dan menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan adalah tindakan kalibrasi yang terakhir yang mana laporan ini berisikan informasi seputar ketidakpastian dan juga memastikan bahwa meter air ini layak pakai. Hasil dari pelaporan ini juga harus dengan format yang digunakan yang sesuai dengan pedoman SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter Dan Hasil Kalibrasi Meter Air

Dari hasil kalibrasi meter air ditemukan beberapa parameter yang akan dijadikan acuan untuk tindak lanjut diantaranya nilai obyek yang diukur, besarnya nilai penyimpangan, faktor kalibrasi dan bagian sifat metrologi.

Kesimpulan

Demikian bahasan kita kali ini tentang informasi singkat tentang kalibrasi meter air yang benar dan tepat. Adapun penyedia jasa kalibrasi meter air yang terpercaya dan terakreditasi seperti Kalibrasi.com

Silahkan klik tombol di bawah ini untuk mempelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya.

Jasa kalibrasi Meter Air