Kalibrasi Timbangan Digital : Tujuan, Manfaat, dan Caranya

kalibrasi timbangan digital

Timbangan digital saat ini cukup banyak digunakan. Hal ini dikarenakan timbangan digital dirasa lebih mempermudah dalam membantu pengukuran. Selain itu juga hasil pengukuran dari timbangan digital ini terlihat dengan angka secara detail.

Namun tahukah kamu bahwa timbangan digital ini sendiri juga membutuhkan adanya proses kalibrasi. Kalibrasi pada timbangan digital sangatlah penting dan diperlukan agar tetap menjaga kualitas dan keakuratan dalam pengukuran.

Tujuan Kalibrasi Timbangan Digital

Kalibrasi pada timbangan digital ini sendiri dibutuhkan dan diperlukan terutama pada timbangan yang seringkali digunakan. Dilakukannya kalibrasi pada timbangan digital tidak lain tidak bukan ialah untuk menjaga nilai keakuratan dari timbangan itu sendiri. 

Manfaat Kalibrasi Timbangan Digital

Banyak faktor dilakukannya kalibrasi pada timbangan digital salah satunya karena terlalu sering digunakan, hasil ukur dari timbangan digital ini pastinya akan mengalami penyimpangan. Untuk itulah proses kalibrasi timbangan diperlukan. Berikut ini beberapa manfaat yang didapat ketika melakukan kalibrasi timbangan digital secara tepat :

  • Mampu menjaga kualitas hasil ukur timbangan digital
  • Menjaga nilai keakuratan hasil timbangan
  • Mengetahui seberapa jauh penyimpangan nilai ukur timbangan
  • Mendukung penerapan sistem mutu ISO

Cara Kalibrasi Timbangan Digital

Untuk mendapatkan hasil kalibrasi pada timbangan digital yang baik dan sesuai standar jelas ada caranya. Cara ini sendiri dilakukan guna memperoleh hasil terbaik pasca dilakukannya proses kalibrasi itu sendiri. Berikut ini cara kalibrasi timbangan digital yang perlu dilakukan :

  • Proses Persiapan
    Lakukan persiapan timbangan digital mana yang nantinya akan dilakukan kalibrasi terlebih dahulu.
  • Pelaksana Kalibrasi Timbangan Digital
    Pelaksana kalibrasi timbangan digital ini sebaiknya memang ahli di bidang pengkalibrasian. Atau anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi terpercaya. Ini sendiri memiliki tujuan untuk meminimalisir kesalahan data ukur.
  • Pengecekan Kondisi Lingkungan saat Kalibrasi Timbangan Digital
    Kondisi lingkungan seperti kelembaban dan suhu juga berpengaruh penting terhadap prses kalibrasi itu sendiri. Ketika melakukan kalibrasi timbangan digital sebaiknya dilakukan tempat atau kondisi lingkungan yang tidak lembab.
  • Metode Kalibrasi dan Rentang Ukur Timbangan Digital
    Cukup banyak metode yang digunakan untuk proses kalibrasi terutama untuk kalibrasi timbangan digital. Metode terbaik untuk proses kalibrasi timbangan ini sendiri menggunakan metode kalibrasi CSIRO:2010. sedangkan untuk interval kalibrasi timbangan digital bisa dilakukan minimal 6 hingga 12 bulan sekali.
  • Pelaksanaan Kalibrasi Timbangan Digital
    Proses pelaksanaan kalibrasi timbangan digital ini sendiri sebaiknya dilakukan oleh orang yang berkompeten ahli di bidang kalibrasi. Selain itu anda juga bisa melakukan pengamatan terlebih dahulu terhadap timbangan digital apakah terjadi penyimpangan yang cukup drastis hingga perubahan bentuk (rusak).
  • Perhitungan Hasil Kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi ini sendiri memiliki beberapa cara diantaranya dengan menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata hingga mengkonversi satuan.
  • Pembuatan Laporan
    Pembuatan laporan hasil proses kalibrasi ini sendiri bisa mengacu pada pedoman SNI 19-17025. selain itu hasil pembuatan laporan ini sendiri juga wajib disahkan oleh kepala laboratorium kalibrasi atau pihak yang ditunjuk.

Parameter dan Hasil Kalibrasi Timbangan Digital

Proses kalibrasi pada timbangan digital ini nantinya akan didapat seberapa besar penyimpangan bahkan kerusakan apa saja yang terjadi. Namun tidak hanya itu saja, dengan dilakukannya kalibrasi timbangan digital ini jelas anda akan mendapat sertifikat dengan bentuk stiker yang akan ditempel pada timbangan digital itu sendiri. Bahkan yang terpenting, nilai ukur akurasi timbangan digital menjadi semakin baik dan terpercaya.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Agar timbangan digital senantiasa memberikan kinerja terbaiknya dalam hal pengukuran dan juga memberikan hasil ukur akurat, sebaiknya lakukan kalibrasi minimal 1 tahun sekali. Untuk anda yang sedang mencari jasa kalibrasi terakreditasi KAN dan sesuai standar ISO, anda bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com.

Jasa Kalibrasi Timbangan Digital