Pembahasan Lengkap Kalibrasi Timbangan Gantung

kalibrasi timbangan gantung

Timbangan gantung memiliki kegunaan yang sama dengan timbangan pada umumnya. Timbangan ini sendiri digunakan untuk mengetahui berat pada suatu benda.

Timbangan gantung sendiri juga sangat perlu untuk dilakukan kalibrasi. Kalibrasi pada timbangan gantung ini sendiri memiliki tujuan tetap menjaga keakuratan nilai pengukuran itu sendiri.

Tujuan Kalibrasi Kalibrasi Timbangan Gantung?

Tujuan dilakukannya kalibrasi timbangan gantung selain untuk menjaga keakuratan nilai pengukuran pastinya juga untuk menjaga kualitas dari timbangan gantung itu sendiri.

Timbangan gantung yang selalu digunakan pastinya akan mengalami penurunan performa, untuk mengembalikan performa timbangan gantung itulah diperlukan adanya kalibrasi.

Manfaat Kalibrasi Timbangan Gantung

Cukup banyak manfaat yang akan didapatkan dari proses kalibrasi timbangan gantung itu sendiri.  Berikut ini beberapa manfaat kalibrasi timbangan gantung :

  • Menjaga kualitas keakuratan hasil ukur
  • Mengetahui penyimpangan pengukuran dari timbangan gantung
  • Mendukung penerapan mutu ISO

Cara Kalibrasi Timbangan Gantung

Untuk mendapatkan hasil kalibrasi yang maksimal dan sesuai dengan standar, ada beberapa cara kalibrasi timbangan gantung yang wajib dilakukan seperti berikut :

  • Proses persiapan
    Persiapkan timbangan gantung mana yang akan dilakukan kalibrasi terlebih dahulu. Setelah itu juga persiapkan alat yang akan digunakan untuk proses kalibrasi.
  • Pelaksana kalibrasi Timbangan Gantung
    Untuk meminimalisir kesalahan dalam proses kalibrasi, selalu libatkan orang yang ahli di bidang kalibrasi terutama kalibrasi timbangan gantung yang sudah terdidik.
  • Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Timbangan Gantung
    Melakukan pengecekan terhadap kondisi lingkungan yang meliputi suhu dan juga kelembaban.
  • Metode kalibrasi dan rentang ukur Timbangan Gantung
    Metode kalibrasi dan rentang ukur rimbangan gantung ini sendiri menggunakan metode kalibrasi CSIRO:2010.
  • Pelaksanaan kalibrasi Timbangan Gantung
    Proses pelaksanaan kalibrasi bisa dilakukan dengan cara mengamati objek timbangan gantung dan Anda bisa mencatat hasil dari pengamatan tersebut apakah alat berfungsi normal atau sebaliknya.
  • Perhitungan hasil kalibrasi
    Proses selanjutnya adalah melakukan perhitungan kalibrasi dengan menghitung nilai maksimum hingga minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengonversi satuan dan menentukan persamaan regresi.
  • Pembuatan laporan
    Langkah terakhir cara kalibrasi timbangan gantung yang baik dan benar ialah menyusun konsep berdasarkan hasil pengukuran dan tentunya juga diikuti dengan pengesahan laporan oleh kepala laboratorium kalibrasi.

Parameter dan Hasil Kalibrasi Timbangan Gantung

Setelah melakukan kalibrasi pada timbangan gantung, tentunya anda akan mendapatkan nilai dari objek yang diukur, mengetahui nilai penyimpangan hasil ukur timbangan. Bahkan anda akan mendapatkan sertifikat atau stiker dari KAN yang nantinya akan ditempelkan pada timbangan itu sendiri.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Untuk menjaga keakuratan timbangan gantung milik anda, sebaiknya anda melakukan kalibrasi minimal 1 tahun sekali. Hal ini sendiri penting dilakukan guna tetap menjaga keakuratan hasil nilai ukur timbangan gantung.

Bagi anda yang bingung mencari jasa kalibrasi timbangan gantung yang sudah terakreditasi KAN serta sesuai standar ISO anda bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com.

Jasa Kalibrasi Timbangan Gantung