Seberapa Penting Kalibrasi Timbangan Analitic? Berikut Penjelasannya!

kalibrasi timbangan analitic

Apa itu timbangan analitic? Dan juga fungsi dari timbangan analitic ini sendiri untuk apa? Timbangan analitic sendiri ialah sebuah instrument laboratorium yang digunakan untuk mengukur massa suatu zat.

Nama lain dari timbangan analitik ini sendiri diantaranya analytical balance, neraca analitic, timbangan gram halus atau sering disebut timbangan laboratorium. 

Timbangan analitic ini sendiri juga perlu untuk dilakukan kalibrasi. Kalibrasi pada timbangan analitic ini sendiri memiliki tujuan untuk tetap menjaga keakuratan hasil ukur dari timbangan itu sendiri.

Tujuan Kalibrasi Timbangan Analitic

Tujuan dilakukannya kalibrasi pada timbangan analitic ini jelas yang utama untuk teta menjaga keakuratan nilai dari hasil timbangan itu sendiri. Dengan menjaga keakuaratan nilai pengukuran timbangan analitic nantinya juga akan mempermudah berbagai kegiatan maupun pekerjaan yang memang menggunakan timbangan ini. 

Manfaat Kalibrasi Timbangan Analitic

Cukup banyak manfaat yang akan didapatkan ketika melakukan kalibrasi timbangan analitic secara baik dan benar serta tentunya sesuai dengan standar ISO. Beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika melakukan kalibrasi timbangan analitic :

  • Mampu menjaga kualitas dan keakuratan hasil pengukuran
  • Mengurangi resiko kerusakan pada timbangan analitic
  • Menghemat biaya pengadaan timbangan analitic baru karena faktor kerusakan yang diakibatkan tidak dilakukannya kalibrasi.

Cara Kalibrasi Timbangan Analitic

Proses kalibrasi pada timbangan analitic ini sendiri tidak bisa dilakukan sembarangan. Proses kalibrasi yang baik dan benar jelas penting untuk dilakukan oleh ahli profesional di bidangnya. Nah berikut ini cara kalibrasi timbangan analitic yang benar :

  • Proses persiapan
    Melakukan persiapan timbangan analitic mana yang akan di kalibrasi. Persiapan ini sangat penting karena nantinya agar yang dilakukan kalibrasi merupakan timbangan analitic yang memang sudah saatnya dikalibrasi.
  • Pelaksana kalibrasi Timbangan Analitic
    Pelaksanaan kalibrasi ini sendiri bisa dilakukan setiap 3 hingga 6 bulan sekali terlebih untuk timbangan analitic yang seringkali digunakan.
  • Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Timbangan Analitic
    Kondisi lingkungan disini ialah dimana timbangan analitic itu berada atau ditempatkan. Penempatan yang tidak baik dan benar tentunya juga akan mempengaruhi timbangan itu sendiri baik kerusakan maupun malfungsi karena kondisi tempat lingkungan yang tidak sesuai.
  • Metode kalibrasi dan rentang ukur Timbangan Analitic
    Proses kalibrasi dan rentang ukur timbangan analitic ini sendiri menggunakan metode kalibrasi CSIRO:2010. metode ini memang digunakan dan sesuai untuk kalibrasi pada timbangan analitic.
  • Pelaksanaan kalibrasi Timbangan Analitic
    Waktu pelaksanaan kalibrasi timbangan analitic ini sendiri bisa disesuaikan dengan waktu penggunaan seperti 300 hingga 1000 jam pemakaian.
  • Perhitungan hasil kalibrasi
    Sedangkan untuk perhitungan hasil kalibrasi, nantinya akan didapat setelah proses kalibrasi itu sendiri dilakukan. Perhitungan ini juga bisa dilihat dari data hasil kalibrasi sebelumnya.
  • Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan kalibrasi timbangan analitic dilakukan dengan acuan laporan hasil kalibrasi sebelumnya. Jika baru pertama kali akan dilakukan kalibrasi, maka acuan pembuatan laporan bisa dilakukan dengan mencari tahu faktor apa saja yang tidak sesuai pada alat ukur timbangan analitic itu sendiri.

Parameter dan Hasil Kalibrasi Timbangan Analitic

Tujuan dilakukannya kalibrasi pada timbagan analitic ini sendir jelas untuk mencocokan parameter dan hasil apakah masih sesuai atau tidak.

Parameter dan hasil ini sendiri dapat dilihat dari parameter warna pada colormeter yang biasanya menggunakan parameter RGB. Selain itu biasanya juga digunakan parameter ukur uji timbang berat dan uji timbang dengan grip/1kg sampai 50kg.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Melakukan kalibrasi pada timbangan analitic sangatlah penting dan diperlukan. Dengan dilakukannya kalibrasi pada timbangan analitic ini, sudah tentu akan memberikan banyak manfaat.

Salah satu manfaat yang didapat setelah melakukan kalibrasi sendiri jelas nilai keakuratan alat ukur timbangan analitic akan tetap sesuai standar. Selalu gunakan jasa kalibrasi timbangan analitic yang terbaik dan tentunya juga terpercaya.

Jasa Kalibrasi Timbangan Analitic