Pentingnya Kalibrasi Timbangan Mekanik, Wajib Tahu!

Kalibrasi Timbangan Mekanik

Timbangan mekanik merupakan timbangan yang sangat banyak digunakan. Timbangan mekanik ini sendiri juga dikenal sebagai timbangan analog.

Pada umumnya timbangan mekanik ini digunakan untuk mengukur benda dalam jumlah yang banyak seperti timbangan beras, dll. Timbangan mekanik jelas sangat dibutuhkan adanya kalibrasi.

Kalibrasi pada timbangan mekanik ini sendiri memiliki banyak manfaat dan juga kegunaan pastinya. Selain yang utama untuk tetap menjaga nilai keakuratan dari timbangan mekanik itu sendiri. Terus apa sih tujuan utama kalibrasi timbangan mekanik ini dilakukan? 

Tujuan Kalibrasi Timbangan Mekanik

Tujuan dilakukannya kalibrasi timbangan mekanik tidak lain tidak bukan jelas untuk tetap menjaga keakuratan pengukuran dari timbangan itu sendiri. Selain itu juga agar konsumen dan penjual yang nantinya menggunakan timbangan mekanik sebagai alat ukur tidak ada yang merasa dicurangi karena hasil pengukurannya sudah sesuai dengan standar nasional.

Manfaat Kalibrasi Timbangan Mekanik

Terus apa dong manfaat yang akan didapatkan ketika melakukan kalibrasi timbangan mekanik? Cukup ada banyak manfaat yang akan didapat ketika anda melakukan kalibrasi pada timbangan mekanik. Berikut ini beberapa manfaat yang akan anda peroleh dari proses kalibrasi pada timbangan mekanik :

  • Menghemat biaya
  • Memberikan pengukuran yang akurat 
  • Memberikan kesesuaian pengukuran
  • Mampu mendeteksi peralatan apakah sudah berumur dan saatnya diganti atau belum
  • Mampu meningkatkan proses dan laba dari toleransi pengukuran yang ditetapkan

Cara Kalibrasi Timbangan Mekanik

Sangatlah penting melakukan kalibrasi timbangan mekanik saat ini terlebih timbangan tersebut senantiasa digunakan untuk melakukan pengukuran. Lantas bagaimana cara kalibrasi timbangan mekanik yang baik dan benar? Berikut ini tahapan cara kalibrasi timbangan mekanik yang benar :

  • Proses Persiapan
    Selalu lakukan persiapan mengenai timbangan mekanik mana yang nantinya akan dilakukan kalibrasi terlebih dahulu. Hal ini jelas merupakan point penting karena tidak semua timbangan mekanik akan dikalibrasi terlebih dahulu.
  • Pelaksana Kalibrasi Timbangan Mekanik
    Setelah melakukan persiapan dengan menyiapkan timbangan mekanik mana saja yang akan di kalibrasi, maka langkah selanjutnya jelas pelaksanaan proses kalibrasi dilakukan. Tentukan kapan kalibrasi pada timbangan mekanik akan dilakukan. Sebaiknya waktu pelaksanaan kalibrasi sebaiknya dilakukan pagi hingga siang hari.
  • Pengecekan Kondisi Lingkungan saat Kalibrasi Timbangan Mekanik
    Proses pengecekan kalibrasi pada timbangan mekanik sebaiknya dilakukan di tempat yan nyaman dengan bidang landai. Hal ini dilakukan guna untuk mendapatkan hasil kalibrasi yang maksimal dan benar.
  • Metode Kalibrasi dan Rentang Ukur Timbangan Mekanik
    Cukup banyak metode kalibrasi dan rentang ukur timbangan mekanik yang digunakan. Gunakanlah metode kalibrasi dan rentang ukur yang sudah sesuai ISO. Selain itu anda juga bisa memilih penyedia jasa kalibrasi yang sudah terakreditasi KAN. Metode yang digunakan untuk kalibrasi timbangan ini menggunakan metode kalibrasi CSIRO:2010.
  • Pelaksanaan Kalibrasi Timbangan Mekanik
    Proses pelaksanaan kalibrasi timbangan mekanik ini sendiri sangat penting dilakukan oleh profesional ahli dibidangnya. Selain itu, pelaksanaan proses kalibrasi ini bisa mengacu pada buku petunjuk timbangan itu sendiri. Rentang waktu dilakukan kalibrasi pada timbangan manual bisa dilakukan setiap 6 hingga 12 bulan sekali.
  • Perhitungan Hasil Kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi ini sendiri juga akan didapatkan dan diperlukan dikemudian hari. Dengan melakukan perhitungan hasil kalibrasi, nantinya akan didapatkan data mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan timbangan mekanik itu sendiri.
  • Pembuatan Laporan
    Sedangkan langkah atau cara terakhir melakukan kalibrasi timbangan mekanik ialah pembuatan laporan. Pembuatan laporan ini sendiri dilakukan ketika timbangan yang akan dikalibrasi memiliki beberapa point permasalahan. Hal inilah yang nantinya akan diperbaiki dengan kalibrasi.

Parameter dan Hasil Kalibrasi Timbangan Mekanik

Tujuan dilakukannya kalibrasi pada timbangan mekanik ini nantinya akan didapat parameter dan hasil kalibrasi. Nantinya parameter dan hasil kalibrasi ini akan digunakan sebagai data kalibrasi di kemudian hari. Pada umumnya parameter yang digunakan untuk pengujian timbangan mekanik ialah dengan uji timbang kapasitas berat dan uji timbang dengan grip/1kg hingga 50kg.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Melakukan kalibrasi timbangan mekanik jelas sangat penting dengan tujuan mampu menjaga hasil keakuratan dari pengukuran itu sendiri. Selain itu juga anda mampu menghemat biaya beli timbangan mekanik baru karena faktor kerusakan yang diakibatkan karena timbangan mekanik tidak pernah dirawat. Selalu gunakan jasa kalibrasi timbangan mekanik yang terpercaya dan tentunya juga terakreditasi KAN.

Jasa Kalibrasi Timbangan Mekanik