Cara Pelaksanaan Kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal)

kalibrasi Thread Ring Gauge

Peralatan pengukuran yang digunakan pada industri manufaktur pasti sudah tidak asing lagi digunakan. Salah satunya thread ring gauge yang biasa digunakan khususnya dalam bidang otomotif. Thread Ring digunakan untuk mengukur ulir luar suatu produk. 

Dalam penggunaannya thread ring gauge ini apabila bisa masuk pada ulir luar suatu produk hingga ujung ulir-nya. Maka bisa katakan kan bahwa produk yang diproduksikan telah sesuai dengan standard yang diinginkan.

Oleh karenanya berdasarkan penjelasan tersebut thread ring gauge membutuhkan prosedur kalibrasi untuk menjamin spesifikasi dan juga fungsinya. Untuk lebih lengkapnya mengenai kalibrasi thread ring gauge, simak penjelasannya berikut ini!

Tujuan Kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya thread ring gauge berfungsi untuk mengukur ulir bagian luar. Oleh karenanya prosedur kalibrasi pada alat ini bertujuan untuk memastikan perangkat tersebut dapat telah akurat dan berfungsi dengan baik sehingga hasil pengukuran oleh alat tersebut dapat diandalkan sesuai dengan spesifikasinya.

Manfaat Kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada prosedur kalibrasi thread ring gauge (Internal) diperlukan untuk menjaga akurasi dan fungsi dari instrumen alat tersebut. Prosedur kalibrasi ini juga memiliki dampak besar bagi kualitas pengukuran yang dilakukan alat tersebut.

Oleh karenanya prosedur kalibrasi thread ring gauge (Internal) bermanfaat untuk memberikan jaminan dan konfirmasi atas hasil ukur yang lebih stabil. Manfaat lainnya dari kalibrasi ini dapat mengantisipasi hasil pengukuran yang kurang atau bahkan tidak akurat. 

Cara Kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal)

Sebagai sebuah prosedur tentunya ada cara-cara tersendiri untuk mencapai hal tujuan yang diharapkan. Berikut cara kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal) antara lain :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Persiapkanlah instrumen alat sebelum melakukan kalibrasi, pastikan agar alat yang digunakan untuk kalibrasi tidak rusak dan masih dalam kondisi baik. Selain alat yang akan dikalibrasi, persiapkanlah juga bahan acuan standar alat untuk memastikan keakuratannya.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi yang terlatih
    Selain alat, mempersiapkan pula pelaksana kalibrasi yang terlatih, hal ini karena seperti yang telah Anda tahu bahwa kalibrasi adalah pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Oleh karenanya seorang pelaksana kalibrasi harus memiliki kompetensi dan pengalaman di bidang kalibrasi alat ukur. Supaya pelaksanaan kalibrasi tidak terjadi kesalahan dan hasil pengujian akurat.
  3. Pengkondisian Lingkungan Kalibrasi
    Lakukanlah pengecekan kondisi lingkungan sebelum melakukan kalibrasi. Karena pada kondisi lingkungan tertentu suatu alat dapat terpengaruh yang akan berakibat pada kesalahan prosedur kalibrasi. Oleh karenanya kondisi kanlah tempat kalibrasi pada lingkungan yang sesuai agar pengujian instrumen alat dapat menghasilkan keakuratan.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional atau internasional
    Gunakanlah Metode kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal) yang mengacu pada metode standar nasional atau internasional untuk mendapatkan hasil pengujian yang berstandar. Metode kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal)yang digunakan yaitu EURAMET/cg-10/v.2.0(2007) dengan rentang ukur sebagai berikut: M4 ~ M50, M51 ~ M100, M101 ~ M175
  5. Pelaksanaan kalibrasi
    Cara pelaksanaan kalibrasi pada umumnya menjadi hal yang penting diperhatikan agar pengujian dan pengecekan dilakukan tidak terjadi kesalahan. Dalam pelaksanaannya kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal) terdiri diawali dengan pengamatan terhadap objek ukur untuk melihat kondisi fungsi alat tersebut. Proses awal tersebut dilakukan untuk nantinya dibandingkan setelah instrumen alat telah diatur ulang. Setelah itu lakukanlah kembali pengamatan pada kewajaran hasil ukur. Terakhir adalah ambil data hasil pengujian dan catat dengan baik secara objektif  bukan subjektif.
  6. Pengamatan dan Perhitungan kalibrasi
    Data hasil kedua pengujian pada sebelum dan sesudah dikalibrasi, amatilah dengan seksama untuk hasil yang akurat. Selanjutnya lakukanlah perhitungan pada data tersebut. Pastikan perhitungan telah benar untuk hasil kalibrasi yang sebagaimana diharapkan
  7. Pembuatan laporan
    Membuat laporan kalibrasi dilakukan setelah cara-cara diatas telah sempurna dilaksanakan. Laporan kalibrasi yang ditulis berdasarkan format yang mengacu pada pedoman kalibrasi di Indonesia. Apabila laporan yang telah disusun telah dinyatakan sesuai dapat disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal)

Parameter atau tolak ukur hasil kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal) dapat dilihat jika instrumen alat telah menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik setelah prosedur kalibrasi dilakukan. Instrumen alat ukur yang sudah dikalibrasi selanjutnya akan mendapatkan sertifikat kalibrasi sebagai bukti instrumen alat telah teruji keakuratannya.

Kesimpulan 

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal). Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda seputar prosedur kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal) yang sebaiknya dilakukan secara berkala pada jasa kalibrasi terpercaya. Untuk soal jasa kalibrasi percayakan hanya pada yang telah terakreditasi di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Thread Ring Gauge (Internal)